Ternak Kambing Modal 5 Juta

Ternak Kambing Modal 5 Juta, Ini Caranya Agar Untung Besar

Ternak Kambing Modal 5 Juta – Pada artikel sebelumnya ayobudidaya.com telah menuliskan cara ternak kambing modal 5 juta, bahkan sudah dirincikan apa-apa saja yang bisa dilakukan dalam memulai usaha ternak kambing dengan modal Rp5 juta.

Hal tersebut sudah dituliskan dalam analisa usaha ternak kambing. Namun memang tidak begitu spesifik. Dan kali ini admin akan lebih spesifikasikan tenang bagaimana cara ternak kambing modal 5 juta.

Bahkan dalam artikel tersebut, admin juga mengulas tentang untung ruginya ternak kambing. Hal ini menjadi penting dalam memulai usaha ternak kambing.

Sebab ketika akan melakukan budidaya ternak kambing, khususnya pemula memang harus detil dalam melakukan analisa usaha budidaya kambing agar dapat mengukur keuntungan dan antisipasi akan kerugian yang terjadi dalam proses budidaya.

Ternak Kambing Modal 5 Juta

Kalau ditanya, apakah bisa ternak kambing modal 5 juta? Jawabannya bisa. Bahkan, ternak kambing modal 10jt juga bisa saja. Tentunya ini adalah sebuah perhitungan kalkulasi modal ternak kambing yang akan dikeluarkan.

Bahkan, modal ternak kambing pemula pun tidak akan dikeluarkan besar-besaran saat pertama kali memulai usaha peternakan kambing.

Sebab, sebagai pemula pun, pastinya mereka memperhitungkan secara rinci bagaimana bisnis ternak kambing yang menguntungkan. Apa untung ruginya ternak kambing dilakukan? Apakah akan sama dengan untung rugi ternak sapi? Atau bahkan untung rugi ternak lele.

Tentu hal seperti itu harus diperhitungkan secara matang. Sebab berkaitan dengan modal usaha ternak kambing yang akan dikeluarkan dan tentunya berkaitan dengan pendapatan atau laba dari peternakan kambing yang diinginkan.

Dan modal 5 juta dalam beternak kambing juga adalah salah satu cara usaha ternak kambing yang bisa dilakukan. Bisa jadi itu adalah modal awal ternak kambing jawa, ternak kambing kacang, atau bahkan ternak kambing etawa dan ternak kambing peranakan etawa.

Yang jelas, dengan nominal modal usaha ternak kambing 5 juta itu adalah modal buku membangun ternak kambing skala kecil. Ini tabungan fase awal bagi peternak pemula yang barus mencoba usaha ternak kambing. Atau bahkan, memang niatnya menjadikan ternak kambing sebagai usaha sampingan.

Dan mungkin beberapa artikel di bawah ini juga bermanfaat untuk disimak dan dibaca agar semakin memperluas wawasan dalam usaha ternak kambing:

Baca: Cara Ternak Kambing Yang Menguntungkan

Jika sudah dipelajari tautan artikel di atas, selanjutnya kita akan kembali bahas tentang modal 5 juta untuk usaha ternak kambing. Maka dengan modal hanya Rp5 juta dalam usaha ternak kambing yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

Pertama, kita bisa melakukan pemeliharaan kambing sejak kecil atau bibit atau benih kambing atau anakan kambing. Jadi beli di beberapa lokasi yang berbeda, dan kalau bisa tidak dalam satu keturunan.

Estimasi biaya yang dikeluarkan adalah Rp 2,5 juta untuk 1 jantan dan 2 betina. Selanjutnya yang dibutuhkan adalah biaya pembuatan kandang.

Baca: Ini Dia Ukuran Ideal Kandang Kambing

Terkait pembuatan kandang bisa mempelajari tautan artikel di atas. Namun, setidaknya secara sederhana modal yang bisa dikeluarkan adalah Rp750 ribu untuk kandang.

Nah, biaya pakan, sebisa mungkin pakan di dapatkan secara gratis, alias mengandalkan pakan hijauan, dari rerumputan sampai legume. Dan kalau bisa menanam sendiri rumput yang digemari dan dapat mempercepat kambing gemuk dan besar.

Sehingg mengirit biaya pakan hijauan. Namun, tentu persiapkan biaya tambahan untuk pakan seperti konsentrat. Persiapakan biaya pakan ternak kambing jenis konsentrat yang harus dikeluarkan Rp1.200.000 dalam 9 bulan atau bahkan bisa lebih.

Selain pakan konsentrat bisa juga diberi pakan tambahan seperti ampas tahu dan limbah industri lainnya yang disukai oleh ternak kambing. Begitu juga dengan biaya untuk vitamin dan kesehatan diperkirakan menghabiskan Rp500 ribu.

Maka biaya yang dikeluarkan adalah Ro4.950.000, nah untuk sisanya Rp50 ribu agar bisa genap menjadi modal usaha ternak kambing 5 juta adalah untuk keperluan tak terduga, bisa jadi untuk aktifitas lain halnya atau biaya transport.

Nah, ini memang hanya bisa bertahan dalam 9 bulan. Tentunya harus dipikirkan untuk bulan-bulan berikutnya. Alasannya kenapa usaha ternak kambing jantan hanya satu ekor, dan usaha ternak kambing betina 2 ekor. Hal ini untuk melakukan budidaya dan dilakukan dari kecil.

Ketika sudah dewasa dan bisa dikawinkan segera dikawinkan. Hal ini dimaksud untuk menambah generasi. Nah, jika proses perkawinan ini berhasil, bisa dilakukan jual beli. Jadi ini investasi jangka panjang, namun untung besar.

Baca: Cara Mempercepat Kambing Birahi

Baca: Penyakit Pada Kambing PE Dewasa

Nah silakan baca artikel-artikel bertautan lainnya. Semoga bermanfaat. Ikuti dan baca artikel lainnya.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *