makanan kuda

Makanan Kuda Yang Paling Disukai, Ini Jenisnya

Makanan Kuda adalah salah satu kebutuhan yang tak dapat dielakan dalam peternakan kuda, maupun usaha ternak kuda. Terlebih lagi, pakan kuda adalah kebutuhan ternak kuda untuk tumbuh berkembang dan bergenerasi.

Sama seperti budidaya ternak lainnya, kuda juga butuh makan. Maka, dalam habitat kuda tak jauh-jauh dari padang rumput atau padang sabana.

Jika diternakan pun dipastikan di sekitar tempat hidup kuda ketersediaan pakan dan minum tersedia dengan baik bahkan ketersediaanya dipastikan harus berkelanjutan.

Untuk itu tak ada salahnya jika saya bersama ayobudidaya.com mengajak kita semua untuk mengenal lebih dekat, baik tentang habita kuda, tempat hidup kuda, sampai pada golongan makanan kuda dan bagaimana cara membuat pakan alternatifnya.

1. Penjelasan Tentang Kuda

Sebelum kita sebutkan makanan kuda tak ada salahnya jika kita mengenal tentang kuda, penjelasan tentang kuda dari sistematika dan ras kuda, jenis jenis kuda, ciri fisik kuda, ciri khusus kuda.

Baru selanjutnya kita akan mengenal tentang nama nama dan golongan makanan kuda, cara beternak kuda, harga kuda, dan lainnya tentang kuda. Seperti penjelasan tentang kuda berikut ini:

2. Sistematika dan Ras Kuda

Mengenal sistematika kuda dan ras kuda mungkin tidak terlalu siginifikan berpengaruh dalam nama nama makanan kuda. Namun setidaknya kita bisa mengenal sedikit tentang kuda, dari kingdom, class, spesies dan lain-lain.

Berikut di antaranya tentang sistematika kuda yang bisa kita ketahui; nama latin kuda adalah Equus species. Secara systematic dapat disusun sebagai berikut:

Sistematika kuda menurut Blakely dan Bade (1992) – Kingdom : Animal       – Species : Equus hipotigris (Zebra)

– Phylum : Chordata      – Equus asinus (Keledai)

– Class : Mamalia           – Equus hemionus (setengah Keledai)

– Ordo : Perissodoctyla  – Equus caballus (Kuda)

– Family : Equidae          – Genus : Equus

Selanjutnya tentang ras kuda dan sistematika kuda selengkapnya bisa dibaca dalam artikel berikut di bawah ini:

Baca : Sistematika dan Ras Kuda Asli di Dunia

3. Jenis Jenis Kuda di Indonesia dan Dunia

Selanjutnya yang bisa kita pelajari tentang pola makanan kuda adalah dilihat dari jenis kuda. Baik kuda asli Indonesia maupun kuda diberbagai negara di dunia, seperti, Amerika Serikat, Mongolia, Australia, dan lainnya.

Karena penyebutan nama makanan kuda di berbagai dunia juga berbeda-beda. Misal saja di Indonesia ada kuda makan dedak. Tapi belum tentu di negara lain kuda makan dedak.

Untuk mengetahui jenis jenis kuda lokal asli Indonesia dan ciri fisiknya, bisa disimak di artikel berikut ini:

Baca : Jenis Jenis Kuda di Indonesia

4. Ciri Ciri Kuda

Ciri Ciri Khusus Kuda dan Fungsinya

Selanjutnya sebelum kita sebutkan makanan kuda, sebaiknya kita mengenal ciri ciri kuda, sehingga dalam pelaksaanan budidaya atau beternak kuda dapat berjalan baik dan benar.

Dan kita mengetahui apa saja kebutuhan pakan kuda dan apa saja yang harus diberikan. Untuk ciri ciri kuda sendiri, ada berbagaimacam jenis, di antaranya ciri khusus kuda maupun ciri fisik kuda pada umumnya.

Simak artikel berikut tentang ciri ciri kuda, baca:

1. Ciri-Ciri Fisik Kuda di Indonesia dan Asia Tenggara

2. Ciri Ciri Khusus Kuda Dan Fungsinya Yang Tidak Banyak Orang Tahu

5. Golongan Makanan Kuda

makanan kuda
makanan kuda di padang rumput | ilustrasi

Di antaranya golongan golongan makanan kuda terbagi dari beberapa golongan, kali ini kita akan membahas di antaranya ada lima golongan yang dibutuhkan oleh kuda dan yang harus dipenuhi untuk didapatkan dari sumber pakan kuda yang diberikan, di antaranya adalah sebagai berikut, yakni:

Pakan Kuda Sumber Energi

Kuda membutuhkan energi untuk bisa berlari cepat dan melakukan aktivitasnya sehari-hari, itulah alasannya kenapa kuda butuh makanan yang mengandung sumber energi tinggi.

Selain itu, energi yang cukup kalori juga adalah salah satu persyaratan pakan yang baik untuk diberikan pada kuda. Apalagi, jika cuaca dingin dan kuda yang dipeliharan lebih aktif, maka pemberian pakan kuda perlu ditingkatkan.

Begitu juga sebaliknya di saat memasuki musim panas dan kurang kurang aktif aktifitasnya, pemberian pakan kuda sebaiknya dikurangi. Kenapa? Alasannya terkait kebutuhan energi pada jenis kuda yang dipelihara.

Pakan Kuda Sumber Mineral dan Vitamin

Selanjutnya makanan kuda yang mengandung sumber mineral dan vitamin. Seperti kita ketahui selain energi, kuda butuh tersedianya mineral dan vitamin dalam makanannya.

Untuk pakan kuda sumber mineral dan vitamin ini dapat diperoleh dengan pemberian pakan jenis sayur-sayuran dan jenis pakan buah-buahan. Namun perhatikan keasaman dan tingkat kemanisan buah.

Pakan Kuda Mengandung Serat Tinggi

Makanan kuda yang mengandung serat tinggi juga dibutuhkan kuda. Hal ini karena sistem pencernaan kuda berevolusi dalam memproses rumput, jadi butuh yang tinggi serat dan curah.

Makanan kuda yang mengandung serat tinggi contohnya seperti gandum, bahan pakan yang menyediakan energi dan mineral yang dibutuhkan kuda.

Namun ada kekurangan dari jumlah yang dibutuhkan, di antaranya terkait tentang sistem pencernaan. Karena serat tinggi berlebih dapat menyebabkan terjadinya bisul dan penyakit yang sering menyerang kuda lainnya.

Studi kasus kuda diet tinggi serat menunjukkan 50 persen bahkan sampai 90 persen dari kuda-kuda tersebut diketahui memiliki penyakit bisul.

Golongan Makanan Kuda yang Dapat Dicerna

Ketika memberikan pakan pada kuda sebaiknya perhatikan makanan yang dapat dicerna kuda. Karena, jika makanan yang diberikan tak dapat dicerna dengan baik dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius. Misalnya saja seperti kolik impaksi.

Maka tak heran, jenis pakan yang tak dapat dicerna dengan baik adalah menjadi bagian masalah khusus pada manajemen ternak kuda.

Selain itu, pada jenis pakan ini gigi kuda akan mengurangi kemampuan dalam mengunyah makanan. Apalagi kuda tua dan sedang dalam masa penuaan, pastinya telah mengurangi kemampuannya untuk mencerna makanan tertentu. Tentu tak bisa dengan mudah mengunyah makanan yang diberikan.

Contoh makanan kuda yang sulit dicerna adalah seperti jerami. Jenis pakan jerami pada ternak kuda dinilai tidak semunya cocok diberikan pada ternak kuda.

Meski jerami juga adalah salah satu jenis bahan pakan yang cocok pada ternak sapi. Apalagi jerami fermentasi. Berikut informasi tentang cara membuat fermentasi jerami. Untuk itu perlu dipilih jerami berkualitas yang dapat dicerna kuda.

Golongan Makanan Kuda yang Baik Tingkat Keamanannya

Dalam memberikan pakan pada kuda sebaiknya dipastikan terlebih dahulu bahwa jenis pakan yang diberikan adalah golongan makanan yang baik dan keamanannya terjamin, sehingga tidak membahayakan ternak kuda yang telah kita pelihara.

Karena jika salah dan tingkat keamanannya tidak baik atau membahayakan kuda, maka dapat mengakibatkan masalah kesehatan kuda. Maka kita harus ketahui tipet kuda dalam mencari makan, di antaranya adalah

  • Kuda, hewan pengumpul: mencari makan sebentar di suatu tempat dan selanjutnya kembali melanjutkan melanjutkan mencari makanan yang lebih baik, lebih lembut dan bergizi dan memakanya di tempat lain.
  • Pola makan kuda berpindah-pindah.
  • Kuda bergerak dan makan di padang rumput menghabiskan waktu 18 jam per hari.

Nah di setiap pergerakannya tersebut, tak hanay perhatikan keamanan pakan, tapi keamanan kuda dari kejahatan manusia juga penting diperhatikan.

Golongan Makanan Kuda yang Berkelanjutan

Dalam pemberian pakan kuda, sebaiknya yang berkelanjutan. Di antaranya yang didapatkan secara terus menerus. Karena kuda kebiasannya sering makan.

Selain itu, kuda membutuhkan minum sebanyak 2-3 kali sehari. Hal ini untuk menjaga sistem pencernaan kuda agar tetap sehat. Selain itu jika kuda sering makan, biarkanlah, karena itu lebih baik.

Selain itu, makanan kecil untuk kuda lebih baik daripada beberapa kali makanan yang besar. Kenapa? Itu jugalah yang menjadi alasan kenapa kuda lebih menyukai merumput di padang rumput di siang hari.

Dan studi kuda yang kerap merumput di padang rumput di siang hari, selain mendapatkan jenis makanan yang berkelanjutan juga lebih sehat pada umumnya.

Golongan Makanan Kuda Untuk Stimulasi

Kuda membutuhkan makanan yang dapat mengurangi prilaku stress, misalnya adanya gerakan menyudut berulang. Maka, jangan batasi pemberian makanan pada kuda dengan tempo waktu yang singkat.

6. Nama Nama Makanan Kuda

Selanjutnya setelah golongan makanan kuda kita akan bahas apa saja nama nama makanan kuda? Kira-kira apa saja yang kamu ketahui, silakan sebutkan?

Berdasarkan yang saya pelajari, ada beberapa jenis makanan yang sangat mudah ditemui di lingkungan sekitar kuda, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Rumput dan Hay, makanan yang sehat untuk kuda dari pada jenis rumput lainnya. Namun hati-hati ada jenis gulma di sekitar padang rumput atau hay yang dapat membahayakan ternak kuda.
  • Jerami, jika ingin memberikan pakan jerami, berikanlah pakan jerami berkualitas. Pakan jerami berkualitas pada ternak kuda merupakan pakan alternatif yang dapat diberikan untuk memenuhi gizi kuda dan sebagai salah satu solusi ketika di padang rumput terdapat tanaman beracun. Carilah jerami yang layak dipercaya keamanannya.
  • Hay Cubes atau Batu Bata: Kubus Hay atau yang dikenal dengan batu bata jerami merupakan jenis jerami yang telah dipotong. Selanjutnya dikompresi seperti bentuk batu bata.
  • Pelet Hay: pelet hay selain didapatkan dari rumput, juga bisa didapatkan dari jerami. Namun ini adalah jerami yang telah digiling, dipanaskan lalu diubah menjadi pakan bentuk pelet.
  • Asupan air yang cukup.
  • Grain dan Musli, dalam hal ini butir dan musli biasanya dibeli dalam bentuk makanan kuda komersial. Namun jenis pakan ini merupakan pakan kuda sumber energi dan mudah dicerna.
  • Musli: ini merupakan pakan yang terbuat dari biji-bijian. Biji-bijian ini dihancurkan dan mengandung mineral dan vitamin, selain itu, musli memiliki kandungan serat, pengisi dan gula.
  • Buah-buahan: dalam pemberiannya sebaiknya dipotong kecil kecil agar tidak teratur. Karena khawatir tersedak ditenggorokan kuda. Buah sebagai pakan kuda di antaranya seperti apel, pisang (kupas), pir. Jangan diberikan pakan buah yang asam dan terlalu manis.
  • Sayur-sayuran: jenis sayur-sayuran sebagai pakan kuda di antaranya adalah beetroot, wortel, seledri, parsnip, swede dan lobak. Hindari pemberian bawang, kentang, kelembak, dan tomat sebagai pakan kuda.

7. Cara Beternak Kuda

Selanjutnya setelah mengetahui apa saja jenis, golongan, dan nama makanan kuda yang disarankan untuk diberikan, selanjutnya adalah kita mengetahui bagaimana cara beternak kuda yang baik dan benar.

Dalam beternak kuda tak hanya kita mempelajari tetang makanan kuda dan cara pemberian makanannya. Tapi cara beternaknya juga harus benar-benar diperhatikan, baik merawat anak kuda maupun beternak kudanya.

Misalnya saja seperti pada artikel tersesuai berikut:

1. Cara Merawat Anak Kuda, Kuat Dalam Pacu

2. Cara Beternak Kuda Dengan Mudah

Kita juga perlu mengetahui beberapa hal selain cara merawat anak kuda dan cara beternak kuda, mendeteksi kuda bunting, cara merawat kuda bunting, dan masa kehamailan kuda pun tak kalah pentingnya. Ini demi regenerasi kuda yang baik.

Di antaranya adalah seperti artikel tertaut berikut, silakan dibaca:

1. Cara Mendeteksi Kuda Bunting atau Tidak

2. Cara Merawat Kuda Bunting dengan Mudah

3. Masa Kehamilan Kuda dan Cara Penanganannya

8. Harga Kuda

harga kuda poni
Harga Kuda Poni

Ketika melihat kok begitu seriusnya cara beternak kuda, sampai sampai jenis, nama, dan golongan makanan kuda begitu sangat selektif. Yup. Hal ini karena daftar harga kuda sangat tinggi.

Dari harga kuda jutaan sampai harga kuda ratusan juta. Selain itu, pemeliharaanya juga tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Cek di sini harga kuda.

Bahkan antar kuda, antara jenis kuda harganya pun berbeda-beda, misalnya saja kuda jantan dan kuda betina pastinya harganya berbeda.

Selanjutnya, misalnya seperti harga kuda mustang dengan harga kuda poni tentunya juga berbeda. Begitu seterusnya. Tak ada harga yang tetap. Ini tergantung dari kualitas dan jenis kuda yang dicari.

Itulah informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

    Rahman

    (Maret 24, 2019 - 8:01 am)

    Tenks. Sangat membantu tulusan ini utk kmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *