Kandang Kambing

Ini Dia Ukuran Ideal Kandang Kambing

Kandang Kambing – Saat beternak kambing ada tahapan-tahapan yang harus dilewati. Seperti memastikan kelayakan dan ukuran ideal kandang yang akan digunakan. Sebab, dalam budidaya ternak kambing, kandang merupakan faktor penting bagi keselamatan, keamanan, kenyamanan dan proses produksi dari kambing itu sendiri. Maka, kandang kambing yang ideal dibutuhkan dalam budidaya kambing.

Menentukan kandang juga merupakan langkah awal dari tata cara ternak kambing yang benar. Sebab dalam langkah awal beternak kambing, yang harus dipersiapkan adalah pembuatan kandang sebagai tempat untuk tinggal kambing dan  akan berakhir pada masa panen. Dibawah ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan terlebih dahulu supaya ternak kambing yang akan anda jalankan menjadi semakin baik dan berdampak pada hasil panen yang maksimal.

Persiapan Pembuatan Kandang Kambing

Persiapan pembuatan kandang kambing yang benar, kandang kambing yang ideal merupakan salah satu hal penting yang akan menunjang keberhasilan dari usaha ternak kambing yang akan anda jalankan. Kandang yang baik juga akan menimbulkan kenyamanan yang membuat kambing menjadi mudah gemuk dan berkembangbiak.

Baca : Cara Mempercepat Kambing Birahi

Baca : Penyakit Pada Kambing PE Dewasa

Baca : Pedoman Lengkap Cara Beternak Kambing  

Tingkat minimal kandang kambing yang baik adalah bersih, memiliki sinar matahari yang cukup, tidak panas (teduh), dan penempatan kandang paling minim adalah berjarak kira-kira 5 meter dari rumah. Hal ini ditakutkan akan berimbas bau kotoran campur urine kambing yang tidak sedap, ingat selain kambing kita sehat, kita sebagai peternak juga harus bisa menjaga kesehatan.

Idealnya Ukuran Kandang Kambing

  • Kandang induk+dua anak : 120 cm x 120 cm /ekor
  • Kandang induk (baik yang hamil atau tidak hamil) untuk 1 ekor: 100 cm x 125 cm
  • Kandang pembesaran anak yang telah di sapih untuk satu ekor: 100 cm x 125 cm
  • Kandang pejantan per ekornya adalah : 110 cm x 125 cm

Nah itu dia secara jelas, bahwa ukuran kandang kambing yang akan diperuntukan dalam budidaya haruslah ideal dan sesuai ukuran. Ukuran tersebut diperuntukan dalam per ekor. Tinggal peternak memilih apakah kandang yang akan digunakan dalam beternak kambing, kandang koloni atau individu. Tentu peternak memiliki pertimbangan atas hal tersebut. Semoga bermanfaat. Salam beternak dari Ayobudidaya.com.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *