cara menanam pisang ambon

Cara Membuat Keripik Pisang yang Lezat

Cara Membuat Keripik Pisang – Di Indonesia, keripik pisang merupakan panganan tradisional yang menjadi primadona. Sebagai cemilan yang lezat, cemilan kerap kita temui juga di hari-hari peryaaan besar. Bahkan, banyak penjual keripik di setiap daerah sebagai cemilan oleh-oleh.

Hal tersebut membuktikan, banyak wilayah di Indonesia yang menjadikan pisang sebagai kuliner khas daerah dan sebagai makanan yang dijadikan oleh-oleh saat berpergian. Maka dari itu, di Indonesia banyak yang berbudidaya tanaman pisang. (Baca selengkapnya, Cara Budidaya Tanaman Pisang dengan Mudah).

Kelezatan buah pisang sebagai keripik memang sudah dikenal di mana-mana. Cemilan yang diiris tipis ini harganya pun sangat murah. Bisa dijangkau banyak kalangan. Cara membuat keripik pisang pun tak terlalu lama. Sangat cocok sebagai cemilan keluarga di rumah.

Buah pisang yang dipergunakan untuk keripik ialah buah yang asih mentah. Lalu, bagaimana cara membuat keripik pisang untuk menjadi makanan ringan yang lezat. Berikut beberapa tips yang saya akan jelaskan :

  1. Buah dikupas dan dipotong tipis-tipis
  2. Setelah dipotong buah pisang direndam dalam larutan sodium metabisulfit 0,05%, asam sitrat 0,1 % dan garam 1% selama 30 menit.
  3. Pisang ditiriskan
  4. Kemudian lakukan langkah penggorengan dengan minyak yang diberi BHT dan lilin lebah 0,1& atau dengan mentega.
  5. Setelah matang, keripik dikemas dalam kaleng atau kantong plastik.
Cara Membuat Keripik Pisang
Keripik Pisang

Nah, selain cara pembuatan, kita juga harus tahu, pisang apa yang cocok untuk digunakan sebagai makanan keripik. Karena tidak semua jenis pisang enak untuk diolah menjadi keripik. Beberapa pisang yang enak menjadi keripik adalah, pisang kepok, nangka, siem, dan tanduk.

Keripik Pisang
Cara Membuat Keripik Pisang

Selain itu, keripik pisang bisa kita temui beraneka ragam rasa. Beberapa tips atau cara membuat keripik pisang di atas adalah cara yang sederhana, yakni pilihan rasa gurih. Untuk menambah varian rasa kita bisa menambahnya dengan beberapa varian yang kita suka, misalkan keripik pisang rasa balado, keripik pisang rasa keju, keripik pisang rasa cokelat, dan rasa lainnya.

Penambah varian rasa pada keripik pisang bisa kita temui di toko-toko penjual bahan makanan. Sudah sangat mudah bukan.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *