ukuran kandang broiler 100 ekor

Ukuran Kandang Broiler 100 Ekor Yang Ideal

Berikut ini adalah ukuran kandang broiler 100 ekor yang ideal dan yang harus kita ketahui saat akan memulai usaha penggemukan ayam broiler atau ayam potong atau ayam pedaging.

Karena sebagai peternak ayam broiler atau yang dikenal dengan peternak ayam potong, tentunya anda harus mengetahui secara pasti ukuran kandang yang digunakan.

Sebab ukuran kandang ayam broiler adalah salah satu penunjang penggemukan ayam potong berlangsung baik. Maka, ukuran kandang ayam potong ini haruslah ideal. Dan berikut ini kita akan mempelajari tentang ukuran kandang broiler 100 ekor.

Dengan mengetahui ukuran kandang ayam potong yang ideal untuk 100 ekor ini, kita akan mengetahui berapa kebutuhan ukuran kandang broiler 1000 ekor, bahkan ukuran kandang broiler 10000 ekor.

Karena tentunya ini penting sebagai salah satu catatan dalam cara membuat kandang ayam broiler yang ideal. Berikut informasi lengkapnya.

Jika Ukuran Kandang Ayam Broiler 100 Ekor Tidak Sesuai

Sebelum membahas tentang ukuran kandang ayam broiler 100 ekor yang ideal. Kita akan mengulas sedikit jika seandainya ukuran kandang tidak sesuai.

Misalnya saja, produksi ternak ayam potong yang akan dilakukan adalah 100 ekor, maka kandang broiler tidak boleh terlalu sempit dan tidak boleh terlalu luas.

Kenapa, kandang ayam broiler tidak boleh terlalu sempit? Karena ayam akan terus tumbuh, dan dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler.

Contoh apabila kandang broiler terlalu sempit ditambah populasi ayam tinggi, maka akan menyebabkan suhu kandang cepat meningkat terutama pada siang hari.

Sehingga, pada usaha penggemukan ayam potong yang berlangsung akan mengakibatkan konsumsi pakan menurun dan lebih banyak minum disertai tingkat stress yang tinggi. Alhasil dengan otomatis pertumbuhan ayam broiler akan terganggu dan mudah terserang penyakit.

Begitu juga kandang ayam broiler tidak boleh terlalu luas dan lebar dan tidak sesuai dengan kapastias ayam. Sebab, pertumbuhan ayam juga akan terganggu, karena ayam terlalu banyak gerak. Sehingga pakan yang diberikan tidak optimal dan terserap dengan baik.

Untuk itu, perlu sekali kita mengetahui ukuran kandang ayam potong yang ideal. Dalam hal ini kita akan membahas tentang ukuran kandang broiler 100 ekor.

Ukuran Kandang Broiler 100 Ekor

Nah, kita masuk dan bahas tentang standar idealnya suatu ukuran kandang broiler 100 ekor. Terkhusus kandang yang kerap digunakan di Indonesia.

Di Indonesia, diketahui adalah daerah tropis. Kandang di Indonesia idealnya, tiap m2 diisi 8-12 ekor, untuk tinggi kandang ayam broiler di antara 2,25 – 2,5 meter, sedangkan lebar kandangnya 4 -8 meter.

Jika melebihi ukuran tersebut maka suhu kandang akan cepat meningkat otomatis akan mempengaruhi pertumbuhan ayam.

Ukuran Kandang Broiler 100 Ekor Berdasarkan Umur dan Kepadatan Ayam

Selanjutnya kita akan bahas tentang ukuran kandang dan kepadatan ayam di suatu kandang. Contoh sebagai berikut:

  • umur ayam broiler 1 hari sampai 1 minggu, maka, populasi/kepadatan ayam (m2) 40 – 50 ekor
  • umur ayam broile 2 minggu, maka, populasi/kepadatan ayam di dalam kandang (m2) 20 – 25 ekot
  • umur > 2 minggu, maka, populasi/kepadatan ayam di dalam kandang (m2) 8-12 ekor.

Ini adalah takaran hitungan dengan menggunakan tipe kandang open hous atau kandang terbuka dengan menggunakan sistem litter yang sudah umum digunakan di Indonesia.

Ukuran Kandang Boriler 1000 Ekor

Dan kali ini kita coba hitung juga dengan populasi ternak ayam broiler 500 sampai 1000 ekor bahkan lebih? Dan tentunya ukuran kandang broiler 1000 ekor akan berbeda dengan ukuran kandang broiler 100 ekor.

Rata-rata yang diperlukan dalam ukuran kandang broiler 500 ekor adalah dengan pembagian 8 ekor sehingga ukuran kandang broiler 500 ekor yang diperlukan adalah 62,5 m2.

Selanjutnya untuk ukuran kandang broiler 1000 ekor yang diperlukan adalah, 1000 ekor ayam broiler : 8 ekor ayam broiler sehingga yang dibutuhkan luasan ukuran kandang broiler 1000 ekor adalah 125 m2.

Baca Juga: Jenis Kandang Anak Ayam Baru Menetas

Untuk ukuran Panjang Kandang = Luas kandang : Lebar Kandang

  • 500 ekor : 5 meter = 12,5 meter
  • 1000 ekor : 5 meter =16 meter

Hasil akhirnya adalah :

  • Populasi 500 ekor = P x L = 12,5 m x 5 m
  • Populasi 1000 ekor = P x L = 16 m x 5 m

Baca Juga: Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong

Itulah ukuran kandang broiler 100 ekor, ukuran kandang broiler 500 ekor, ukuran kandang broiler 1000 ekor. Baca artikel lainnya di ayobudidaya.com. Semoga bermanfaat.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *