fungsi pupuk npk mutiara

Fungsi Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

Fungsi Pupuk NPK Mutiara – Pupuk NPK Mutiara adalah salah satu jenis pupuk majemuk. Di dalam pupuk tersebut sedikitnya terdapat 5 kandungan yang dibutuhkan petani dalam bercocok tanam, yakni unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman.

Ciri-Ciri pupuk NPK Mutiara adalah butiran granil. Jika dilihat dari segi warna, ciri khasnya, pupuk NPK mutiara berwarna hijau biru pudar. Selain itu, biasanya jika dijual, pupuk NPK mutiara dijual dalam kemasan pelastik.

Berdasarkan beberapa sumber informasi, pupuk jenis ini di Indonesia merupakan hasil impor dari negara luar, yakni, Norwegia. Harga pupuk NPK mutiara di Indonesia rata-rata kurang lebihnya di angka kisaran Rp25 ribu per 900 gramnya.

Fungsi Pupuk NPK Mutiara

Fungsi pupuk mutiara ini untuk membantu pertumbuhan tanaman dengan reaksi yang cukup cepat. Pupuk NPK mutiara dapat membantu petani dalam menunjang hasil pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya para petani.

Pupuk NPK mutiara biasanya digunakan untuk tanaman hortikultura buah dan sayur-sayuran. Pupuk NPK mutiara juga dinilai sangat baik untuk merangsang tanaman buah-buahan agar lebih cepat menghasilkan buah.

Selain itu, pada tanaman sayur mayur, pupuk NPK mutiara akan menjadikan daun dan organ tanaman lainnya menjadi lebih segar. Selain itu, pada batang dan daun sayuran dapat terlihat lebih hijau cerah, kokoh.

Pada tanaman buah juga, pupuk NPK mutiara membuat buah dan bunga tidak mudah rontok. Namun memang hal tersebut berlaku dengan penggunaan dosis yang tepat.

Manfaat Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara memiliki kandungan nutrisi sebesar;

  • 16% N (Nitrogen)
  • 16% P2O5 (Phospate)
  • 16% K2O (Kalium)
  • 0.5% MgO (Magnesium)
  • dan 6% CaO (Kalsium)

Komposisi kandungan pupuk NPK Mutiara tersebut jugalah yang akhirnya pupuk NPK mutiara lebih dikenal dengan pupuk NPK 16-16-16. Untuk manfaat pupuk mutiara untuk singkong dapat di baca lebih jelas di sini.

Kegunaan, Manfaat dan Fungsi Pupuk NPK Mutiara

  1. Dapat mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar tanaman.
  2. Mencegah tanaman agar tidak kerdil.
  3. Mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.
  4. Memperkecil kemungkinan tanaman mengalami kerontokan bunga dan juga buah.
  5. Dapat meningkatkan fotosintesis tanaman sehingga pembentukan zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.
  6. Meningkatkan produksi buah.
  7. Untuk menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah.
  8. Mengandung banyak unsur hara NPK serta unsur hara mikro seperti CaO dan MgO.
  9. Sangat mudah dalam penggunaannya karena pupuk mudah larut.

Keunggulan Pupuk NPK Mutiara dibanding pupuk lainnya

  1. Mengandung unsur hara NPK sekaligus hara mikro CaO dan MgO yang sangat dibutuhkan tanaman.
  2. Dibuat menggunakan proses odda sehingga bersifat mobile dan cepat bereaksi pada tanaman.
  3. Menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah.
  4. Pengapliaksiannya yang cukup mudah sehingga biaya pemupukan relatif lebih kecil.
  5. Penggunaan pupuk tidak terbatas hanya untuk tanaman tertentu. Baik tanaman pangan, hortikultura, ataupun perkebunan, semuanya dapat menerima khasiat dan manfaat dari pupuk NPK mutiara ini.
  6. Pada tanaman keras seperti tanaman perkebunan, pupuk mutiara dapat diaplikasikan dengan menaburkannya sebanyak satu sendok teh pada tanah di sekitar perakaran tanaman.
  7. Untuk tanaman hortikultura penggunaan pupuk mutiara dapat dengan diencerkan terlebih dahulu, baru kemudian dikocorkan ke tanaman.

Itulah yang bisa ayobudidaya.com sampaikan tentang seberapa besar manfaat, keunggulan, kegunaan dan fungsi pupuk NPK mutiara bagi tanaman. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan ikuti artikel ayobudidaya.com lainnya. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *