syarat bahan pakan ternak

Syarat Bahan Pakan Ternak Yang Baik

Ayobudidaya.com Syarat Bahan Pakan Ternak. Pakan ternak yang baik adalah yang bersumber dari bahan bahan yang tidak membahayakan kelangsungan hidup dan produksi ternak.

Maka, kita sebagai peternak sebaiknya harus mengetahui apa saja yang menjadi syarat pakan yang baik dan berkualitas.

Baik syarat pakan unggas yang baik, maupun syarat pakan ternak ruminansia dan non ruminansia, sapi, kambing, domba, bebek dan lainnya. Baca juga :Pakan Ternak Sapi Yang Cepat Buat Gemuk

Tak sampai disitu saja, ciri ciri pakan yang baik pun kita harus memahaminya. Baik bahan pakan sumber protein, energi, mineral, maupun sumber serat pakan ternak dan lainnya.

Kenapa penting mengetahui sumber bahan pakan yang baik, hal ini nantinya adalah kriteria menyusun ransum unggas. Bahkan, bahan-bahan makanan yang termasuk sebagai sumber energi harus mengandung protein, vitamin, dan mineral.

Syarat Bahan Pakan Ternak Layak Konsumsi

Di Indonesia sendiri ada beberapa syarat bahan pakan ternak layak di konsumsi. Syaratnya antara lain;

1. Langgeng keberadaannya.

Jangan sampai terjadi bahan makanan itu sekarang ada, tetapi dua bulan lagi menghilang. Karena syarat inilah beberapa bahan makanan tidak bisa digunakan untuk menu harian. Misalnya, cacahan tikus, cacahan katak, ampas tahu, dan lain-lain.

2. Tidak mempunyai daya saing kuat dengan kebutuhan manusia.

Bahan makanan yang bersifat demikian ini artinya permintaanya jauh lebih besar dari pada penawarannya, dan harga bahan tersebut tentu relatif mahal.

Alasan itu yang menyebabkan beras tidak dipakai sebagai makanan ayam, sekalipun ayam gemar sekali makan beras.

3. Tidak mempunyai daya saing nutrisi yang kuat dengan bahan makanan ayam sejenisnya.

Hal ini untuk menghindari pemborosan dalam penggunaan bahan makanan, misalnya bungkil kacang tanah dengan bungkil kacang kedelai yang sama-sama sebagai bahan makanan dwiguna.

4. Mengandung serat kasar yang rendah.

Syarat inilah yang menyebabkan rumput dan dedaunan tidak digunakan untuk ayam. Bila digunakan pun tidak lebih dari 3%.

Baca Juga: Pakan Sapi Perah: Jenis Rumput, Kosentrat & Alternatif

Baca juga: Pakan Bebek Pedaging: Murah dan Mudah Didapat

Jenis Bahan Baku Pakan Ternak

Adapun jenis jenis bahan baku pakan ternak yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Jagung kuning : Pemberian jagung kuning untuk ransum sebagai sumber pakan hewan non ruminansia sebaiknya jangan melebihi 40% dari total formula ransum. Jagung kuning mengandung protein dan energi tinggi. Tetapi daya letaknya rendah. Untuk kandungan protein 8-9%, lemak 3-4%. Asam amino 90-95% dan energi metabolis sebesar 3394 kkal/kg.
  2. Sorgum : Sorgum mempunyai energi metabolis sebesar 3250 kkal/kg, hampir sama dengan kandungan energi metabolis jagung kuning. Pemakaian ideal dalam ransum adalah 15%.
  3. Beras putih : Beras putih memiliki kandungan energi metabolis yang hampir sama dengan dua bahan makanan di atas, yaitu 3.100 kkal/kg. Beras putih digunakan sebagai bahan pakan tambahan atau pelengkap.
  4. Minyak dan lemak, yang merupakan sumber energi terbaik. Sebagai contoh minyak kelapa mengandung energi metabolis sebesar 8.600 kkal/kg.
  5. Dedak : Dedak digolongkan sebagai sumber energi, sumber kelompok vitamin B, dan kandungan lemaknya tinggi. Kandungan energi metabolis dedak padi sekitar 1.700 kkal/kg. Dedak padi direkomendasikan digunakan sebagai campuran ransum sekitar 20-28% dari total formula ransum.
  6. Bungkil kelapa : Kandungan sumber energi yang terdapat di bungkil kelapa sekitar 1.540 kkal/kg. Namun, bungkil kelapa juga memiliki kandungan protein kasarnya yang mencapai 21%.

Baca Juga: Fungsi Karbohidrat Bagi Ternak (Non & Ruminansia)

Itulah tentang syarat bahan pakan ternak yang baik yang bisa kita pelajari. Tentunya setiap bahan pakan sangat baik untuk dipelajari. Untuk itu, ketika ingin memberikan pada ternak, pastikan terlebih dahulu kualitas, bukan sekedar kuantitas.

Sekian informasi yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *