pakan bebek pedaging

Pakan Bebek Pedaging: Murah dan Mudah Didapat

Berbicara pakan bebek pedaging ada banyak jenis pakan yang bisa kita berikan, dari pakan yang mudah didapatkan dengan harga yang murah dan sampai dengan yang gratis, dari limbah industri, limbah pertanian sampai kumpulan fermentasi pakan bebek.

Sebab kebutuhan pakan pada ternak bebek pedaging adalah salah satu hal yang penting dan tidak bisa terpisahkan dari periode budidaya, baik bebek pedaging maupun bebek petelur. Begitu pun jenis unggas lainnya, seperti dalam budidaya ayam broiler.

Maka ada banyak hal yang bisa kita pelajari tentang penggunaan pakan bebek ini, di antaranya seperti pakan bebek pedaging alternatif, pakan bebek utama, sampai formulasi pakan bebek pedaging yang digunakan.

Tentu semua itu penting dipelajari untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran di setiap periode budidaya dengan menghadirkan pakan bebek berkualitas sendiri dan mandiri.

Meski diakui ada banyak merk pakan bebek pedaging yang bisa kita dapatkan di pasaran, maupun di toko-toko pertanian, peternakan, ataupun toko unggas.

Pakan juga penting bagi bebek yakni di antaranya untuk pertumbuhan bobot badan, agar bulu bebek cepat tumbuh, agar bebek cepat betelur, dan agar bebek cepat gemuk dan panen di waktu yang cepat.

Pentingnya pakan bebek ini sama hal dengan pentingnya ketersediaan kandang untuk bebek. Hal ini pun terjadi pada jenis unggas manapun, termasuk dengan ayam potong, yang kandang ayam potong sangat penting untuk keberlangsungan budidaya. Begitu jugalah dengan budidaya bebek pedaging.

Pakan Bebek Pedaging

Berbicara tentang jenis jenis pakan bebek pedaging ada banyak yang bisa kita gunakan, di antaranya, ada pakan konsentrat, pakan fermentasi, maupun pakan alternatif yang didapatkan dari sisa limbah industri, limbah pertanian, sampai pakan alami dari alam.

Tentunya dalam penggunaan pakan bebek tersebut juga memperhitungkan takaran pakan bebek yang digunakan. Misalnya saja bebek 100 ekor.

Jadi dalam pemberian takaran pakan bebek pedaging 100 ekor akan berbeda dengan bebek 200 ekor, 500 ekor, 1000 ekor, 10000 ekor, ataupun hanya 10 ekor.

Pakan bebek pedaging yang biasa digunakan untuk memudahkan periode budidaya dan ketersediaan pakan yang kontinyu di suatu peternakan bebek pedaging bisa menggunakan konsentrat.

Konsentrat untuk bebek pedaging bisa didapatkan di toko toko peternakan maupun buat sendiri. Cara pembuatannya pun mudah dilakukan oleh peternak bebek.

Di pasaran merk pakan bebek pedaging adalah jenis konsentrat salah satunya adalah merek HI Pro Vit 144. Merk pakan bebek ini juga termasuk untuk pakan bebek petelur. Harga konsentrat HI Pro Vit 144 untuk pakan bebek adalah Rp150 ribu per 10 kgnya.

Pakan Bebek Pedaging Alternatif Dari Alam

Namun pada umumnya di peternakan bebek sekala menengah ke bawah yang bisa diminimalisir biaya produksi dari pakan adalah dengan penggunaan pakan bebek pedaging alternatif. Di antaranya adalah dengan penggunaan keong mas (keong sawah) ataupun bekicot.

Nah cara menggunakan keong mas atau keong sawah dan bekicot ini bisa diberikan tepungnya ataupun yang segar namun sudah dipisahkan dari cangkangnya.

Namun yang lebih baik adalah dengan penggunaan tepungnya. Jadi yang digunakan tepung bekicot ataupun tepung keong mas maupun tepung keong sawah.

Tepung bekicot, tepung keong mas, tepung keong sawah ini kerap dipilih menjadi salah satu bahan pakan sumber protein alternatif yang sangat penting bagi perkembangan bebek pedaging.

Takaran pakan bebek pedaging untuk penggunaan tepung bekicot, tepung keong sawah ataupun tepung keong mas ini untuk mentah maksimal 15% dan bisa ditingkatkan jika pakan dilakukan dengan cara perebusan terlebih dahulu yakni mencapai 20%.

2 Teknik Mengolah Bekicot dan Keong Mas Jadi Pakan Bebek Pedaging

Ada 2 teknik bekicot dan keong mas diguynakan sebagai pakan alternatif untuk bebek pedaging, di antaranya adalah dengan merebus biasa dan merebus dengan larutan garam.

  1. Cara pertama adalah bekicot direbus selama 15-20 menit. Dalam hal ini yang bisa dilakukan adalah dengan memisahkan antara daging dan isi organ dalam bekcot ataupun keong mas dengan cangkang. Jangan lupa untuk mencuci sampai bersih dan dikeringkan, baru digiling sampai halus.
  2. Tepung bekicot dan keong mas direbus dengan larutan garam. Caranya larutan garam 1 kg garam dicampur dengan 20 liter air untuk 50 kg bekicot. Baru selanjutnya direbus selama 15 menit. Cara selanjutnya adalah baru memisahkan daging dan isi organ dari cangkangnya. Kemudian cuci dan keringkan, lalu digiling hingga halus.

Pakan Bebek Pedaging Dari Limbah Industri

Adapun jenis pakan bebek hasil limbah industri adalah sebagai berikut:

  1. Ampas tahu, limbah padat dari bubur kedelai yang tidak digunakan lagi dari proses pembuatan tahu. Untuk pakan bebek kandungan proteinya tinggi. Dan penggunaanya lebih baik kering sampai air kurang 13%. Ampas tahu juga dapat dijadikan kumpulan fermentasi pakan bebek.
  2. Ampas tempe adalah limbah proses pembuatan tempe yang potensi sebagai bahan pakan karena ketersediaan melimpah. Namun, penggunaan ampas tempe terbatas karena kandungan serat kasarnya yang tinggi.
  3. Onggok singkong, limbah industri dari pengolahan singkong menjadi tepung singkong. Penggunaan onggok pun harus terbatas, sebab kandungan serat kasar cukup tinggi.

Pakan Bebek Pedaging Dari Limbah Rumah Tangga

Adapun jenis pakan bebek dari limbah rumah tangga yang biasa diberikan adalah:

  1. Sisa sayur dan nasi basah yang tidak berjamur. Sebab bebek rentan terhadap aflatoksin yang diproduksi jamur mikroskopik.
  2. Nasi Kering adalah bahan pakan alternatif untuk ternak bebek pedaging yang menjadi sumber energi. Nasi kering atau nasi aking ini diberikan dalam kondisi baik tidak berjamur.

Pakan Bebek Pedaging dari Limbah Pertanian

Ada banyak jenus limbah pertanian maupun hasil pertanian segar yang dapat diberikan kepada bebek sebagai pakan alternatif yang berpotensi karena ketersediaanya juga banyak di Indonesia, di antaranya seperti:

  1. Indigofera sp. atau legum yang berpotensi menjadi bahan pakan dengan kadar protein tinggi. Namun digunakan dengan terbatas karena mengandung antinutrien sebesar 9,35%.
  2. Limbah Tauge bisa didapatkan di pasar sayuran. Limbah tauge adalah bahan pakan yang mengandung protein yang cukup tinggi.
  3. Biji Kecipir adalah limbah pertanian dari tanaman kecipir. Kecipir dimanfaatkan sebagai sayuran. Biji kecipir digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif.

Baca Juga: Jenis Bebek Pedaging, Keunggulan dan Hargannya

Itulah informasi tentang pakan bebek pedaging, semoga bermanfaat, dan dapat bertemu kembali di artikel ayobudidaya.com selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *