makanan favorit kacer

Makanan Favorit Kacer Yang Bikin Bunyi Gacor

Makanan Favorit Kacer itu ada banyak jenis dan masing-masing memiliki manfaat jika dikonsumsi. Dari vouer untuk kacer sebagai makanan kacer agar rajin bunyi, sampai makanan burung kacer di alam liar yang bisa kita gunakan dalam ternak kacer.

Tentunya aneka jenis pakan burung kacer tersebut sangat bermanfaat, apalagi sebagai hewan ternak kesayangan yang dipelihara karena suaranya yang gacor.

Dan dalam memelihara burung kacer, aneka jenis pakan ada banyak yang bisa digunakan, termasuk buah untuk kacer, voer untuk kacer, sampai pelet ikan untuk kacer.

Kesemua jenis pakan tersebut adalah makanan kacer agar rajin bunyi dan makanan burung kacer di alam liar yang bisa kita dapatkan. Dan berikut ini di antaranya, makanan favorit kacer yang bisa kita ketahui:

Makanan Favorit Kacer

Makanan favorit kacer merupakan pakan burung kacer kesukaan. Kalau kita beli di pasaran atau di toko ternak maupun toko burung, beragam harga pakan burung kacer sama beragam pula harga burung kacer.

Selain makanan favorit kacer juga ada makanan kacer harian yang disukai burung kacer. Di antaranya, ada yang merekomendasikan jenis pakan berikut:

  • Insect blendInsect Blend 5.0. Namun yang lebih baik adalah dengan memberikan makanan burung kacer dari alam yakni seperti jangkrik dan kroto. Tapi jika susah didapatkan, dengan jenis pakan tersebut sudah seperti memberikan pakan jangkrik dan kroto.
  • Voerzoo Kenarian diberikan sebagai ectra food. Pakan burung kacer ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar lengkap dan seimbang. Jenis pakan ini untuk menggantikan telur, buah, dan sayur.

Biasanya jenis makanan favorit kacer tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan agar burung kenari gacor terus. Sehingga pakan penguat dan tambahan tersebut diberikan sebagai alternatif ketersediaan makanan kenari dari alam sulit didapatkan.

Pakan Burung Kacer Yang Utama

Namun makanan favorit kacer yang harus dipastikan adalah kebutuhan pakan utama. Pakan burung kacer yang utama adalah voer. Voer untuk kacer ini merupakan makanan utama burung kacer yang ditangkar atau yang sudah jinak.

Voer untuk kacer sebagai makanan favorit kacer jinak ini yang harus diperhatikan adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas baik dan tersedia setiap saat di dalam sangkar.

Selain itu voer untuk kacer dilakukan pergantian makanan favorit kacer setidaknya 2 hari sekali. Selain voer untuk kacer juga diberikan extra food untuk menambah stamina, untuk memancing birahi burung kacer, dan mencukupi kebutuhan gizi burung kacer serta protein burung kacer.

Nah, makanan favorit kacer sebagai extra food di antaranya bisa didapatkan dari alam. Makanan kacer dari alam ini di antaranya adalah jangkrik, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat kandang, ulat bambu, kelabang, belalang, orong-orong, dan lainnya.

Cara Memberikan Makanan Burung Kacer di Alam Liar

Adapun cara memberikan makanan favorit kacer yang didapatkan di alam liar adalah di pagi hari saat bersamaan dengan saat menjemur burung atau setelah dimandikan.

Caranya yang dilakukan adalah dengan burung kacer diberikan dengan satu jangkrik atau lima jangkarik yang ditambah dengan satu sendok makan kroto.

Selanjutnya makanan favorit kacer bisa diberikan di sore hari, yakni dengan memberikan pakan burung kacer 1 sampai 5 jangkrik yang juga dilanjutkan dengan memberikan pakan kroto.

Cara Memberikan Makan Burung Kacer Saat Pergantian Bulu

Berikutnya yang bisa dilakukan dalam memberikan makanan favorit kacer di saat burung kacer sedang mabung maupun saat pergantian bulu adalah dengan mengurangi jumlah makanan seperti jangkrik dan lain-lain agar burung tidak terus menerus bersuara.

Pengurangan pakan ini sebenarnya untuk menajaga kondisi burung kacer agar tidak ngedrop. Jadi diharapkan dapat mempercepat proses pergantian bulu agar lebih berkonsentrasi dan tidak terlalu sering bersuara.

Selanjutnya ada pemberian makanan favorit kacer yang juga didapatkan dari alam liar seperti cacing. Cacing diberikan pada ternak kacer 2 kali dalam seminggu. Namun pemberiannya dengan jumlah yang sedikit, jangan terlalu banyak.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan 1 ekor jangkrik di waktu pagi, dan dilanjutkan dengan 1 ekor jangkrik di sore hari. Selanjutnya, pada akhir pekan, jangkrik diberikan bsia sampai 20 hingga 30 ekor jangkrik.

Makanan Favorit Burung Kacer Yang Berkualitas Baik

Di antaranya pakan burung kacer yang berkualitas baik dan disarankan untuk diberikan, seperti yang sudah di bahas, dan berikut ini beberapa di antaranya bisa digunakan dan menjadi makanan favorit burung kacer yakni sebagai berikut:

  1. Kroto: Kroto baik diberikan pada jenis burung kicau karena meningkatkan stamina. Kroto juga digunakan sebagai sumber protein hewani kacer terutama ketika akan ikut kontes kicau agar stamina burung tetap prima.
  2. Buah-Buahan: di antaranya buah pisang, pepaya, jeruk, dll. Caranya dipotong kecil-kecil dan ditempatkan di wadah untuk memudahkan kacer saat makan. Buah-buahan diberikan untuk melancarkan pencernaan burung.
  3. Serangga: untuk membuat suara semakin nyaring dan indah. Serangga mengandung protein hewani yang tinggi, lemak, mineral, dll.
  4. Jangkrik: yang paling baik adalah jangkrik yang masih muda dan belum bersayap, ulat-ulat kecil, dan anak cacing. Dalam kondisi mabung atau ketika sedang terjadi pergantian bulu, pemberian jangkrik dihentikan.
  5. Sayur-sayuran: mengandung banyak vitamin dan mineral layaknya buah-buahan, berikan sayur seperti toge, tomat, sawi, atau kangkung, sayuran juga digunakan juga sebagai pakan diet burung.
  6. Ikan: mengandung protein dan omega yang baik bagi kesehatan burung.
  7. Biji-bijian: jenis biji-bijian yang digunakan harus berukuran kecil seperti pallet atau jewawut, seperti jagung, beras atau gandum.
  8. Cacing: pakan dari hewani mengandung protein tinggi. Jenis cacing yang baik diberikan untuk Kacer adalah cacing tanah. Pemberian cacing 2 kali dalam 1 minggu.

Baca Juga: Budidaya Ikan Cupang: Jantan, Betina, Hias dan Aduan

Itulah tentang makanan favort kacer dan cara memberikan pakannya. Berikut sebagai penutup, ayobudidaya.com akan berikan tips selain makanan burung kacer yang diberikan hal yang baik agar burung kacer cepat gacor adalah sebagai berikut:

Setidaknya kita memahami tentang bagaimana cara merawat burung kacer. Hal ini penting agar burung kacer cepat gacor. Selain itu yang harus difokuskan selain makanan favorit kacer adalah kebersihan kandang dan burung kacer, dan seting kacer.

Kebersihan yang dimaksud adalah perawatan kacer, seperti kebersikan sangkar, memandikan kacer, menjemur kacer dan lain-lain. Setting kacer dilakukan saat akan mengikuti lomba.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *