cara mendeteksi kuda bunting atau tidak

Jenis-Jenis Kuda di Indonesia dan Ciri Fisiknya

Ayobudidaya.com – Jenis-Jenis Kuda di Indonesia – Budidaya Kuda di Indonesia ternyata sudah banyak digeluti, dari kuda pacu, kuda Jawa, kuda Sumba, kuda Sumbawa, hingga kuda warmblood dan kuda impor lainnya.

Terlebih memang, cara beternak kuda di Indonesia sangatlah mudah. Bagi seorang pemula cukup mempelajari beberapa hal tentang kuda maka bisa budidaya ternak kuda.

Jika budidaya berlangsung dengan baik, jenis kuda apapun memiliki keuntungan yang menggiurkan. Hal ini dikarenakan harga kuda di Indonesia memang masih memiliki nilai jual tinggi.

Pada dasarnya, kuda di Indonesia pemuliaannya dipengaruhi iklim tropis serta lingkungannya. Kuda-kuda di Indonesia tinggi badannya berkisar antara 1,15 – 1,35 meter.

Maka itu, kuda di Indonesia tergolong dalam jenis kuda poni. Kita juga dalam mempelajari jenis-jenis kuda di Indonesia harus bisa memahami bagaimana ciri-ciri fisik kuda di Indonesia dan Asia Tenggara (selengkapnya baca di Ciri-Ciri Fisik Kuda di Indonesia dan Asia Tenggara).

Jenis-Jenis Kuda di Indonesia

Pertama kita akan jelaskan apa saja jenis jenis kuda yang bisa kita ketahui untuk di Indonesia. Karena memang ada banyak sekali jenisnya.

Contohnya seperti yang Ayo Budidaya tulis kali ini. Adapun Jenis-jenis kuda di Indonesia antara lain,

  1. kuda Gorontalo
  2. Kuda Makasar
  3. Kuda Minahasa
  4. Kuda Sumbawa
  5. Kuda Bima
  6. Kuda Sumba
  7. Kuda Flores
  8. Kuda Sabu
  9. Kuda Timor
  10. Kuda Jawa
  11. Kuda Bali
  12. Kuda Lombok
  13. Kuda Kuningan
  14. Kuda Sumatra
  15. Kuda Sumatera Barat
  16. Kuda Kori
  17. Kuda Priangan
  18. Kuda Batak
  19. Kuda Mandar

Di antara jenis jenis kuda di atas, tentunya terdapat beberapa jenis kuda pacu di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Harga kuda pacu pun cukup terjangkau. Namun tetap memiliki nilai tinggi.

Contohnya saja kuda Jawa. Meski kuda lokal, tetapi keberadaanya cukup bernilai. Hal ini karena kuda Jawa kerap dipilih menjadi kuda tunggang untuk delman dan lainnya, sehingga membuat harga kuda tunggang ini cukup bernilai.

Ciri Fisik Kuda di Indonesia

Ciri fisik kuda di Indonesia pada umumnya memiliki bentuk kepala besar dengan wajah rata, tegak, dan sinar mata hidup serta daun telinga yang kecil. Ciri fisik kuda lainnya, yakni, bentuk leher tegak dan lebar.

Sementara, ciri fisik di bagian tengkuk kuda pada umumnya kuat, punggung lurus, dan pinggul kuat. Begitu juga dengan letak ekor tinggi dan berbentuk lonjong, dada lebar, sedangkan tulang rusuk berbentuk lengkung serasi.

Kaki kuda di Indonesia dikenal berotot kuat, kening dan persendiannya baik. Kuda memiliki bentuk kuku kecil dan berada di atas telapak yang kuat.

Jika kuda berdiri, maka akan tampak dari sikapnya yang kurang baik. Sebab, kedua kaki kuda pada bagian muka lebih berkembang jika dibandingkan kaki belakang.

Jenis-Jenis Kuda di Indonesia
Jenis-Jenis Kuda di Indonesia

Kuda-kuda di Indonesia tersebut sesuai dengan letak geografisnya yang berada di Asia Tenggara.

Maka kuda yang ada di Indonesia memang menyerupai kuda di negara-negara Asia Tenggara lain pada umumnya.

Di Indonesia, kuda selain digunakan sebagai alat transportasi, wisata, juga dijadikan kuda pacu.

Kuda di Indonesia semakin banyak jenisnya setelah kedatangan bangsa Eropa. Terjadi persilangan kuda antara Kuda Indonesia bagian Timur dengan Kuda Eropa pada abad ke 16 saat musim pencarian rempah-rempah.

Saat itu bangsawan eropa dengan masyarakat Indonesia melakukan perdagangan dengan alat tukar, salah satunya kuda yang juga menjadi alat transportasi pada zaman itu.

Baca Juga: Sistematika dan Ras Kuda Asli di Dunia

Berbicara tentang kuda, bukan sekedar jenis yang bisa kita pelajari. Tetapi juga sistematika dan ras kuda. Dengan demikian kita juga akan memahami masing masing jenis kuda yang bisa dimiliki.

Sehingga, tau, mana saja harga kuda yang paling mahal dan cukup terjangkau dengan harga yang lebih murah. Tapi ingat, semua jenis memang tergantung dari bagaimana kita melakukan teknik budidaya, sehingga mendapatkan kualitas kuda yang bagus.

Faktor budidaya, biasanya juga bisa diketahui dari beberapa faktor pendukung, di antarnaya kesehatan dan makanan. Untuk makanan misalnya, ada banyak makanan kuda yang paling disukai dan yang bisa diberikan oleh peternaknya.

Setiap jenis kuda akan memiliki makanan yang sama, hijauan, misalnya. Sehingga, membuat peternak kuda tidak perlu kebingungan lagi dikemudian hari.

Semoga informasi yang bisa disampaikan ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

    zufar maulana

    (Desember 9, 2017 - 3:10 am)

    pagi, isi webnya sangat membantu saya untuk keperluan makalah…. jika diizinkan bolehkah saya tahu siapa nama adminya? untuk keperluan sitasi dan daftar pustaka. Terima Kasih

    […] sewaktu-waktu harga tersebut akan berubah sesuai dengan kondisi dan keadaan, atau bahkan tergantung jenis kuda.  Baca artikel Ayobudidaya.com […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *