ukuran kandang ayam broiler

Ini Idealnya Ukuran Kandang Ayam Broiler

Ukuran Kandang Ayam Broiler – Ayam broiler saat ini menjadi idola. Banyak peternak yang hidup dari proses budidaya ternak broiler. Ayam broiler sebagai ayam pedaging diharapkan dapat memenuhi kebutuhan daging di berbagai daerah. Hal ini juga adalah upaya dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakatnya.

Namun, ternyata dalam beternak ayam broiler atau nama lainnya ayam potong tidak asal begitu saja beternak. Bahkan, dalam proses pembuatan kandang ayam broiler harus disesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan ayam broiler. Hal ini agar proses budidaya ayam pedaging berlangsung dengan baik.

Jadi, intinya adalah dalam beternak ayam potong atau broiler ini, peternak harus mengetahui berapa luas dan lebar ukuran kandang ayam broiler yang ideal digunakan.

Terlebih banyak yang berpendapat, ukuran kandang ayam broiler dapat mempengaruhi fase pertumbuhan ayam broiler. Hal ini bisa kita pahami secara logika berpikir.

Seperti ini misalnya, studi kasus yang terjadi, jika kandang broiler terlalu sempit, namun populasi ayam broiler tinggi, maka hal ini akan membuat suhu kandang akan cepat meningkat, terutama siang hari.

Akibatnya, konsumsi pakan menurun dan lebih banyak minum disertai ayam mengalami stres yang tinggi. Jika seperti ini yang terjadi, tentunya akan merugikan kita sebagai peternak. Tentu kita tidak inginkan. Terlebih hal ini dapat memudahkan ayam terserang penyakit.

Ini Ukuran Kandang Ayam Broiler Yang Ideal

Standar Ideal Ukuran Kandang Ayam Broiler di daerah Tropis

Jadi hal ini yang harus kita pahami sebagai peternak. Jadi kandang ayam pedaging atau ayam potong atau ayam broiler memiliki ukuran ideal kandang. Bahkan, ada standar ideal ukuran kandang ayam broiler yang dipelihara di daerah tropis.

Jadi, seperti yang kita ketahui, untuk daerah tropis seperti Indonesia kandang tiap meter per segi (m2) setiap kandang diisi 8-12 ekor dengan tinggi kandang antara 2,25 – 2,5 m, sedangkan lebarnya 4 -8 m.

Catatan: Jika melebihi ukuran tersebut maka suhu kandang akan cepat meningkat otomatis akan mempengaruhi pertumbuhan ayam.

Berikut ini tabel tingkat kepadatan atau populasi ayam potong atau ayam broiler yang disesuaikan dengan umurnya. Hal ini juga harus kita ketahui, agar kita sebagai peternak dapat memaksimalkan usia ayam broiler dengan tingkat kepadatan kandang yang diperlukan.

Tingkat Kepadatan Populasi Ayam Broiler Berdasarkan Umurnya

Dalam menentukan ukuran kandang ayam boriler yang ideal, kita juga bisa melihat tingkat kepadatan populasi ayam broiler berdasarkan umurnya. Sebab, umur menentukan jumlah kepadatan suatu kandang.

Umur                     Populasi/Kepadatan ayam (m2)
1 hari – 1 minggu  40 -50 ekor
2 minggu               20 -25 ekor
> 2 minggu            8-12 ekor

Tipe-Tipe Kandang Ayam Broiler

A. Kandang Tipe Kandang Terbuka (Open House) Sistem Liter

Tipe kandang terbuka merupakan tipe kandang yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tipe kandang terbuka ini terlebih dengan sistem liter, merupakan tipe kandang yang sangat cocok digunakan dengan iklim tropis, seperti Indonesia.

Ukuran Ideal Kandang Ayam Broiler Kapasitas/Populasi 500 – 1000 ekor atau lebih ?

Kita mulai hitung menghitung, berapa ukuran ideal kandang ayam broiler dengan populasi ternak 500 sampai 1000 ekor ayam potong.

Berikut standar dan tabel populasi yang ideal yang dibutuhkan berdasarkan perhitungannya :

Cara Menghitung Ukuran Kandang Ayam Broiler

(1)

Diketahui:

  • 500 ekor : 8 ekor = 62, 5 m2
  • 1000 ekor = 1000 ekor : 8 ekor = 125 m2 .

Diperoleh ukuran yang ideal :

Panjang Kandang = Luas kandang : Lebar Kandang (tentukan lebar yang diinginkan sesuaikan dengan standar ideal di atas)

  • 500 ekor : 5 meter = 12,5 meter
  • 1000 ekor : 5 meter = 16 meter

Hasil akhirnya adalah :

  • Populasi 500 ekor = P x L = 12,5 m x 5 m
  • Populasi 1000 ekor = P x L = 16 m x 5 m

Selengkapnya, untuk perhitungan, silakan bisa dihitung sendiri. Rumusnya seperti yang di atas.

(2)

Pertanyaanya?

Misalkan ingin membangun kandang ayam broiler dari berbagai jenis bentuk kandang kapasitas 10.000 ekor dengan target panen 1,4 – 1,6 kilogram. Berapa ukuran kandang yang dibutuhkan untuk pelihara ayam broiler?

Jawaban:

A. Menentukan Ukuran Kandang Postal

Simulasi, idelanya lebar kandang postal untuk ayam broiler yakni, maksimal 7 meter, kepadatan kandang maksimal 8 ekor per meter2 (1:8) dengan asumsi extra chick 2% (200 ekor).

  • Luas Kandang
    = 10.200 / 8 ekor x 1 m2
    = 1.275 m2
  • Panjang Kandang
    = 1.275 m2 / 7 m
    = 183 m
  • Jadi, ukuran kandang postal untuk 10.000 ekor adalah 7 m x 183 m.

B. Menentukan Ukuran Kandang Panggung

Simulasi, idealnya lebar kandang panggung maksimal 8 meter, kepadatan kandang maksimal 8 ekor per meter2 (1:8) dengan asumsi extra chick 2% (200 ekor).

  • Luas Kandang
    = 10.200 / 8 ekor x 1 m2
    = 1.275 m2
  • Panjang Kandang
    =1.275 m2 / 8 m
    = 160 m
  • Jadi, ukuran kandang postal untuk 10.000 ekor ayam adalah 8 m x 160 m.

Ukuran Kandang Ayam Broiler Kapasitas 5.000 Ekor

Ukuran standar kandang ayam broiler yang bagus adalah 8 ekor ayam untuk ukuran kandang satu meter persegi. Jadi untuk ukuran kandang ayam potong kapasitas 5000 ekor sebesar 625 meter persegi. Hasil perhitungan 5000 ekor ayam : 8 ekor.

Yang harus diperhatikan dalam membuat kandang ayam broiler dengan kapasitas 5000 ekor, yaitu:

  1. Panjang kandang sekitar 90 meter dengan lebar 7 meter
  2. Posisi kandang ayam broiler bersifat memanjang ke arah timur atau barat sesuai pancaran sinar matahari
  3. Mempunyai ventilasi dan sirkulasi udara kandang ayam broiler yang baik

Rincian Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler Kapasitas 5.000 Ekor

Rincian Biaya Pembuatan Kandang Broiler Kapasitas 5.000 Ekor yang harus kita siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Pembelian bambu sebanyak 200 batang harga Rp 2 juta
  2. Pembelian kayu batangan dan papan harga Rp 10 juta
  3. Belanja paku dan kawat harga Rp 900 ribu
  4. Upah karyawan sebanyak 3 orang sebesar Rp 3 juta
  5. Biaya lain-lain Rp 2 juta

Total perkiraan Rp17.900. Namun, ini perkiraan. Untuk lebih jelas sebenarnya, perhitungan disesuaikan dengan harga daerah masing-masing. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan bahan pembuatan kandang dan biaya tukang.

Nah itu dia informasi tentang ukuran kandang ayam yang ideal dalam memelihara ayam broiler dalam tahap komersial di atas 500 ekor. Semoga artikel ini bermanfaat, dan ikuti terus artikel lainnya di Ayobudidaya.com.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *