kandungan gizi udang

9 Manfaat dan Kandungan Gizi Udang Untuk Kesehatan

Ayobudidaya.com – Kandungan Gizi Udang yang harus kamu ketahui. Berikut ini ada 9 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi udang untuk kesehatan ini akan membuatmu berpikir untuk mengkonsumsi udang secara berkala. Hal ini karena nilai protein udang yang dikategorikan complete protein dengan kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 persennya mudah dicerna tubuh.

Tak hanya memiliki banyak manfaat dan memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, bahkan ada banyak jenis udang yang harus kita ketahui. Sebab ada udang konsumsi dan ada juga udang yang tidak bisa di makan. Selengkapnya baca juga Jenis Udang Hias dan Cara Beternaknya.

Dan berikut ini manfaat-manfaat bagi para pengkonsumsi udang :

Kandungan Gizi Udang yang Harus Diketahui, Karena Banyak Manfaatnya

1. Manfaat Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Benar sekali, manfaat udang yang pertama adalah sebagai penyeimbang hormon. Hal ini menjadi manfaat dalam mengkonsumsi udang yang paling utama, yakni sebagai penyeimbang hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Khususnya, jika kita sering melakukan aktifitas olahraga.

kandungan gizi yang terdapat di dalam udang adalah banyaknya kandungan protein yang berfungsi untuk membantu memproduksi hormon dan menyeimbangkan jumlah hormon di dalam tubuh. Apalagi bagi seseorang yang ingin meningkatkan masa otot. Karena hormon pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang.

2. Manfaat Udang Untuk Mencegah Penyakit Kanker

Kita semua pasti tahu penyakit kanker. Penyakit yang berbahaya seperti kaneker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang. Dalam 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh.

Kandungan gizi udang untuk mencegah penyakit kanker ini adalah mineral selenium yang merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

3. Udang Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti Depresi

Ternyata banyak sekali manfaat udang untuk dikonsumsi manusia. Selain kanker udang juga mampu mencegah penyakit jantung, diabetes, dan anti depresi. Hal ini dipertegas dengan kandungan gizinya yakni selenium, sebagai zat yang memiliki faktor berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung.

Dan hal yang harus diketahui kita semua adalah, ketika kekurangan selenium dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung. Begitupun dengan penyakit diabetes, untuk mencegahnya rajinlah mengkonsumsi udang. Selain itu, mengkonsumsi udang pun dapat menjadi pengobatan penderita depresi.

4. Manfaat Udang Sebagai Sumber Omega 3 (tiga)

Sebagian besar ada yang menganggap bahwa udang adalah sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi. Namun hal yang tidak diketahui adalah udang adalah sumber omega 3 yang lengkap dan omega tida sangat baik dalam perkembangan otak. Kenapa? Apa saja kandungan gizi udang yang menjadikan udang sebagai sumber omega 3. Ini karena di dalam empat ons udang, terkandung 50% eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung Docosahexaenoic Acid atau DHA yang gunanya menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

5. Udang Mengandung Zat Anti Inflamasi

Zat anti inflamasi yang ada pada udang adalah astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin terdapat pada cangkang udang. Zat tersebut telah diteliti dan berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6. Udang Sebagai Sumber Makanan Kaya Protein

Sudah sangat jelas, apa yang menjadi keterangan di atas, bahwasannya udang memang sumber makanan kaya protein yang sangat direkomendasi untuk kita konsumsi. Udang masuk kategori 10 besar sebagai makanan paling sehat. Bahkan manfaat udang yang kaya protein ini tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga untuk pertumbuhan kuku, rambut maupun meningkatkan massa otot.

7. Udang dapat meningkatkan nafsu makan

Kamu kurang berselera makan, maka disarankan mengkonsumsi udang. Karena udang mengandung banyak protein, dan jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Peptida merupakan kandungan zat udang yang ada di dalam tubuh yang akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan, yakni hormon cholecystokinin (CCK).

8. Manfaat Udang sebagai Obat Anemia

Udang selain kaya akan protein juga memiliki jumlah vitamin yang tinggi dan beragam. Di antaranya adalah kandungan vitamin B. Bahkan vitamin b yang banyak jenisnya, yakni ada vitamin B6, B12, Kolin, Niasin, dan asam pantotenis. Kegunannya untuk menstabilkan tekanan darah dan dapat mencegah terjadinta anemia.

9. Udang memiliki Kandungan Fosfor yang Tinggi

Kali ini dengan kandungan gizi udang yang mengandung fosfor memiliki manfaat untuk memperkuat tulang. Jadi konsumsi udang secara rutin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi yang kita miliki.

Nah, bagaimana, banyak ya manfaat mengkonsumsi udang, semoga dengan mengetahui kandungan gizi dan manfaat yang ada pada udang, membuat kita lebih sering dan suka mengkonsumsi udang.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *