Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman

Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman

Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman – Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanahm/tanah yang tujuannya untuk menambah agar kebutuhan unsur hara tercukupi sehingga tanaman dapat berproduksi dengan baik. Bahan pembuatan pupuk dibagi menjadi organik dan ataupun non-organik (mineral).

Pupuk digolongkan menjadi beberapa golongan, yakni,

  1. Pupuk berdasarkan sumber bahan, terbagi menjadi pupuk organik dan anorganik.
  2. Pupuk berdasarkan bentuk, dibagi menjadi pupuk padat dan pupuk cair.
  3. Pupuk berdasarkan kandungannya, dibagi menjadi pupuk tunggal dan pupuk majemuk.

Pupuk digunakan sebagai media yang diperlukan tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Misalkan kita ingin usaha budidaya sawi kita akan membutuhkan pupuk untuk menambah suplemen atau sumber nutrisi yang dihasilkan pupuk pada tanah sebagai media tanam maupun sebagai tumbuhan yang tumbuh tersebut. Begitu juga saat ingin budidaya semangka, pupuk sangat dibutuhkan. Maka, dengan demikian kita sama-sama meyakini bahwa manfaat pupuk sangatlah banyak.

Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman
Pupuk Organik

Lalu bagaimana dengan pupuk organik bagi tanaman? Seberapa besar manfaat pupuk organik bagi tanaman? Perlu kita ketahui, pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan yang telah melalui rekayasa dan bisa digunakan untk menyuburkan tanaman. Pupuk organik bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas tanah secara jangka panjang.

Walaupun bermanfaat, ternyata pupuk organik juga memiliki kerugian alias kekurangan loh. Kekurangan pupuk organik adalah dari sifat pupuk organik yang bersifat kompleks karena senyawa yang tersedia pada pupuk organik tidak berupa unsur ataupun molekul sederhana yang dapat diserap oleh tanah secara langsung.

Kadar nutrisi yang tersedia pada pupuk ini bervariasi dan tidak tersedia secara  langsung bagi tanaman sehingga membutuhkan waktu lama untuk diserap tanaman. Di luar kekurangannya di atas, kita akan bahas lebih jauh tentang manfaat dari pupuk organik bagi tanaman, adalah:

  1. Sumber nutrisi yang lengkap bagi tanaman.
  2. Memperbaiki struktur tanah.
  3. Meningkatkan kapasitas tukar kation.
  4. Meningkatkan daya simpan air.
  5. Meningkatkan aktivitas biologi tanah.

Jenis-Jenis Pupuk Organik, yaitu:

  1. Pupuk Hijau
  2. Pupuk Kandang
  3. Pupuk Kompos
  4. Pupuk hayati organik
  5. Pupuk guano
  6. Pupuk gambut

Sementara, kebanyakan petani di Indonesia lebih memilih menggunakan pupuk anorganik. Namun, kita tidak bisa menyalahkan, karena menggunakan pupuk organik juga ada banyak pertimbangan untung dan rugi. Pastinya, hal ini sudah diamati oleh para petani.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *