Khasiat Buah Naga

Kegunaan, Manfaat, & Khasiat Buah Naga

Apakah ada yang tahu apa Khasiat Buah Naga? Dan apa kegunaan buah naga? Seperti kita ketahui, buah naga saat ini menjadi buah primadona yang disukai semua kalangan masyarakat. Banyaknya aneka makanan dari buah naga yang dijual pun selaras dengan mulai maraknya pelaku budidaya tanaman buah naga. Hal ini menjadi bisnis segar dalam dunia pertanian.

Buah naga seperti kita ketahui memiliki banyak manfaat. Manfaat buah naga tak hanya terdapat pada buah, tetapi juga terdapat juga di kulit buah. Begitupun kegunaan dari buah naga ini sendiri, ada banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita rasakan dengan seringnya mengkonsumsi buah naga.

Khasiat Buah Naga yang harus kita ketahui : 

Berdasarkan kandungan nutrisinya, buah naga memiliki beberapa manfaat, yakni digolongkan sebagai berikut :

Manfaat Kulit Buah Naga

Manfaat dan khasiat kulit buah naga yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, antara lain :

Kulit buah naga dapat melindungi pembuluh darah. Berdasarkan uji klinis, kulit buah naga yang berwarna cerah dan cenderung bersisik diketahui mengandung senyawa aktif seperti pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3 aol dan juga taraxast 12,20 (30) dien 3aol. Kedua senyawa tersebut ampuh menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah. Bahkan kulit buah naga bisa dijadikan alternatif alami untuk mengurani obat kimia dalam mencegah pecahnya pembuluh darah.

Kulit buah naga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan penelitian Li Chen Wu, kulit buah naga kaya polyphenol dan sumber antioksidan yang baik. Khasiat kulit buah naga merah ternyata lebih kuat inhibitor pertumbuhan sel-sel kanker daripada dagingnya dan tidak mengandung toksik.

Kulit buah naga bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian Saati (2009) dalam Rekna Wahyuni (2011) ekstrak kulit buah naga super merah dengan pelarut air mengandung 1,1 mg/100 ml antosianin. Antosianin dapat berfungsi merendahkan kadar kolesterol dalam darah.

Khasiat kulit buah naga dalam memperbaiki imunitas penderita HIV/AIDS. Berdasarkan penelitian dari mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2015, membuktikan kulit buah naga dapat dijadikan obat terapi herbal untuk penderita HIV AIDS. Kandungan antioksidan, antivirus, antibakteri dan antimikroba yang ada di dalam kulit buah naga inilah yang dipercaya mampu meningkatkan sistem imum penderita HIV AIDS.

Manfaat kulit buah naga dapat mereduksi gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi teh buah naga di pagi dan malam hari. Ekstrak kulit buah naga ini sangat cocok bagi penderita diabetes.

Baca : Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Baca : Ternyata Mudah, Ini Cara Menanam Buah Naga di Kebun

3 Manfaat Penting Kegunaan Kulit Buah Naga 

  1. Kulit buah naga sebagai sumber nutrisi
  2. Kulit buah naga baik untuk pakan ternak
  3. Kulit buah naga bagus untuk pewarna alami makanan

Manfaat dan Kahsiat Daging Buah Naga

Manfaat buah naga yang berkaitan dengan kesehatan antara lain:

a. Program Diet

Apakah buah naga bagus untuk diet? Jawabanya tentu bagus. Kenapa buah naga bagus untuk diet? Hal ini dikarenakan kandungan air dalam buah naga serta tingginya serat yang dimiliki buah naga itu sendiri. Jadi buah ini cocok untuk menjalankan program diet.

Selain itu buah naga juga memiliki kandungan vitamin B1 dan serat terlarut yang cukup tinggi sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan, seperti susah buang air besar, diare, disentri, dan masih banyak lainnya. Konsumsi buah naga secara rutin baik dianjurkan untuk mereka yang sedang menajalani program penurunan berat badan.

b. Sumber Antioksidan

Rutin mengkonsumsi buah naga akan membantu proses detoksifikasi dari dalam tubuh.

c. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki buah naga bermanfaat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel pemicu pertumbuhan kanker. Kandungan antioksidan buah naga hampir sama dengan kandungan antioksidan di dalam buah manggis. Buah naga juga kaya serat, kalsium, fosfor, vitamin c, dan B2 yang berperan membantu mengeluarkan racun logam penyebab kanker di dalam tubuh. Untuk itu dianjurkan konsumsi rutin buah naga untuk upaya pencegahan kanker.

d. Kekebalan Tubuh

Kandungan daging buah naga terdapat senyawa vitamin C, protein, dan potassium yang cukup tinggi. Kegunaan kandungan daging buah naga tersebut bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh manusia.

e. Mencegah Diabetes

Diabetes biasanya disebabkan kadar gula dalam darah seseorang yang cukup tinggi. Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 dan indeks dlikemiks yang rendah, sehingga kadar gula dalam darah tidak naik justru bisa direduksi. Maka dari itu bagi pengidap atau pemilik keluarga yang memiliki riwayat diabetes dianjurkan sering konsumsi buah naga.

f. Batuk dan Asma

Buah naga dianggap mampu mengatasi gangguan pernapasan akibat asma dan batuk. Bahkan buah naga kerap dipilih menjadi obat alternatif membantu obat yang dianjurkan dokter.

g. Menambah nafsu makan

Dengan kandungan vitamin B1 dan B2 yang ada di dalam daging buah naga, memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak. Jadi ketika ada pertanyaan apakah buah naga bagus untuk bayi dan apakah buah naga bagus untuk anak-anak, tentu jawabanya buah naga bagus untuk bayi dan anak-anak. Tips agar buah naga di sukai anak-anak, bisa membuatnya jus yang rasanya menyerupai sirup.

h. Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan kalisum dan fosfor pada buah naga membuat khasiat buah naga lebih bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi secara alami. Masalah gigi berlubang, gigi ngilu, dan bahkan gusi berdarah dapat diatasi dengan konsumsi buah naga secara rutin. Selain itu untuk gigi tidak keropos.

i. Menurunkan kolesterol

Kandungan vitamin B3 yang terdapat di buah naga merah bermanfaat untuk pengobatan penyakit kolesterol. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

j. Kesehatan ibu hamil

Khasiat buah naga untuk ibu hamil adalah mampu turut serta menjaga kesehatannya. Buah naga untuk ibu hamil sangat diperlukan. Karena memiliki manfaat yang sangat baik jika dikonsumsi rutin. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung asam folat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin agar tetap sehat.

Selain itu untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Mengonsumsi jus buah naga sejak awal trimester pertama sampai melahirkan sangat dianjurkan guna merasakan khasiat dari buah naga.

k. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan yang ada di dalam daging buah naga adalah kalium yang cukup tinggi. Kandungan mineral kalium ini dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah sehingga membuat kinerja jantuh lebih ringan dalam mendistribusikan darah ke seluruh bagian tubuh. Sehingga jantung lebih sehat.

l. Menurunkan kadar asam urat.

Khasiat buah naga yang bermanfaat lainnya adalah dinilai mampu menurunkan kadar asam urat. Ini dikarenakan dalam b uah naga terdapat kandungan kimia mineral dan flavonoid.yang mampu menurunkan kadar asam urat.

m. Kesehatan mata

Kegunaan buah naga adalah mampu menjaga kesehatan mata seseorang. Ini dikarenakan kandungan betakaroten dalam buah naga sangat tinggi. Jadi mampu menjaga kesehatan mata secara alami dan mencegah degenerasi makula.

n. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium dan fosfor membuat manfaat buah naga mampu menjaga kesehatan tulang. Ini juga tidak lepas dari peran kandungan mineral alami yang mampu mencegah osteoporosis.

o. Sumber nutrisi

Manfaat dan Khasiat Buah Naga untuk Kecantikan

Manfaat buah naga atau khasiat buah naga untuk kecantikan sendiri mampu membuat seseorang awet muda, meregenerasi sel kulit baru, menghaluskan kulit secara alami, menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, dan menghilangkan jerawat. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kandungan nutrisi dan vitamin yang berada di dalam buah naga. Sehingga buah naga memiliki banyak manfaat, khasiat dan memiliki banyak kegunaan.

Semoga bermanfaat. Baca artikel lainnya di Ayobudidaya.com.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *