pakan ternak sapi

Pakan Ternak Sapi Yang Cepat Buat Gemuk

Sudah tahukah? Pakan ternak sapi yang dapat buat gemuk sapi itu apa saja? Berikut ini jenis jenis pakan yang kerap digunakan pada peternakan sapi, baik penggemukan maupun pembibitan.

Karena pada kali ini ayobudidaya.com akan membahas tentang apa saja makanan sapi, dan apa saja makanan sapi biar cepat gemuk, dari jenis pakan sapi dan komposisi pakan, pakan konsentrat, jenis rumput, sampai pada fermentasi pakan ternak sapi dengan em.

Karena seperti kita ketahui juga, modal utama peternak sapi agar sapi dapat gemuk dan menghasilkan produk yang maksimal adalah pemberian pakan.

Maka cara menggemukan sapi kurus yang harus diperhatikan selain faktor kesehatan dan manajemen tatalaksana juga diperhatikan kebutuhan pakan ternak sapinya.

Pakan juga diketahui sebagai sumber energi utama untuk pertumbuhan dan pembangkit tenaga sapi. Semakin baik mutu dan jumlah pakan yang diberikan kepada sapi, semakin besar pula tenaga yang ditimbulkan.

Selain itu, pemberian makanan yang bernutrisi baik akan mampu memberikan cadangan energi yang berbentuk daging dalam tubuh sapi.

Pakan untuk sapi potong maupun sapi perah sebenarnya serupa hanya saja komposisi pakan ternak sapi yang berbeda. Untuk itu, kita akan membahas secara gelobal tentang kelompok kelompok pakan untuk sapi:

Jenis Pakan Sapi

Berbicara tentang jenis pakan untuk sapi. Pakan sapi itu dibagi dalam beberapa kelompok. Di antaranya adalah hijauan. Pakan hijauan ini merupakan makanan ternak sapi yang didapat dari alam, yakni rumput-rumputan.

Hijauan yang diberikan kepada sapi sebaiknya jenis hijauan yang berkualitas baik berupa rumpuyt unggul atau campuyran rumput dengan hijauan kacang-kacangan umumnya sudah dapat memenuhi kebutuhan sapi.

Hijauan juga mampu memenuhi pertumbuhan dan reproduksi sapi secara normal sehingga pada pemeliharaan sapi dianjurkan lebih banyak menggunakan hijauan. Hijauan dianjurkan untuk pakan ternak sapi antara 85-100 persen.

Kedua jenis pakan sapi adalah konsentrat. Konsentrat merupakan makanan sapi selain rumput. Konsentrat sebagai pakan sapi merupakan makanan tambahan untuk sapi selain makanan hijauan.

Konsentrat dapat diberikan pada saat musim kemarau atau saat pakan hijauan sulit dicari. Konsentrat terdiri dari beberapa jenis pakan konsentrat, seperti, dedak padi, onggok atau ampas singkong, dan ampas tahu.

Ketiga adalah makanan tambahan. Makanan tambahan ini dapat diberikan kepada sapi untuk menambah nutrisi dan meningkatkan produksi sapi. Makanan tambahan untuk sapi antara lain vitamin, mineral, dan urea.

Jenis Rumput Pakan Ternak Sapi

Adapun jenis rumput pakan ternak sapi yang harus diberikan adalah hijauan yang unggul. Karena yang unggul tentu akan membantu peningkatan hasil produksi daging sapi. Kalau untuk sapi perah akan memperbaiki struktur produksi susu perahnya.

Berikut ini jenis rumput pakan ternak sapi atau daftar hijauan unggul yang dapat diberikan kepada sapi, di antaranya adalah:

  • Rumput setaria
  • Rumput gajah (Pennisetum purpureum)
  • Rumput raja (Kinggrass)
  • Rumput benggala (Brachiaria Decumbens)
  • Lamtorogum
  • Daun Turi
  • Daun Gamal
  • Rumput Kaliandra

Sementara untuk hijauan unggul lainnya adalah kita bisa memberikan ternak sapi dengan pakan hasil limbah pertanian, misalnya seperti jerami. Selain jerami yang bagus diberikan sebagai pakan sapi adalah:

  • Kacang panjang
  • Kedelai
  • Padi
  • Jagung

Makanan Sapi Selain Rumput

Nah seperti yang sudah dibahas sekilas di atas pada jenis pakan sapi, makanan sapi selain rumput yang dapat membuat gemuk dan umum digunakan peternakan sapi adalah konsentrat dan pakan tambahan untuk ternak sapi.

Konsentrat yang diberikan terdiri antara komposisi pakan ternak sapi seperti dedak padi, onggok (ampas singkong), dan ampas tahu. Dibeberapa cara budidaya, kebutuhan pakan ini harus seimbang dengan kebutuhan pakan sapi. Misal, seperti pada, cara ternak sapi betina.

Diketahui, dedak padi adalah pakan tambahan untuk ternak termasuk sapi. Dedak adalah hasil ikutan dari pengolahan padi. Dedak berfungsi sebagai sumber energi bagi pertumbuhan sapi. Energi dedak padi mencapai 2980 kcal/kg.

Untuk makanan tambahan seperti vitamin, mineral, dan ureal. Setidaknya yang diberikan adalah suplemen khusus yang diberikan kepada ternak sapi, seperti yang terjual di pasaran adalah Viterna Plus, POC Nasa, dan hormonik.

Produk ini juga umumnya menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh sapi. Caranya yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak sapi.

Makanan Sapi Biar Cepat Gemuk

Adapun komposisi pakan ternak sapi di atas dijadikan satu makanan sapi biar cepat gemuk. Namun pada umumnya, setiap sapi membutuhkan makanan berupa hijauan.

Sapi dalam masa pertumbuhan atau sapi indukan yang sedang menyusui memerlukan pakan yang memadai dari segi kualitas maupun kuantitiasnya.

Pemberian pakan dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu cara penggembalaan (Pasture fattening), kereman (dry lot fatening), dan kombinasi antara cara pertama dan cara kedua.

Selain komposisi pakan di atas dan cara pemberian pakan ternak yang dilakukan ini jangan lupa sediakan kebutuhan air untuk sapi dengan cukup. Karena kebutuhan air untuk sapi juga penting.

Dan beberapa informasi tentang penggemukan dan metode pemberian makan sapi agar cepat gemuk pun sudah tertulis di beberapa artikel, di antaranya bisa baca selengkapnya di cara penggemukan sapi potong.

Itulah informasi tentang Pakan Ternak Sapi, dari komposisi pakan ternak sapi, seperti pakan ternak sapi konsentrat, makanan sapi selain rumput, dan fermentasi pakan ternak sapi dengan em.

Semua itu tentunya adalah jenis pakan sapi yang bisa digunakan sebagai makanan sapi biar cepat gemuk. Sekian informasinya, semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *