Kandang Ayam Joper

Kandang Ayam Joper Yang Ideal di Indonesia

Kandang Ayam Joper – Kandang merupakan salah satu faktor penting dalam proses budidaya, termasuk dalam usaha budidaya peternakan ayam. Demikian juga terhadap usaha ternak ayam joper.

Seperti yang kita ketahui pada umumnya, ayam joper merupakan ayam hasil perkawinan silang, antara ayam kampung jantan dengan ayam petelur betina.

Ayam joper ini sebutan yang begitu familiar, nama lainnya yang tak kalah familiar adalah ayam kampung super atau ayam kamper dan disebut juga sebagai ayam jawa super dan disebutlah ayam joper.

Tentunya, untuk penyebutan ayam joper ini disetiap daerah berbeda-beda. Namun pada umumnya adalah ayam joper. Dan ayam joper ini kini diminati sebagai usaha dibidang peternakan.

Bahkan, cara beternak ayam joper yang baik dan benar pun sangat mudah diterapkan oleh para peternak. Sebab, dalam budidaya ayam joper ini tatalaksananya tak berbeda seperti ayam petelur jantan, ayam broiler, ayam kampung, maupun cara beternak ayam bangkok.

Dan sebelumnya pun ayo budidaya telah menulis tentang cara beternak ayam joper, dan kali ini kita akan lebih khusus, yakni membahas tentang sistem kandang ayam joper yang ideal dan sesuai dengan prosedur perkandangan ayam joper yang umum digunakan peternak ayam joper di Indonesia.

Adapun terkait perkandangan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

Lokasi Ideal Kandang Ayam Joper

Jadi sebelum memulai beternak ayam joper. Pertama kali yang harus dilakukan adalah memastikan lokasi ideal kandang ayam joper. Karena kandang untuk ayam joper tidak bisa sembarangan, atau asal-asalan, tidak bisa juga berada di tengah pemukiman warga.

Jadi, yang idealnya, kandang ayam joper ini ditempatkan jauh dari pemukiman warga. Hal ini untuk memastikan terjaga kebersihan pemukiman maupun kebersihan kandang ayam joper.

Selain itu, pastikan juga wilayah yang akan dijadikan kandang untuk beternak ayam joper kebutuhan airnya tercukupi dan dapat dijangkau transportasi sebagai hilir mudik.

Selanjutnya, dengan lokasi tersebut juga, peternak yang akan beternak ayam joper memastikan agar di lokasi yang akan dibangun kandang tersebut sirkulasi udara cukup baik, dan kandang dibuat dengan arah membuyjur dari arah timur ke arah barat.

Selain itu, pastikan wilayah untuk membangun kandang terdapat sinar matahari yang masuk, dan sinar matahari tersebut dapat di atur masuk ke kandang tetapi tidak secara langsung. Hal ini dapat mencegah ayam joper tidak kepanasan di siang hari.

Begitu juga dengan kelembaban wilayah kandang. Maka, setidaknya memastikan kandang tidak sempit dan lahan juga cukup untuk pengembangan usaha ayam joper di kemudian hari.

Jadi kandang ayam joper yang ideal adalah:

  • Kandang ayam joper cukup jauh dari area pemukiman, atau jarak minimal kandang dan pemukiman terdekat sekitar 500 meter.
  • Kandang ayam joper cukup mendapatkan sinar matahari untuk mendukung kandang selalu kering dan jamur tidak mudah tumbuh.
  • Kandang ayam joper hadap ke timur agar sinar matahari dapat masuk ke kandang pada pagi hari.
  • Suhu sekitar kandang ayam joper tidak terlalu dingin dan terlalu panas (antara 25-32 derajat celcius).
  • Kandang ayam joper mempunyai surkulasi yang baik sehingga udara segar dapat masuk ke kandang.
  • Mempunyai akses jalan yang lancar untuk mempermudah mengangkut DOC, hasil panen dan pakan ternak baik dari luar ke kandang, maupun dari kandang keluar.

Persiapan Kandang Ayam Joper

Berbicara kandang ayam joper yang juga perlu dipikirkan adalah tentang persiapan kandang itu sendiri. Kenapa? Hal ini dikarenakan, berlangsungnya usaha peternakan ayam juga dipengaruhi oleh kandang ayamnya.

Setidaknya pada masa persiapan kandang ini juga dapat memastikan usaha budidaya atau selama proses beternak ayam joper tidak membuat si ayam stres dan terhambat pertumbuhannya.

Artinya, kandang yang dibanguyn setidaknya haruslah baik dan nyaman, dan sesuai ukuran kandangnya. Karena ketika berbicara kandang ayam, maka kita akan berbicara ukuran kandang.

Misalkan cara membuat kandang ayam broiler, tentu ada hal-hal yang harus disiapkan dalam membuat kandang ayam broiler. Begitu juga dengan ayam joper. Apalagi kandang anak ayam baru menetas.

Dan berikut lebih spesifik tentang kandang ayam joper yang harus kita ketahui:

Ukuran Kandang Ayam Joper

Selanjutnya kita berbicara tentang ukuran kandang. Begitupun kandang untuk ternak ayam joper ada ukuran-ukuran yang harus kita ketahui.

Karena ukuran kandang ayam joper 100 ekor akan berbeda dengan ukuran kandang ayam joper 500 ekor, maupun 1000 ekor. Begitu juga dengan yang 10000 maupun 20000 ekor.

Sama seperti ukuran kandang ayam broiler yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan kapasitas ayam yang dipelihara, begitulah ayam joper dan kebutuhan kandangnya. Berikut ukuran kandang ayam joper yang ideal baik jumlah maupun umur harinya yang harus kita ketahui:

  1. Ukuran Kandang Ayam Joper Untuk Ayam Umur 1-6 hari kepadatan 60 ekor per m2 kandang
  2. Ukuran Kandang Ayam Joper Untuk Umur Ayam 7-12 hari kepadatan 40 ekor per m2 kandang
  3. Ukuran Kandang Ayam Joper Untuk Umur Ayam 13- 30 hari kepadatan 20 ekor per m2 kandang
  4. Ukuran Kandang Ayam Joper Untuk Ayam Umur 31 – hari panen kepadatan 9 ekor per m2 kandang

Jadi, jika ukuran kandang ayam joper 1000 ekor ini setidaknya yang kita harus buat luasnya adalah 100 meter persegi atau 10 x 10 m. Sementara, untuk biaya pembuatan kandang ayam kampung super ini, tak jauh berbeda seperti biaya pembuatan kandang ayam potong.

Kandang Ayam Joper Dari Nol Hari Sampai Panen

Berikut ini kandang ayam joper yang dibutuhkan saat periode pemeliharaan dari nol sampai panen. Berikut disesuaikan kategori kandang dengan umur dari ayam joper.

Kandang Pembesaran Ayam Joper

Biasanya, untuk kandang DOC ayam joper yang digunakan adalah berbentuk boks dan memiliki pemansa buatan. Fungsi dari pemanas buatan tersebut untuk penghangat.

Jika di kandang, dalam satu kandang maka diletakan beberapa lampu sebagai penghangat, kekuatan lampu tersebut 5-10 watt. Jadi tergantung dengan suhu sekitar kandang.

Dan pada umumnya, kandang ayam joper ini terbuat dari bambu, papan dan bahkan dinding semen. Bentuknya tergantung dari tujuan pemeliharaanya.

Biasanya pada ternak ayam dalam jumlah yang banyak, peternak ayam joper akan gunakan kandang postal litter, dan kandang cage atau kandang panggung.

Jika menggunakan kandang setengah terbuka, maka kandang untuk memelihara ayam dilakukan pemeliharaan dengan cara semi intensif. Berikut masing-masing penjelasan kandang pembesaran ayam joper yang bisa digunakan, dalam cara beternak ayam joper:

Kandang Postal Litter Untuk Ayam Joper

Dalam ternak ayam joper dikenal juga dengan kandang postal litter. Kandang postal ini digunakan untuk pembesaran ayam joper yang telah berumur lebih dari 3 minggu. Ukuran kandangnya 6-9 meter, panjangnya 50-70 meter.

Lalu, untuk membuat alas atau lantai kandang ayam joper pada sistem kandang postal litter ini peternak bisa menggunakan sekam padi, serbuk gergaji dan kapur. Ketebalan alas kandang ini sekitar 10-15 cm.

Kandang Panggung Untuk Ayam Joper

Selanjutnya, jenis kandang yang digunakan untuk ayam joper ini adalah kandang panggung. Kandang panggung disebut juga dengan kandang cage. Ukurannya kurang lebihnya sama dengan kandang postal litter.

Namun untuk jenis kandang ini, lantainya tidak menyentuh secara langsung ke tanah. Namun, pada umumnya, kandang panggung ini biasanya digunakan untuk cara memelihara ayam petelur dan beternak ayam broiler.

Untuk membuat kandang panggung bisa menggunakan bambu yang dibilah, jarak antar bila sekitar 1,5 cm – 2 cm. Sehingga udara bebas masuk ke kandang, dan pada malam hari dapat ditutup dengan plastik.

Kandang panggung untuk pembesaran ayam joper ini dapat digunakan dari umur 3 minggu, sampai akhirnya ayam joper siap panen pada umur 6 minggu.

Ayam joper yang dipelihara hingga 6 minggu dapat mencapai bobot 700 gram – 900 gram. Sedangkan jika dipelihara lebih dari 6 minggu ayam joper dapat mencapai 0,9 – 1,1 kg per ekor.

Baca Juga: Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok yang Ideal

Jadi sesederhana itulah kandang ayam joper yang bisa kita buat, dan kita gunakan untuk beternak ayam joper sehingga menjadi sebuah usaha yang menguntungkan dibidang peternakan. Semoga bermanfaat. Terimakasih, salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *