Keuntungan Ternak Ayam Potong

Keuntungan Ternak Ayam Potong, Berikut Analisanya

Keuntungan Ternak Ayam Potong – Ayam potong merupakan salah satu jenis dari ayam pedaging atau dikenal dengan ayam broiler.

Ayam potong merupakan salah satu jenis komoditas dibidang peternakan yang menghasilkan gizi dan memiliki nilai ekonomi yang cukup potensial.

Maka dari itu, jika cara budidaya ayam broiler ini dilakukan dengan baik dan benar, keuntungan ternak ayam potong ini sangatlah besar. Karena permintaan di pasaran juga tinggi.

Terlebih, sebagian besar penduduk Indonesia adalah konsumen daging ayam potong.  Selain itu, ayam potong merupakan hasil persilangan dari bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi.

Oleh karena itu kebutuhan akan daging harus terpenuhi dalam waktu yang relatif singkat. Dan salah satu caranya adalah dengan cara melakukan pengembangan usaha ayam pedaging jenis ayam potong atau broiler ini.

Hal yang perlu diperhatikan untuk ternak ayam pedaging adalah kesehatan. Seperti sudah banyak diketahui bahwa ayam pedaging, khususnya ayam potong, mudah terserang stres dan penyakit.

Ayam pedaging khususnya ayam potong dibuat dengan rekayasa genetik sehingga ayam broiler memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat.

Tetapi masalahnya adalah pertumbuhan ayam potong yang cepat tidak diimbangi dengan pertumbuhan organ limfoid atau kekebalan yang cepat sehingga walaupun pertumbuhan ayam sangat cepat, ayam mudah terserang penyakit dan stress.

Dalam peternakan ayam potong (broiler) dikenal istilah depresi. Depresi dapat diartikan sebagai penyusutan jumlah ayam yang dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu kematian dan afkir ayam (culling).

Depresi yang tinggi akan mengurangi keuntungan peternak akibat kematian atau afkir ayam dan kerugian dari pakan yang sudah diberikan ke ayam tersebut.

Upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan produksi ayam potong dalam rangka mencukupi kebutuhan daging antara lain adalah dengan memperbaiki tatalaksana pemeliharaan, pemberian ransum, dan pengendalian penyakit.

Proses produksi usaha peternakan ayam potong akan dapat berjalan dengan baik dan penerapan tatalaksana pemeliharaan yang baik dan benar. Selain itu tingkat pengetahuan dan ketrampilan peternak juga sangat menentukan keberhasilan usaha.

Analisa Keuntungan Ternak Ayam Potong

Cukup mudah sebenarnya menganalisa untung rugi ternak ayam potong. Apa saja keuntungannya dan apa saja kerugiannya. Terlebih dilihat dari perspektif kebutuhan dan persediaan.

Dari sisi keuntungan beternak ayam potong itu sendiri misalnya:

  1. Permintaan pasar yang tinggi, sehingga kebutuhan ayam potong sebagai kebutuhan pangan juga semakin memperluas kesempatan memperoleh keuntungan dari hasil produksi.
  2. Ternak ayam potong yang cepat diproduksi. Dalam satu kali produksi saat ini dikisaran 21 hari sampai 35 hari. Ayam potong sudah dipanen dan sudah beredar di pasaran.
  3. Bibit ayam potong dan pakan ayam potong melimpah, dan dapat ditemui di toko toko peternakan.

Namun di sisi lain, ada juga tingkat kerugian ternak ayam potong, di antaranya:

  1. Harga jual yang selalu berubah mengikuti trend pasar.
  2. DOC dan pakan yang juga tinggi
  3. Teknik pemeliharaan yang intensif dan butuh perhatian lebih.

Namun jika semua itu bisa berjalan dan di atasi dengan baik, maka bukan tidak mungkin, hasil produksi yang diinginkan pun tinggi. Alhasil, keuntungan dalam beternak ayam potong ini juga besar.

Keuntungan lainnya, sebenarnya sangat mudah sekali di akses oleh siapapun. Di antaranya sarana usahanya yang mudah didapatkan. Seperti:

  1. Kantor
  2. Gudang
  3. Kandang
  4. Alat semprot kandang
  5. Gerobak / Lori
  6. Tempat pakan pada umur 0-9 hari
  7. Tempat pakan pada umur 10 sampai panen
  8. Tempat minum pada umur 0-9 hari
  9. Tempat minum pada umur 10 sampai panen
  10. Alat semprot kandang
  11. Bak celup kaki

Modal Usaha Ayam Potong

Adapun modal usaha ayam potong yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan berapa kapasitas ayam yang akan dibudidaya atau diternakan.

Berikut ini manajemen ternak ayam potong yang bisa kita lakukan untuk mengetahui seberapa besar modal usaha ayam potong yang dikeluarkan untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam ternak ayam potong itu sendiri.

Selengpaknya seperti informasi yang sebelumnya telah ayobudidaya.com tulis berikut:

  1. Kandang Ayam Potong 100 Ekor Paling Sederhana (selengkapnya pelajari tentang kandang yang dibutuhkan untuk beternak ayam potong)
  2. Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong (selengkapnya pelajari terkait harga dan biaya yang dikeluarkan setiap pembuatan kandang ayam potong).

  3. Jenis Strain Ayam Broiler Paling Populer di Indonesia (untuk mengetahui strain atau doc yang akan digunakan, mana saja strain yang unggul, silakan dicek selengkapnya)

  4. Manajemen Kesehatan Ayam Broiler (Untuk mengantisipasi dan mengatasi ayam potong yang sakit)

  5. Cara, Program, dan Managemen Vaksinasi Ayam Broiler (program vaksinasi ayam potong).

Nah, beberapa informasi di atas, dengan manajemen ayam broilet yang juga merupakan manajemen ayam potong yang sudah dijelaskan sebelumnya juga bisa menjadi rujukan informasi untuk memperkuat bagaimana memperoleh keuntungan ternak ayam potong secara maksimal.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *