Ciri Kambing Peranakan Etawa Mandul

Ternyata Ini, Ciri Kambing Peranakan Etawa Mandul

Ciri Kambing Peranakan Etawa MandulAyobudidaya.com kali ini akan membahas tentang kambing peranakan etawa atau kambing PE mandul (tidak memiliki keturunan). Kambing peranakan etawa merupakan kambing hasil persilangan antara kambing etawa dengan kambing lokal di Indonesia. Kambing peranakan etawa masih sama memiliki dwifungsi seperti kambing etawa, yakni kambing penghasil susu dan kambing penghasil pedaging.

Selain kambing PE mandul, kambing etawa juga bisa mandul. Selengkapnya Oh, Ternyata Ini Ciri-Ciri Kambing Etawa Mandul. Adapun ciri-ciri kambing peranakan etawa mandul sebagai berikut Cara mengetahui kambing Peranakan Etawa (PE) yang mandul (majer) :

A. Ciri Kambing Peranakan Etawa Mandul

Ciri Kambing PE Jantan Mandul

Sama seperti kambing etawa, kambing PE jantan mulai birahi pada usia sekitar 6 – 8 bulan. Pada umur tersebut seekor kambing PE jantan biasanya sudah dapat birahi yang dicirikan kaki depan yang berwarna coklat-kuning-kotor. Jika pada usai tersebut keatas kaki depan kambing etawa jantan terlihat bersih, maka bisa jadi kambing PE jantan tersebut mandul. Hal ini juga yang terjadi pada kambing Etawa.

Coba cara ini Cara Mempercepat Kambing Birahi.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam memilih seekor kambing PE jantan yang normal, yaitu  mengetahui usia pejantan. Jika kambing PE pejantan tersebut telah rampas giginya atau mulai poel satu (sekitar 1 – 1.5 tahun) maka kambing PE pejantan tersebut harusnya sudah birahi. Jika kaki pejantan PE tersebut berwarna coklat-kuning-kotor maka hampir bisa dipastikan kambing tersebut tidak mandul.

B. Ciri Kambing PE Induk Betina Mandul

Ciri kambing peranakan etawa mandul untuk kambing induk atau PE betina memastikan birahi yang berlangsung. Seharusnya, kambing PE betina sudah birahi pada usia 6 bulan. Namun, pada usia tersebut agak sulit untuk menentukan secara fisik apakah seekor kambing etawa betina mandul atau tidak.

Maka ada juga yang melakukan penilaian seperti ini, kambing PE betina yang mandul bisa dinilai jika sudah agak tua yakni poel dua keatas (1,5 tahun ke atas). Pada usia ini kambing PE betina sudah pernah beranak 1 kali. Logikanya jika kambing pernah beranak maka ukuran ambing kambing tersebut sudah berubah bentuk.

Ukuran ambing sudah lebih besar daripada ukuran kambing etawa betina dara (calon indukan). Jika dijumpai kambing etawa betina yang sudah tua, poel dua keatas, jembrak belakang lebat namun ukuran ambing masih kecil seperti dara maka hampir bisa dipastikan kambing tersebut mandul. Ada kalanya ambing jenis tersebut dapat diperah mengeluarkan sedikit cairan seperti susu berwarna bening. tetapi hendaknya peternak waspada dan tidak tertipu dengan jenis kambing etawa betina seperti ini.

Nah itu dia ciri kambing peranakan etawa mandul yang bisa kita pelajari bersama dalam artikel kali ini. Selengkapnya Ini Artikel Lengkap Kambing Peranakan Etawa (PE).

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *