manfaat buah naga

7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Yang Penting Diketahui

Manfaat Buah Naga – Buah naga bukan hanya terkenal karena rasanya yang nikmat namun juga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu buah naga yang daging buahnya berwarna putih dan juga ungu.

Buah Naga merupakan buah asli dari negara Amerika Tengah, kemudian pada tahun 2000-an mulai berkembang kebeberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam serta Idnonesia.

Buah Naga memiliki nama latin Hylocereus Undatus. Buah yang mempunyai ciri fisik unik ini memang terbukti mengandung berbagai nutrisi serta vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh kita. Selain harganya yang relatif terjangkau serta dapat mudah ditemukan, buah ini menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam memilih buah.

Mengkonsumi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan juga memberikan zat vitamin lain yang berkhasiat bagi tubuh. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dengan mudah yaitu dengan mengkonsumi buah-buahan secara teratur.

Ada begitu banyak manfaat buah naga bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut adalah manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh kita.

Khasiat Buah Naga Yang Kaya Akan Manfaat

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Bayi
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Bayi

Wajar sekali jika dalam artikel ini, kita sebut khasiat buah naga yang kaya akan manfaat. Sebab, selain untuk kesehatan, manfaat buah naga untuk kecantikan.

Apalagi, cara menanam buah naga sangatlah mudah. Misal saja, kita sendiri bisa menjadikan buah naga menjadi tanaman buah dalam pot.

Artinya tanaman buah naga yang dibonsai atau pohon buah naga mini. Bahkan, sudah ada banyak penjual bibit tanaman buah naga dalam pot ini.

Tak sampai disitu saja, jika memiliki kebun juga bisa menanam buah naga ini dengan mudah. Cara menanam buah naga dikebun tidaklah terlalu sulit.

Apalagi jika hanya memiliki lahan yang sempit, karena cara menanam buah naga di lahan sempit juga bisa kita lakukan. Jadi, tidak perlu bingung.

Jadi, tak sekdar mudah ditanam, tetapi juga banyak manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan inilah yang menjadikan buah naga banyak diburu, selain buahnya yang segar dan enak, juga yang kita sebut tadi, banyak khasiatnya.

Manfaat ini terdapat disemua jenis buah naga, seperti buah naga ungu, buah naga merah, maupun buah naga kuning dan buah naga putih.

Misal saja, khasiat pada buah naga merah, khasiat buah naga merah untuk diet dan bahkan untuk bayi, serta ibu hamil. Berikut lengkap informasi tentang kaya akan manfaat dari buah naga.

1. Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Kanker

Penyakit kanker menjadi momok yang menakutkan bagi kehidupan manusia. Penyakit yang terkenal ganas ini dapat menyerang siapa saja dan juga sulit untuk disembuhkan.

Ada baiknya Anda melakukan langkah-langkah pencegahan sebelum kanker menyerang. Buah naga mengandung Antioksidan Phytoalbumin yang jumlah banyak.

Senyawa Antioksidan Phytoalbumin ini berguna untuk mengingkatkan radikal bebas karsiogenik yang dapat melawan sel-sel kanker berkembang di dalam tubuh.

Selain itu buah naga juga mampu memaksimalkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk racun-racun yang dapat memicu kanker.

2. Manfaat Buah Naga Dalam Melancarkan Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, mengkonsumi buah naga dapat dijadikan alternatif solusi yang tepat. Buah naga mengandung vitamin B1 serta serat larut yang diperlukan untuk melancarkan pencernaan tubuh.

Anda dapat langsung mengkonsumsi buah naga atau menjadikan jus buah yang segar. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga akan menghilangkan penghambat dalam sistem pencernaan Anda.

Jika anda tidak begitu menyukai rasa dari buah naga, anda dapat mengkombinasikannya dengan madu agar lebih manis serta kaya rasa.

3. Manfaat Buah Naga Dalam Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu panca indra yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Sebagai indra pengelihatan wajar jika Anda harus menjaga kesehatan mata.

Berbagai penyakit serta gangguan yang menyerang mata tentu akan membuat aktivitas sehari-hari Anda menjadi terganggu. Mulailah menjaga kesehatan mata Anda dengan rutin mengkonsumi buah naga.

Buah naga mengandung betakaroten yang berfungsi untuk kesehatan mata. Anda dapat mengkombinasikan buah naga dengan wortel agar rasanya yang dihasilkan lebih nikmat.

6. Manfaat Buah Naga Dalam Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes atau dikenal juga sebagai penyakit gula darah merupakan penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat. Pola hiudp yang tidak sehat menjadi pemicu seseorang terjangkit penyakit ini.

Gula darah yang tidak terkontrol akibat dari konsumsi makanan yang manis berlebihan, menjadikan tubuh tidak bugar. Memiliki tubuh yang tidak bugar tentu akan mempengaruhi kinerja tubuh kita dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Mengkonsumsi buah naga dapat menangkal diabetes karena didalam buah naga mengandung senyawa yang dapat membasmi sel-sel jahat.

7. Manfaat Buah Naga Dalam Mengontrol Kolestrol dalam Tubuh

Fakta lain dari buah naga yaitu kandungan vitamin B3 yang tinggi. Vitamin B3 sangat baik untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh Anda.

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah naga. Buah naga dapat anda olah menjadi jus, atau langsung dimakan saat masih segar dengan cara dipotong kecil-kecil.

Khasiat yang mengejutkan ini mampu untuk membuat anda hidup lebih sehat dan meningkatkan harapan hidup anda lebih lama. Dengan mengonsumsi buah naga setiap hari harapannya dapat menghindarkan anda dari penyakit stroke dan juga jantung koroner.

8. Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Penuaan Dini

Bagi sebagian besar orang penuaan dini menjadi momok yang menakutkan. Penuaan dini akan berdampak pada penampilan anda yang terkesan lebih tua daripada usia anda.

Khasiat buah naga untuk kecantikan ini dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan alami untuk mencegah penuaan dini. Meskipun kini terdapat berbagai macam produk yang ditawarkan untuk mencegah penuaan dini, alangkah baiknya jika anda mencoba untuk rutin mengonsumsi buah naga.

Buah naga kaya akan antioksida yang membantu untuk mengencangkan kulit. Selain itu buah naga juga dapat meregenerasi sel-sel kulit yang telah rusak.

Anda dapat langsung mengkonsumsi buah naga dengan dicampurkan pada es buah. Alternatif lain anda dapat membuat masker anti penuaan dini dengan buah naga.

Haluskan buah naga serta campurkan dengan sedikit madu, kemudian oleskan masker buah naga pada wajah anda selama 10 menit.

7. Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil

Para wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga. Pasalnya, buah naga banyak mengandung fosfor serta kalsium yang bermanfaat bagi perkembangan gigi serta tulang bagi si calon bayi.

Asupan fosfor serta kalsium yang tinggi pada buah naga akan membuat gigi anak nanti tidak mudah berlubang maupun patah, serta memiliki tulang yang kuat dan tidak keropos.

Selain itu buah naga juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, membantu perkembangan otak janin serta menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh ibu hamil yang rentan akan berbagai serangan virus serta penyakit disarankan untuk mengonsumsi buah naga dengan porsi yang cukup tidak berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Merah Untuk Bayi

Itulah ketujuh manfaat dari mengonsumsi buah naga. Buah yang murah namun memiliki banyak khasiat ini dapat mudah anda jumpai.

Rasanya yang enak dan juga kaya manfaat, membuat buah ini layak untuk anda sajikan sebagai hidangan penutup di rumah anda. Yuk diburu buah naga, dan dapatkan banyak manfaat buah naga untuk tubuh dan kesehatan.

Ayo Budidaya Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *