Strain Ayam Petelur

Jenis-Jenis Strain Ayam Petelur di Indonesia

Strain Ayam Petelur – Kali ini Ayobudidaya.com akan menginformasikan tentang jenis-jenis strain ayam petelur di peternakan yang ada di Indonesia. Jenis strain ayam petelur ini dinilai penting untuk produksi, pengembangan, dan budidaya sekala usaha. Sebab, banyak sekali strain ayam petelur unggul yang bisa digunakan peternak dalam usaha peternakan ayam petelur yang dimilikinya.

Untuk itu kita, akan pelajari lebih dulu, apa yang dimaksud dengan ayam ras petelur. Ayam ras petelur ( Layer ) adalah ayam ras hi-breed yang diternakan khusus sebagai penghasil telur. Ayam petelur dapat berasal dari ayam tipe ringan dengan bobot 1,5 – 2,0 kg/ekor, dan tipe medium ( tipe dwiguna ) yang dapat mencapai bobot hidup 3 kg/ekor.

Dewasa ini, ayam ras petelur dapat dibedakan dari strain-nya. Strain adalah istilah untuk jenis ayam yang telah mengalami penyilangan dari berbagai bangsa, sehingga tercipta ras unggulan dengan efisiensi produksi yang tinggi dan bersifat turun – temurun.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Ayam Agar Cepat Besar

Baca Juga : Ciri-Ciri Ayam Sakit dan Penyebab Terjadinya Penyakit

Jenis Strain Ayam Petelur di Indonesia

Strain ayam petelur yang ada di Indonesia antara lain Arbor Acre, Dekalb Waren , Hyline , Hubbard Golden Comet, Kimber Brow , Harco ,Shave , Hisex , Hypeco , Rosella , ISA Brown , Ross Brow, Lohmann dan Enya. Masing – masing strain memiliki keunggulan tersendiri, namun secara garis besar keunggulan tersebut meliputi produktifitas bertelur tinggi, bobot telur tinggi, nilai konversi pakan rendah, pertumbuhan yang baik, daya hidup tinggi, serta masa bertelur yang panjang .

Berikut ini salah satu contoh, strain ayam petelur yang ada di Indonesia. Yakni tentang performa strain lohmann yang digunakan oleh peternakan ayam petelur CV. Hanura Jaya Farm.

Tabel Performa strain Lohmann

Perfomance Dalam
Mortalitas % 8,62
Berat Telur Gr 62,86
Kg / HH Kg 21,37
Butir / HH Butir 356,82
FCR Kumulatif 2,22
Feed Intake gr / ekor 105,46
Berat Badan Kg 2,1

Sumber : CV.Hanura Jaya Farm, Kandang F (2016)

Nah itu dia informasi lengkap tentang jenis-jenis strain ayam petelur di Indonesia yang bisa kita pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat, dan cari informasi lainnya tentang budidaya pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan produk-produk budidaya hanya di ayobudidaya.com.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *