Masa Kehamilan Kambing

Masa Kehamilan Kambing: Ciri-Ciri dan Waktu Melahirkan

Masa Kehamilan Kambing adalah masa di mana kambing hamil dan berapa lama periode kambing hamil melahirkan. Dalam masa masa kambing bunting ini ada banyak hal yang harus kita perhatikan.

Misalnya, dari pantangan makanan kambing hamil atau makanan kambing bunting, dan kambing beranak berapa kali dalam setahun. Tentunya hal-hal sederhana ini semakin bermanfaat untuk menaksir untung ruginya ternak kambing.

Kenapa untung rugi ternak kambing, sebab, kambing bunting adalah suatu proses budidaya, dan usaha ternak budidaya kambing salah satunya menghasilkan generasi ternak yang berkualitas.

Sehingga ternak kambing yang dilahirkan, atau ternak kambing anakan dapat memiliki harga jual yang tinggi untuk dijadikan sebagai unit usaha penggemukan ternak kambing.

Masa kehamilan kambing ini juga patut diperhatikan agar kita mengetahui ciri kambing birahi, ciri-ciri kambing hamil muda seperti apa? Sampai apa saja ciri ciri kambing mandul.

Karena jangan sampai ternyata ketika kita budidaya kambing betina, kambing yang kita akan gunakan untuk budidaya justru tak dapat hamil dan melahirkan anak. Tentu ini kerugian tersendiri dalam budidaya ternak kambing.

Maka yang bisa kita lakukan juga dalam menentukan masa kehamilan kambing ini adalah ketika kambing belum menyentuh tanda-tanda sedang birahi, perlu kita mengetahui cara mempercepat kambing birahi agar kambing betina mau untuk dikawinkan kambing jantan.

Masa Kehamilan Kambing

Nama ilmiah kambing adalah capra aegagrus hircus dengan periode gestasi 150 hari dengan lama hidup 15-18 tahun. Kambing dewasa bisa mencapai 20-140 kilogram, dan tinggi kambing dewasa 41-59 cm.

Kambing dewasa di umur 3-15 bulan. Kedewasaan ternak kambing ini tergantung dari jenis ternak kambing dan bagaimana kondisi kesehatan ternak kambing itu sendiri.

Untuk kambing betina, pembuahan yang baik adalah di saat bobot badan mencapai 70% berat badan dewasa. Sementara untuk masa kehamilan kambing kira-kira 150 hari.

Masa Kehamilan Kambing 150 Hari

Pada masa kehamilan kambing tersebut, terjadi saat kambing mulai dikawinkan Kambing betina tanpa mempertimbangkan jenis atau tempat naik birahi 21 hari sekali selama dua hingga 48 jam.

Ternak kambing betina birahi biasanya akan mengibas-ngibaskan ekornya, selain itu kambing betina akan mendekati kambing jantan jika ada, dan kambing betina akan bersuara lebih lantang, dan bahkan kambing betina akan menunjukkan kehilangan selera dan kurangnya susu sepanjang waktu birahi.

Cara Mengetahui Kambing Hamil

Selanjutnya setelah kita mengetahui masa kehamilan kambing, tak ada salahnya juga kita mempelajari tentang bagaimana cara mengetahui kambing hamil atau tidaknya.

Agar kita dapat mengetahui kambing hamil atau tidak ada beberapa cara yang bisa kita lakukan yakni dengan mengecek gelaja kehamilan ternak kambing kita, caranya pun sama seperti cara mengetahui domba hamil, yakni, sebagai berikut:

  • Mengecek gejala kehamilan kambing di awal kambing hamil muda, yakni masa kehamilan kambing berlangsung selama lima bula, biasanya periode gestasi normal berlangsung 145-155 hari.
  • Melihat ukuran induk kambing dengan pengujian dengan pemantauan saksama ciri-ciri kambing hamil muda. Misalnya dengan pemeriksaan ukuran kambing dan untuk dapat memastikan kehamilan dapat diperkuat dengan gejala-gejala lainnya.
  • Sampai masa kehamilan kambing di getasi yang berlangsung selama 3 bulan, perut kambing biasanya tidak tampak membesar. Ini masih dalam kategori ciri-ciri kambing hamil muda.
  • Metode “pooch test”. Tes dilakukan dengan memeriksa area vulva dan anus kambing untuk melihat perubahan bentuknya..
  • Tanyakan ke mantri atau dokter hewan untuk lebih detilnya dengan metode pengecekan darah.
  • Periksa perubahan suasana hati kambing.
  • Periksa lendir berserabut.
  • Periksa ambing kambing, ciri-ciri kambing hamil tua saat ambing kambing akan membesar dan beberapa jam akan melahirkan.
  • Perhatikan embikan dan perilaku mencari sesuatu pada kambing.

Kambing Melahirkan

Setelah masa kehamilan kambing mncapai 150 hari, dan kambing melahirkan, biasanya dan pada umumnya, kambing betina akan melahirkan 2 anak kembar. Namun, ada juga yang hanya satu dan bahkan kembar tiga.

Apakah kambing bisa melahirkan empat, limat dan bahkan sampai enam anak kambing? Jawabannya kemungkinan bisa, namun sangat jarang terjadi.

Apa yang terjadi saat kambing melahirkan? Nah setelah melewati fase masa kehamilan kambing, kelahiran anak kambing biasanya terjadi secara tenang.

Biasanya, ternak kambing betina sebelum melahirkan, si induk akan merendahkan badannya sekitar bagian ekor dan pinggul. Nantinya aktifitas tersebut dilakukan sembali bernafas terengah-engah.

Setelah kambing melahirkan, induk kambing betina akan makan urin untuk memperoleh zat-zat yang diperlukannya, dalam hal ini untuk membantu mehanan pendarahan, dan mengurangi resapan bau kelahiran untuk pemangsa.

Hal yang dilakukan saat kambing melahirkan ini sama dengan kelakuan hewan pemakan tumbuhan liar seperti rusa. Selain itu, produksi susu dimulai sewaktu kelahiran anak bukan saat masa kehamilan kambing.

Namun untuk jumlah produksi susu ini tentunya berbeda-beda, yakni dapat diketahui dari jenis kambing, umur kambing, kualitas kambing dan makanan si induk kambing.

Namun pada umumnya, kambing penyusu menghasilkan 660 sampai 1,800 l (1,500–4,000 paun) susu dalam setiap waktu laktasi 305 hari.

Analisa Usaha Penggemukan Kambing

Melihat dua analisa di atas masa kehamilan kambing dan kambing melahirkan, tentunya kembangbiak ternak kambing menjadi salah satu usaha yang menguntungkan jika dilihat dari analisa usaha penggemukan kambing.

Apalagi usaha ini digarap dari sektor hulu ke hilir, tentu semakin akan menguntungkan peternak kambing. Maka dalam menjalankan ternak kambing, dan sampai benar-benar memahami masa kehamilan kambing yang perlu kita lakukan adalah cara ternak kambing yang baik dan benar.

Pelajari juga: Ternak Kambing Modal 5 Juta

Itulah informasi tentang ternak kambing, di antaranya masa kehamilan kambing, ciri-ciri kambing hamil muda, ciri-ciri kambing hamil tua, sampai kambing melahirkan dan analisa usaha penggemukan kambing yang berlangsung.

Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel ayobudidaya.com selanjutnya. Terimakasih. Salam. Sampai jumpa lagi di lain waktu.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *