jenis ikan mas hias

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Mas Hias

Ada banyak jenis ikan mas hias yang populer di dunia. Ikan-ikan mas tersebut terdapat dari berbagai negara. Jadi ikan mas tak hanya sebagai jenis ikan mas konsumsi saja. Melainkan juga sebagai ikan mas hias.

Sebagai jenis ikan mas hias, ada berbagai macam lagi namanya, yang dikenal selama ini adalah seperti ikan mas hias ras, ikan mas koki komet, ikan mas kumpay, ikan mas taiwan, ikan mas punten, dan lainnya.

Masing-masing jenis ikan mas hias tersebut, tentu harganya pun berbeda-beda, ada yang memang selalu memburu ikan mas koki termahal, karena alasannya selain ikan mas koki terbesar juga sebagai ikan mas koki terindah, tercantik, terunik, atau alasan lainnya.

Selain itu budidaya ikan mas juga mudah, tidak terlalu rumit, tapi tetap ramah terhadap lingkungan. Berikut ini jenis-jenis ikan mas yang digolongkan ke dalam kelompok ikan mas hias:

Jenis-Jenis Ikan Mas Hias

Ikan Mas Kumpay

Ciri-Ciri ikan mas kumpay adalah semua siripnya panjang dan berumbai sehingga tampak indah ketika sedang bergerak. Selain itu, warna sisiknya sangat bervariasi, ada yang putih, kuning, merah dan hijau gelap.

Selain itu, sebagai ikan mas hias, bentuk badannya juga ideal, yakni memanjang seperti ikan mas sinyonya. Namun, ikan mas kumpay ini memiliki pertumbuhan yang tergolong lambat.

Selain sebagai ikan mas hias, ternyata ikan mas kumpay ini juga sering dijadikan ikan mas konsumsi. Tapi tidak semua. Hanya beberapa orang saja yang menjadikan ikan mas kumpay ini sebagai ikan mas konsumsi.

Ikan Mas Kancra Domas

Ciri-ciri ikan mas kancra domas berikut ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang, gerakannya mirip ikan mas taiwan, yakni selalu aktif dan kurang jinak.

Selain itu, ciri fisik pada sisik ikan mas hias berikut ini berukuran kecil dan susunannya tidak beraturan. Warna sisiknya bervariasi, ada yang biru, cokelat dan bahkan ada yang hijau.

Sisi punggung ikan mas kancra domas ini berwarna gelap. Semakin ke arah perut, warnanya semakin terang keperakan atau keemasan.

Ikan Mas Kaca

Ciri-ciri dari ikan mas kaca adalah sebagian tubuhnya tidak tertutup sisik. Bagian yang tidak tertutup sisik sepintas tampak bening, mirip kaca.

Di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal siripnya terdapat sisik berwarna putih mengilap. Sisik tersebut berukuran besar dan tidak seragam.

Ikan Mas Fancy

Ciri ciri ikan mas fancy adalah memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Sisik ikan mas fancy juga berwarna putih, kuning dan merah.

Lalu pada tubuhnya, ikan mas fancy ini terdapat totol-totol berwarna hitam. Karena warnanya yang bermacam-macam itulah ikan mas ini disebut sebagai ikan mas hias fancy.

Ikan Mas Koi

Ikan mas koi atau yang lebih populer hanya disebut dengan sebutan ikan koi merupakan ikan mas yang berasal dari Jepang. Asal usul ikan mas koi ini dari Jepang, dan sejarah ikan mas koi masuk ke Indonesia dimulai sejak 1980.

Saat 1980 itulah masyarakat Indonesia baru mengenal namanya Ikan Mas Koi, atau Ikan Koi dari Jepang ini. Artinya ikan ini dikenal setelah masa penjajahan.

Ciri Ikan Mas Koi adalah memiliki bentuk badan bulat dan memanjang. Warna ikan mas yang sisiknya beragam, ada putih, kuning, merah menyala, hitam atau bahkan warna kombinasi dari warna-warna tersebut.

Sebagai salah satu jenis ikan mas hias, ikan koi ini memang begitu populer dari pada ikan lainnya. Ikan koi juga ternyata ada jenisnya. Pada umumnya masyarakat yang hobi dengan ikan koi menyukai jenis bastar.

Ikan koi jenis bastar ini memiliki warna dan pola totol yang indah dan menarik. Maka ikan koi bastar ini harganya juga sangat mahal dipasaran.

Namun, secara menyeluruh memang ikan koi disukai masyarakat, hal ini karena gerakan yang lambak dan ikan yang jinak. Jadi sangat pas menjadi ikan hias untuk menjadi ikan yang kerap diperhatikan alur hidupnya di dalam air yang jernih.

Itulah jenis-jenis ikan mas hias yang bisa ayobudidaya.com sampaikan. Ikan mas hias ini tumbuh subur dan terus berkembang di Indonesia dan berbagai negara lain karena memang mudah dipelihara dan menarik untuk dijadikan hewan peliharaan. Ikan mas hias rata-rata juga memiliki pola dan warna tubuh yang menarik.

Sekian informasi tentang aneka macam jenis ikan mas hias. Semoga artikel ini bermanfaat, dan ikuti terus artikel lainnya.

Admin Ayo Budidaya Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *