Jenis Bebek Pedaging

Jenis Bebek Pedaging, Keunggulan dan Hargannya

Ada banyak Jenis Bebek Pedaging yang menjadi primadona peternakan bebek di Indonesia. Karena jika kita berbicara ternak bebek, apalagi ternak bebek pedaging tentu kita akan berbicara tentang kualitas dan jenis bebek paling menguntungkan.

Untuk itu, kali ini kita akan mempelajari jenis bebek pedaging yang cepat panen dan masuk dalam jenis bebek di dunia yang juga digemari masyarakat sebagai bebek pedaging.

Dan berikut ini kita tak hanya membahas tentang jenis bebek saja, tetapi juga tentang apa saja yang menjadi kategori penilaian bebek pedaging unggul dari bebek lainnya, dan berapa sih harga bebek pedaging di pasaran.

Sebab jika kita berbicara jenis, pasti akan berbicara tentang keunggulan bebek dan jika ada keunggulan maka akan dibahas juga tentang harga bebek pedaging itu sendiri. Berikut di antaranya jenis bebek pedaging yang paling populer dan menguntungkan untuk dibudidaya:

Jenis Bebek Pedaging Unggul

Adapun bebek pedaging unggul yang paling menguntungkan karena cepat panen, di antaranya kalau di kampung kampung lebih menyukai jenis bebek entok, karena pakan yang tidak merepotkan, namun selain jenis bebek entok, jenis bebek pedaging lainnya yang bisa dibudidayakan adalah jenis bebek hibrida, dan jenis-jenis bebek berikut ini:

1. Ternak Bebek Peking

Ternak bebek peking adalah salah satu bebek yang digemari di Indonesia untuk dibudidaya. Namun bebek ini sebenarnya bukan bebek asli Indonesia.

Bebek peking adalah jenis bebek pedaging di dunia yang berasal dari Provinsi Peking di China. Sebagai salah satu jenis bebek di dunia, bebek peking pernah didatangkan pertama kali di Amerika Serikat tahun 1870-an.

Tak hanya digemari di Amerika Serita dan China sebagai lokasi asalnya, ternak bebek peking juga tumbuh subur di Australia dan Indonesia.

Keunggulan bebek peking diternakan di dunia termasuk menjadi hewan ternak di Indonesia karena sebagai jenis bebek pedaging bebek peking memiliki keunggulan pertumbuhan fisik yang sangat cepat.

Jika beternak bebek peking dengan sistem intensif, maka bobot badan bebek pedaging ini bisa mencapai 2,5-3,5 kilogram hanya dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan.

Ciri fisik bebek peking adalah jika dilihat sekilas akan serupa dengan jenis bebek entok, dengan warna putih dan bobotnya yang besar. Maka itu keunggulan ternak bebek peking di Indonesia juga adalah bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada di Indonesia.

2. Ternak Bebek Alabio

Jenis bebek pedaging selanjutnya adalah bebek alabio. Bebek alabio merupakan hasil perkawinan silang bebek Kalimantan dengan bebek peking.

Maka tak heran, Alabio nama bebek didapatkan dari daerah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Ciri-ciri bebek alabio, pada paruh serta kakinya berwarna kuning terang dan badannya cukup lebar dengan posisi tidak terlalu tegak lurus namun membentuk sudut 600 dari tanah.

Ciri bebek alabio pejantan memiliki warna bulu cokelat gelap atau abu-abu hitam. Selanjutnya di ekor terdapat bulu yang melengkung keluar.

Untuk bebek alabio betina cirinya adalah berwarna coklat kuning keabuan berkombinasi bintik putih serta ujung dada, sayap dan kepala ada sembur warna hitam.

Keunggulan bebek alabio adalah memiliki berat badan yang mencapai 2 kg dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan diternakan secara intensif seperti budidaya ayam broiler. Maka, bebek alabio juga termasuk dalam salah satu jenis bebek pedaging.

Namun memang, bebek alabio juga kerap menjadi pilihan sebagai salah satu ternak bebek petelur. Hal ini dikarenakan bebek alabio betina mampu bertelur sampai 200 hingga 250 butir per tahunnya.

Selain itu, keunggulan bebek alabio adalah pertama kali bertelur pada usia 24 minggu dengan berat rata-rata telurnya 62 gram per butir.

3. Ternak Bebek Mojosari

Ternak bebek Mojosari adalah salah satu jenis bebek pedaging yang diternakan di daerah Modopuro, Mojosari, Jawa Timur. Bebek Mojosari ini juga dikenal dengan sebutan bebek Mojokerto.

Ciri ciri bebek Mojosari adalah warna bulu kemerahan dengan variasi warna coklat, hitam dan putih. Untuk paruh dan kaki bebek berwarna hitam. Bebek jantan memiliki 1-2 bulu ekor melengkung ke atas.

Keunggulan ternak bebek Mojosari adalah bobot badan (bb) bebek Mojosari mencapai rata-rata 1,7 kg saat dewasa. Coba bandingkan dengan ternak ayam petelur.

Namun jenis bebek ini juga disebut sebagai salah satu jenis bebek petelur sebab produksi telur bebek Mojosari banyak, rata-rata 230-265 butir per tahunnya.

Selain itu keunggulan ternak bebek Mojosari adalah ukuran telur yang besar, lebih hijau dan rasanya enak. Mulai betelur di usia 6-7 bulan.

Kenapa juga disebut sebagai salah satu jenis bebek pedaging, karena saat diolah menjadi masakan daging, rasa dagingnya enak dan juga empuk.

4. Ternak Bebek Rambon

Ternak bebek rambon bisa kita temui di daerah Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal sampai ke Semarang. Sebab bebek ini salah satu jenis bebek pedaging asli Indonesia berasal dari Cirebon dan Karawang.

Bebek Rambon merupakan bebek hasil persilangan bebek Cirebon dan bebek Alabio. Keunggulan bebek rambon sebagai bebek pedaging adalah rasa daging bebeknya yang lebih enak. Untuk bobot badan bebek rambon dalam kurung waktu 2 bulan mencapai 1,3 kg.

Untuk keunggulan bebek rambon sebagai bebek petelur adalah menghasilkan telur yang banyak. Karena bebek ini bisa menghasilkan telur sebanyak 260 butir per tahunnya dengan puncak produksi umur 1,5 tahun.

Ciri fisik bebek rambon ini unik, yakni memiliki bentuk tubuh tinggi dan ramping seperti botol dengan leher yang agak panjang dan mata yang bening cerah.

5. Ternak Bebek Raja

Bebek raja adalah salah satu jenis bebek pedaging yang juga sangat digemari di Indonesia. Keunggulan bebek raja diternakan adalah bisa dipotong saat berumur 6 bulan dengan bobot rata-rata 1,2-1,4 kg.

Presentase karkas bebek raja mencapai 60-65 persen. Diunggulkan menjadi ternak bebek pedaging karena pertumbuhan lebih cepat dan daging yang lebih tebal.

Ternak bebek raja juga dapat menghasilkan telur, yakni berkisar 250 butir per tahunnya. Berat telur per butirnya 69,7 gram. Keunggulan lainnya bebek raja tidak mudah terserang penyakit dan mudah beradaptasi di lingkungan yang baru.

Bebek raja merupakan bebek hasil kawin silang Bebek Alabio dengan Bebek Mojosari dan bahkan bebek ini disebut bebek pedaging MA.

6. Bebek Turi atau Bebek Mataram

Bebek yang berasal dari daerah Yogyakarta ini berada di Desa Turi, Kabupaten Bantul. Namanya Bebek Turi atau biasa disebut juga Bebek Mataram. Sebab, bebek ini juga dianggap sebagai salah satu hewan ternak peninggalan kerajaan Mataram.

Hanya saja memang, jenis bebek pedaging ini adalah hasil kwain silang dari bebek lokal dan impor. Keunggulan bebek turi atau bebek Mataram sebagai jenis ternak pedaging adalah rasa dagingnya yang enak untuk dikonsumsi.

Selain itu dalam pemeliharaannya tidak menghabiskan banyak pakan dan ternak bebek yang mudah digembalakan, serta bebek ini juga penghasil telur yang banyak bisa mencapai 200 butir dengan umur produktif 1,5 tahun.

Berat badan bebek turi atau bebek mataram ini di kisaran 2-3 bulan pemeliharaan intensif bisa mencapai bobot badan berkisar 2,2 kg.

7. Ternak Bebek Aylesbury

Bebek Aylesbury adalah bebek tipe pedaging. Sebagai salah satu jenis bebek pedaging bebek ini bisa mencapai bobot badan 4,5 kg. Bebek Aylesbury termasuk salah satu jenis bebek pedaging unggul dan salah satu jenis bebek paling menguntungkan diternakan.

Namun untuk sebagai bebek petelur sangat jarang sekali. Sebab bebek betina Aylesbury hanya dapat memproduksi 100 butir telur per tahunnya.

8. Ternak Bebek Pegagan

Bebek Pegagan adalah jenis bebek pedaging berasa dari Kecamatan Tanjung Raja, Inderalaya serta Pamulutan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Namun bebek ini dikenal juga sebagai bebek petelur, karena hasilkan telur sebanyak 220 butir per tahunnya. Untuk bobor badan bebek Pegagan ini bisa mencapai 2,1 kg dalam kurun waktu pemeliharaan 2-3 bulan.

Harga Bebek Pedaging

Untuk harga bebek pedaging bervariasi di setiap daerah. Rata-rata harga bebek pedaging untuk berbagai jenis bebek pedaging unggul adalah sebagai berikut:

  • Harga Bebek Pedaging Hidup Bobot 1,5 Kg Rp25.000 – Rp35.000
  • Harga Bebek Pedaging Hidup Bobot 2 Kg Rp33.000 – Rp45.000
  • Harga Bebek Pedaging Hidup Bobot 3 Kg Rp42.000 – Rp55.000
  • Harga Bebek Pedaging Karkas Bobot 1,0 – 1,1 Kg Rp45.000 – Rp50.000
  • Harga DOD Bebek Pedaging Rp2.508.000 – Rp2.600.000 Per Box 100 ekor.

Itulah jenis bebek pedaging unggul dan di antarnaya juga sebagai bebek petelur unggul. Namun pada dasarnya jenis-jenis bebek tersebut merupakan jenis bebek pedaging yang cepat panen dan jenis bebek paling menguntungkan dari sektor usaha budidaya.

Baca Juga: Kandang Ayam Potong 100 Ekor Paling Sederhana

Semoga apa yang disampaikan bermanfaat. Silakan mampir dan sampai bertemu di artikel ayobudidaya.com selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *