khasiat belut untuk wanita

Khasiat Belut Untuk Wanita Yang Harus Kita Ketahui

Khasiat Belut Untuk Wanita ternyata ada banyak sekali. Untuk itu, artikel ayobudidaya.com berikut ini untuk memaparkan apa saja khasiat dan manfaat belut jika dikonsumsi wanita, baik yang tidak hamil, hamil, dan sedang menyusui.

Dan berikut selengkapnya artikel tentang khasiat belut untuk wanita dan penjelasannya:

Ciri-Ciri Umum Belut

Belut merupakan hewan yang masuk dalam kelompok jenis ikan dan hidup di daerah tropis. Belut memiliki sedikit sisik dan dapat bernafas di dalam udara.

Belut memiliki tekstur tubuh yang licin, serta memiliki sirip ekor yang panjang dan tidak memiliki tulang rusuk. Masyarakat menyukai belut. Maka, belut diburu untuk dikonsumsi. Terlebih belut memiliki banyak kandungan gizi.

Di Indonesia ada banyak jenis belut, yakni belut sawah dan belut rawa. Namun keduaya memiliki tesktur dan rasa yang berbeda. Kebanyakan masyarakat lebih suka dengan belut sawah.

Cara Budidaya Belut

Untuk cara budidaya belut atau cara beternak belut ternyata tidaklah terlalu sulit. Sebelumnya ayo budidaya pun telah menuliskan informasinya, bisa cek pada artikel berikut ini:

Baca: Budidaya Belut dan Cara Ternaknya

Baca: Analisa Usaha Budidaya Belut

Selain itu informasi lainnya yang mempengaruhi proses budidaya seperti Cara Penanganan Hama dan Penyakit Pada Budidaya Belut juga harus dipelajari dengan baik.

Bahkan terkait pakan belut pun penting untuk dipelajari dalam keberlangsungan proses budidaya. Silakan disimak beberapa artikel tersebut sebagai informasi tambahan.

Kandungan Gizi Daging Belut

Selanjutnya yang setidaknya bisa kita pelajari adalah tentang kandungan gizi dari daging belut. Apa saja kandungan gizi daging belut? Berikut ini tabel kandungan gizi dalam belut sumber: direktorat gizi Depkes, yang harus kita ketahui :

  • Kalori (cal) 303
  • Protein (gr) 14
  • Lemak (gr) 27
  • Karbohidrat (g) 0
  • Fospor (mg) 200
  • Kalsium (mg) 20
  • Zat besi (mg) 20
  • Vitamin A (SI) 1600
  • Vitamin B (mg) 0,1
  • Vitamin C (mg) 2
  • Air (gr) 58

Sementara, untuk kandungan gizi belut menurut Nutrition Healthgrove adalah:

  • Serving Size: 85.05g
  • Amount Per Serving: 3 ounces
  • Calories 201

Persentase Harian Gizi Mengkonsumsi Belut

  • Total Fat 12.7g 19.6
  • Saturated Fat 2.6g 12.9%
  • Trans Fat: Cholesterol 136.93mg 45.6
  • Sodium 55mg 2.30
  • Total Carbohydrate 0.0g 0.0
  • Dietary Fiber 0.00g 0.00%
  • Sugars 0.0g
  • Protein 20.1g 40.2
  • Vitamin A 64.4%
  • Vitamin C 2.6%
  • Calcium 2.21%
  • Iron 3.00%
  • Vitamin D
  • Potassium 8.50%

Jadi, dalam persentasi harian disesuaikan untuk takaran diet 2000 kalori. Jadi, belut kerap dijadikan bahan konsumsi bagi masyarakat yang tengah melakukan diet. Dan jika diet, konsumsi belutnya akan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Selain itu, belut memiliki fungsi sebagai indikator penting, sehingga belut kerap digunakan sebagai alat deteksi terjadinya pencemaran lingkungan atau penurunan kualitas air.

Khasiat Belut Untuk Wanita

Kandungan Gizi Belut ada banyak khasiatnya untuk dikonsumsi perempuan, terutama ibu-ibu. Khasiat belut untuk wanita ini karena belut memiliki kandungan yang kaya akan protein, kalsium, dan beberapa vitamin seperti vit A, vit C, vit B6, vit B12 dan vit E yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, belut juga mengandung sedikit lemak. Namun, belut mengandung kolesterol, sodium, dan kalori yang cukup tinggi, serta lemak tak jenuh.

Selanjutnya, belut mengandung omega 3 dan omega 6, thiamin, riboflavin, niasin, folat, pantothenic acid, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, mangan dan selenium.

Maka, belut menjadi salah satu favorit bagi ibu hamil. Lalu apa saja khasiat belut untuk wanita teruma abagi ibu hamil, simak berikut ini:

1. Mencegah resiko kanker payudara

Khasiat belut untuk wanita adalah untuk mencegah resiko kanker payudara. Terlebih wanita yang sudah menikah, bahkan sudah memiliki anak akan lebih rentan terkena kanker payudara.

Selain itu, penyebaran atau pertumbuhan kanker payudara juga di pengaruhi dari faktor genetic serta pola makan. Kandungan dalam ikan belut mencegah ibu hamil agar setelahnya terhindar dari kanker payudara.

Hal ini dikarenakan dalam belut terdapat kandungan HGH (human growth hormon) yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Selain itu, belut biasanya dimakan pasangan pengantin baru yang akan melakukan malam pertama.

2. Manfaat belut bagi ibu hamil

Manfaat belut lainnya adalah, belut bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat belut bagi ibu hami di antaranya adalah:

– Manfaat belut untuk penglihatan

Jadi, belut bermanfaat untuyk penglihatan. Jadi mengkonsumsi belut berkhasiat untuk menjaga fungsi mata. Maka, ibu hamil yang makan belut memiliki kesempatan lebih banyak memiliki mata yang tetap sehat.

Ya, meski si ibu hamil dalam keadaan lelah pandangan dan mampu tetap fokus dan tidak samar-samar. Maka khasiat belut untuk wanita yang satu ini adalah untuk menghindari resiko mata minus melahirkan normal bagi ibu hamil

– Manfaat belut untuk kesehatan jantung

Manfaat belut bagi ibu hamil lainnya adalah, dapat menjaga kesehatan jantung bayi yang lahir dari dalam rahim yang belum stabil. Bahkan beberapa bayi ada yang lupa untuk mengambil napas, sehingga jantungnya telat bekerja.

Kejadian tersebut jika tak segera ditangani akan membahayakan untuk suplai oksigen ke otak. Maka, memakan belut diharapkan agar bayi memiliki kesehatan atau pacu jantung yang baik untuk hindari kelainan jantung pada bayi baru lahir.

– Manfaat belut untuk perkembangan otak bayi

Jadi belut baik untuk perkembangan otak bayi. Bayi yang lahir dengan sehat dan memiliki kemampuan intelektual tinggi menjadi dambaan untuk semua orang tua.

Maka, salah satu faktor pemicu yang menjadikan anak bisa cerdas adalah dari makanan sehat untuk ibu hamil yang dikonsumsi. Ikan belut memiliki kandungan asam folat yang bisa membantu penyambungan sinaps sinaps dalam otak.

Untuk itu, mereka akan lebih pintar jika memiliki kandungan manfaat asam folat bagi ibu hamil, omega 3 dan omega 6 yang banyak.

– Manfaat belut untuk menjaga sistem kekebalan tubuh

Terakhir, manfaat belut untuk ibu hamil adalah belut dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Terlebih pada perempuan yang tengah hamil pertama.

Belut inilah yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh perempuan. Kondisi ibu hamil memang tidak stabil. Maka harus dibarengi dengan menjaga gizi ibu hamil dengan pola makan yang teratur.

Hal ini dimaksudkan agar sang ibu yang tengah hamil bisa tetap dalam kondisi sehat. Salah satunya adalah dengan memakan belut.

Hal ini juga dipengaruhi belut yang mengandung vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan atau sistem imunnitas agar tetap dalam stamina fit.

Kandungan Gizi Belut Yang Bermanfaat Untuk Wanita

1. Fosfor

Menghindari dan meminimalisir terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).

2. Zat Besi

Manfaat zat besi bagi tubuh manusia berfungsi mencegah anemia. Zat besi kurang akan pengaruhi pembentukan hemoglobin sel darah sehingga kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh terganggu.

3. Kalori

Kalori dalam belut sangat tinggi. Kalori ini membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas setiap hari.

4. Kaya Vitamin

Belut bagus untuk kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormone serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak.

Sehingga mengkonsumsi belut dapat menurunkan resiko terkena pembekuan darah pada otak, yang merupakan manfaat vitamin B pada belut.

Selain itu, manfaat vitamin A mencapai 1600 SI pada belut, yang berguna bagi pertumbuhan, kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.

5. Arginin

Agrinin yang dihasilkan belut untuk mengatasi penyakit kanker, terutama kanker payudara. Arginin di dalam belut memiliki fungsi penting yakni melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara.

Efek Samping Daging Belut

Meski banyak khasiat belut untuk wanita, ternyata belut memiliki efek samping. Efek samping yang terasa adalah akan menyerang bagi pemilik penyakit kolesterol. Jadi yang mengidap kolesterol tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi belut.

Itulah Khasiat Belut Untuk Wanita yang bisa kita pelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa diskusi di kolom komentar saling tukar ide dan informasi lainnya. Dan jangan lupa baca serta ikuti artikel lainnya. Terimakasih, salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *