Kandang Ayam Petelur

Kandang Ayam Petelur: Ukuran Besi, Kawat dan Bambu

Ayobudidaya.comKandang Ayam Petelur adalah salah satu tempat beternak yang penting bagi ayam petelur. Ada beragam jenis kandang, ukuran, dan bahkan kita bisa dengan mudah mendapatkan dengan membeli ataupun membuatnya sendiri.

Harga kandang ayam petelur juga cukup terjangkau. Kalau pada umumnya yang kita lihat selama ini, jenis kandang yang digunakan adalah seperti kandang besi, kandang bambu, dan kandang dari kawat.

Ukuran jumlah ekor pun berbeda-beda. Contohnya saja ukuran kandang 50 ekor, dengan ukuran kandang 100 ekor, demikian 500 ekor dan juga untuk 1000 ekor.

Namun jika dia kandang baterai yang terbuat dari kawat atau besi atau bahkan bambu, dalam satu slot untuk 2 ekor ayam memiliki ukuran yang sama pada umumnya.

Tinggal berapa set yang dibutuhkan untuk bisa melihara sebanyak ayam yang diinginkan, dari 50,100, 500, bahkan untuk 1000 dan 10000 ekor.

Bagi ternak ayam petelur rumahan selama ini jenis kandang yang digunakan familiarnya adalah dari bambu. Biasanya kandang baterai dari bambu. Harga kandang dari bambu ini yang paling terjangkau.

Hanya saja, tak akan tahan lama. Seperti kita ketahui, kandang dari bambu mudah rapuh dibandingkan dari kawat atau besi. Dan biasanya untuk peternak skala kecil atau rumahan, biasanya mereka mencoba membuatnya sendiri.

Jadi ada beberapa cara membuat kandang ayam skala kecil yang dipelajari. Namun ada juga yang tak ingin repot, dan ingin memastikan secara langsung ukuran kandang tepat dan sesuai, sehingga beli.

Syarat Kandang Ayam Petelur Yang Baik dan Ideal

Kandang pada peternakan ayam umumnya untuk memberikan pelindungan ayam dari terik sinar matahari, hujan dan bahkan dinginnya malam hari.

Selain itu juga memberikan perlindungan dari berbagai macam serangan hewan pemangsa yang memungkinkan merugikan peternakan ayam. Selanjutnya juga kandang diperuntukan untuk mempermudah peternakan, terlebih aktifitas ayam petelur.

Maka dari itu, dalam membuat kandang ayam diperlukan syarat-syarat yang baik dan tepat serta ideal sesuai yang dibutuhkan oleh ayam petelur tersebut. Kriteria atau syarat membuat kandang untuk ayam petelur di antaranya adalah:

  1. Kandang yang dibuat mampu memberikan rasa nyaman bagi ayam ketika dipelihara.
  2. Kandang dapat memberikan kemudahan bagi peternak, baik dalam manajemen pemeliharaan maupun penanganan.
  3. Kandang tidak membuat peternak rugi, justru mengamankan peternak dan meminimalisir dari segala jenis kerugian.

Sementara umumnya pada peternakan ayam petelur jenis kandang yang digunakan adalah jenis kandang sistem baterai atau dikenal dengan kandang baterai.

Kandang baterai ini memiliki bentuk sangkar atau seperti kurungan namun disusu berderet dan bentuknya kotak bertingkat persegi panjang.

Di setiap satu kotak atau kandang baterai berisikan 1 sampai 2 ekor ayam. Umumnya 2. Namun ada juga peternak yang hanya mengisi dengan 1 ayam.

Kandang yang digunakan jenisnya adalah kandang bambu, kandang besi, atau kandang kawat. Sebenarnya kandang baterai ini murah. Namun karena kapasitas produksi banyak bisa mencapai 10.000 maka harganya terlihat tinggi.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sistem Baterai

Untuk membuat kandang ayam sistem baterai ini diperlukan bahan dan alat alat sebagai berikut, misalnya saja:

  1. Kawat
  2. Bambu

Itu bahan dasar utamanya, kawat atau bambu. Kita bisa mendapatkan ini dengan membelinya langsung ataupun bisa membuatnya sendiri. Begitu juga dengan bahan bahannya.

Namun untuk menghemat waktu, memang pada umumnya peternak, baik ternak ayam petelur rumahan atau sekala besar bisa membelinya di toko toko peternakan ataupun di peternakan besar.

Kenapa kandang baterai untuk ayam petelur tidak direkomendasi menggunakan kawat, sebab cara merakit atau membuatnya cukup rumit. Jika ingin membeli jarang sekali yang menawarkan kandang baterai dari kawat ini.

  1. Bahan sulit didapatkan dan bersaing untuk penggunaan bahan lainnya.
  2. Takut desain tidak sesuai dan tidak kuat
  3. Biaya kandang baterai dari kawat terlalu tinggi.
  4. Waktu pembuatan yang banyak. Sehingga, tidak efisien dalam peternakan ayam petelur.

Selain dalam pembuatan dan membeli kandang, ada beberapa faktor penting lainnya, yakni tersedianya tempat pakan dan minum pada kandang.

Tempat makan ayam petelur dan tempat minumnya ini sangat penting. Karena sebagian besar produksi memang dihabiskan untuk investasi kandang, makan dan minum.

Jika dalam kapasitas banyak, kandang baterai yang digunakan juga bertingkat, maka tempat pakan dan tempat minum ayam petelur juga dibuat secara bertingkat.

Namun untuk tempat pakan ayam diletakan di bawah, hal ini untuk memudahkan ayam makan. Baru untuk tempat minum diletakan di atas. Biasnaya menggunakan pipa.

Selanjutnya untuk lokasi kandang untuk peternakan ayam petelur idealnya jauh dari pemukiman. Hal ini untuk menghindari limbah, seperti bau kotoran dan lalat yang mengganggu masyarakat.

Selain itu, lokasi kandang juga posisinya kering, tidak lembab dan basah. Kandang baterai yang digunakan biasanya bersusun  maksimal 3 sampai 4 tingkat.

Kandang di susun dengan aturan kandang yang paling atas di susun ke belakang yang fungsinya agar kotoran yang ada di kandang atas tidak jatuh di kandang bawah.

Ukuran Kandang Baterai Ayam Petelur

Kandang Ayam Petelur
Kandang Ayam Petelur

Namun jika ingin membeli atau membuat sendiri, berikut ukuran kandang yang bisa kita ketahui, di antaranya adalah :

1. Ukuran Kandang Panjang 120 cm X lebar 35 cm X tinggi depan 42 cm X tinggi belakang 37 cm

Ukuran kandang tersebut, nantinya dapat menampung 8 ekor ayam petelur. Selain itu ukuran kandang di atas di sekat menjadi 4 pintu dan tiap sekat berisi 2 ekor ayam.

2. Ukuran Kandang Panjang 120 cm X lebar 35 cm X tinggi depan 35 cm X tinggi belakang 28 cm

Ukuran kandang di atas nantinya dapat digunakan sama dengan ukuran sebelumnya pada nomor 1 yakni dapat menampung 8 ekor ayam petelur, kendati demikian bedanya kepala ayam berada di luar.

3. Ukuran Kandang Panjang 120 cm X lebar 35 cm X tinggi depan 42 cm X tinggi belakang 37 cm

Ukuran kandang dengan ukuran di atas sama seperti pada nomor 1. Kandang ukuran di atas ini dapat menampung kurang lebihnya 6 ekor ayam dengan ukuran kandang yang di sekat menjadi 6 pintu dan setiap pintu di isi 1 ekor saja.

4. Ukuran Kandang Panjang 120 cm X lebar 35 cm X tinggi depan 35 cm X tinggi belakang 28 cm

Ukuran kandang dengan panjang, lebar dan tinggi di atas pemanfaatannya sama seperti nomor 3, namun kandangnya minimalis. Ukuran kandang di atas dapat menampung 6 ekor ayam.

Untuk ukuran kandang nomor 3 dan 4 ada beberapa kelebihan, di antranya kita bisa mengetahui kualitas telur yang dihasilkan, bahkan kita tahu mana ayam yang produktivitasnya baik.

Ukuran Kandang Untuk 50 Ekor dan 100 Ekor Ayam Petelur

Ukuran kandang ayam ini memiliki kapasitas 50 ekor ayam petelur, luasannya 10 meter persegi. Ukuran kandang ayam petelur 100 ekor luasan yang dibutuhkan 20 meter persegi.

Berdasarkan ukuran Peraturan Menteri Pertanian yang tertuan pada Nomor 31 Tahun 2004 ukuran standar kandang untuk digunakan ternak ayam petelur berikut ukuran meter persegi berdasarkan jumlah ekor ayamnya:

  1. 100-500 ekor = luas kandang 50 meter persegi
  2. 500-1000 ekor = luas kandang 100 meter persegi
  3. 1000-1500 ekor = luas kandang 150 meter persegi
  4. 1500-2000 ekor = luas kandang 200 meter persegi
  5. 2000-2500 ekor = luas kandang 250 meter persegi
  6. 2500-3000 ekor = luas kandang 300 meter persegi

Baca Juga: Analisa Usaha Ayam Potong dan Untung Ruginya

Desain ukurannya sebagai berikut:

  1. Bentuk kandang memanjang seperti balok dan ada sekat sekat. Masing masing ukuran sama. Panjang 40 cm, Lebar 40 cm, Tinggi depan 37 cm dan ukuran belakang 30 cm.
  2. Dinding sisi sekat bisa dibuat dari bambu, dibuat berfentilasi agar udara lancar. Bisa juga menggunakan besi.
  3. Alas bawah ayam dibuat miring untuk bisa bergulir dan mudah diambil.
  4. Setiap sekat diperuntukkan 1 – 2 ekor ayam dewasa produktif.
  5. Tempat pakan dan minum ayam petelur dibuat bertingkat. Tempat pakan di bawah dan tempat minum di atas.
  6. Tempat pakan dan minum baiknya menggunakan pipa lengkung dan tidak bocor.
  7. Posisi penempatan pada bangunan atap / pelindung kandang baterai dibuat panggung agar kotoran bisa langsung jatuh ke tanah/ke lantai, ini akan memudahkan untuk di bersihkan, juga sirkulasi udara terjaga
  8. Penempatan kandang ayam baterai dbuat bertingkat, 2 – 3 tingkat.
  9. Tinggi kandang dari tanah atau lantai kurang lebih 1,5 meter untuk mengurangi amoniak dari kotoran.
  10. Posisi keseluruhan kandang di buat memanjang barat-timur agar pencahayaan lebih maksimal

Kelebihan Kandang Baterai

Ada beberapa kelebihan kandang dibuat kandang baterai untuk peternakan ayam petelur. Berikut kelebihan kelebihan yang bisa kita ketahui, di antaranya adalah:

  • Ventilasi alami dan alur udarannya lancar sehingga ayam petyelur merasa nyaman
  • Tindakan ayam kanibal atau saling mematuk antara ayam dapat dihindari
  • Pemantauan pada ayam petelur yang sakit lebih mudah sehingga bisa dilakukan penanganan Extra pada yang sakit.
  • Manajemen pemeliharaan mudah, dan kontrol pakan dan produksi telur lebih hemat waktu.
  • Produksi telur bersih, aman, serta mudah di panen

Harga Kandang Ayam Petelur

Untuk harga kandang sendiri tentunya bervariasi. Jika beli silakan dicek masing masing tempat. Karena setiap wilayah biasanya punya penawaran harga. Cari yang mutunya bagus, namun harga lebih murah. Ini juga anlisa usaha terkait untung rugi.

Sebelum pemeliharaan, pastikan perhitungan baik burung kandang yang akan digunakan, baik kandang dari bambu maupun kandang dari besi.

Kandang dari besi lebih lama tahannya dalam artian awet, dan lebih bersih. Namun harganya tentu lebih mahal. Sementara dari bambu harga murah, tapi tidak tahan lama. Hal ini karena bisa dimangsa rayap.

Untuk itu, pembuatan kandang atau pembelian kandang disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitasnya. Kalau soal harga, pada umumnya kandang baterai ini diangka kisaran Rp130 ribu per setnya, ini untuk kawat atau besi yang diguynakan.

Kandang tersebut diperuntukan untuk 8 ekor ayam. Ukurannya Panjang 120 cm, Lebar 35 cm, Tinggi depan 34 cm, Tinggi belakang 28 cm (ayam 1000 ekor membutuhkan 125 set).

Jadi dalam 125 set x Rp130 ribu = Rp16.250.000. Itulah kisaran harga kandang yang bisa digunakan oleh kita kisarannya dalam peternakan ayam petelur.

Baca Juga: Keuntungan Ternak Ayam Potong, Berikut Analisanya

Itulah analisa dan cara membuat, maupun harga ketika membeli dan ukuran dari kandang ayam petelur yang akan kita gunakan pada peternakan ayam petelur.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Sekian yang bisa disampaikan, ikuti terus artikel kami selanjutnya. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *