HArga Sapi Qurban

Harga Sapi Qurban Idul Adha 2019

Harga Sapi Qurban – Setiap tahunnya umat muslim di Indonesia sama seperti umat muslim di dunia yakni melaksanakan hari raya qurban, atau hari raya Idul Adha. Dan saat itu kebutuhan sapi untuk qurban meningkat. Begitu juga tahun 2019 ini.

Harga hewan qurban pun pada akhirnya berbeda-beda. Namun, sebenarnya pada umumnya harga hewan qurban sama. Ada ketetapan harga baik harga kambing kurban, harga unta, sampai harga sapi qurban.

Kenapa ada perbedaan harga sapi qurban, kembali lagi itu pada penjual dan daerah. Berikut ini Ayobudidaya.com akan lampirkan daftar harga-harga sapi qurban idul adha tahun 2019.

Harga Sapi Qurban Dari Berbagai Jenis Ukuran dan Bangsa

Dalam memilih hewan qurban, tentunya kita akan memilih hewan yang layak menjadi hewan qurban, dari umur, dan bobot badan. Selain itu tentunya kita ingin mencari tubuh sapi yang ideal.

Tubuh ideal sapi juga ditentukan dari jenis bangsa sapinya, baik bagus ukuran tubuh, dan bagaimana produksi daging yang dihasilkan tentu ini akan menjadi faktor perhatian bagi si pembeli.

Dan berikut ini daftar harga sapi qurban di Indonesia dari berbagai jenis bangsa

HArga Sapi Qurban
Daftar Harga Sapi Qurban

Harga Sapi Biasa atau Sapi Lokal

Untuk harga sapi biasa atau harga sapi lokal ada beberapa sapi yang biasa dijadikan hewan qurban di Indonesia, di antaranya adalah sapi po atau sapi peranakan ongole, dan sapi bali, dari harga anak sapi jantan sampai harga sapi dewasa.

Harga Sapi Bali

  • Harga anak sapi bali jantan (harga sapi bakalan) Rp6.500.000
  • Harga Sapi Bali Dewasa Rp12,5 juta – Rp16,5 juta.

Harga Sapi PO

  • Harga anak sapi jantan sapi po (harga bakalan sapi PO) Rp6,5 juta – Rp7,5 juta.
  • Harga sapi PO dewasa Rp12,5 juta – Rp16,5 juta.

Harga Sapi Jenis Limosin

Harga Sapi Limosin Untuk Qurban dan Bakalan

  • Harga pedet (anakan) sapi Limosin jantan per ekor Rp8,5 juta – Rp12,5 juta.
  • Harga sapi betina anakan per ekor Rp3,5 juta – Rp5,5 juta.
  • Harga bakalan sapi limosin per ekor Rp15,5 juta – Rp18,5 juta.
  • Harga sapi Limosin siap potong berkisar per ekor Rp 17.500.000 – Rp 27.500.000 (*harga bisa disesuaikan dengan gambar di atas, dan tergantung kualitas dan kuantitas sapi).

Harga Sapi Jenis Perah

Harga Sapi Perah

  • Harga bakalan sapi perah per ekor Rp27,5 juta – Rp31,5 juta,-
  • Harga sapi Perah siap potong (afkir, sudah tidak produksi susu) berkisar per ekor Rp52.5 juta – Rp62,5 juta,-
  • *Harga tergantung besar kecil dan kualitas sapinya selengkapnya bisa lihat gambar untuk perbandingan.

Harga Sapi jenis Brahman

Harga Sapi Brahman

  • Harga sapi Brahman bakalan berkisar Rp7 juta – Rp9 juta,- /ekor
  • Harga sapi Brahman dewasa siap untuk Qurban dan ternak potong Rp21 juta – Rp22,5 juta,- /ekor
  • Harga juga disesuaikan dengan besar kecil dan kualitas ternak sapi, untuk perbandingan harga lihat pada gambar.

Harga Sapi jenis Simental

Harga Sapi Simental

  • Harga Sapi Simental Bakalan Rp11,5 jtua – Rp15 juta,-
  • Harga Sapi Simental Dewasa Rp20,5 juta – Rp23,5 juta,-
  • Harga tergantung besar kecil dan kualitas sapinya, lihat pada gambar.

Selain Harga, Berikut Tips Memilih Sapi Qurban Yang Baik

Selain mengetahui persoalan harga, alangkah baiknya untuk hewan qurban juga kita perlu mengetahui kualitas sapi yang akan diqurbankan. Apakah sudah sesuai syariat dan ketentuan.

Berikut tips yang bisa kita pelajari dalam memilih sapi qurban yang baik dan benar. Kurang lebihnya ada 5 tahapan, di antaranya adalah:

  1. Sapi qurban telah memenuhi syarat umur sebagai hewan qurban. Umur hewan qurban sapi sama seperti kerbau yakni berumur 2 tahun.
  2. Hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Karakter gigi susu kecil dan runcing, sedangkan gigi tetap dari hasil pergantiannya menjadi besar dan rata.
  3. Hewan kurban dalam kondisi sehat dan tidak sakit atau seperti gejala demam, kurang nafsu makan, kudis, mata cekung dan kotor, diare, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, serta lemas.
  4. Sapi qurban tidak kurus dan cacat, dalam artian tidak pincang, buta, daun telingan tidak ada. Karena dengan memberikan yang terbaik, tentu kita akan meraih hasil terbaik pula.
  5. Sapi kurban yang sehat cuping hidung basah (bukan karena flu), nafas dan detak jantung normal, bulunya bersih dan mengilap, nafsu makan normal, lubang kumlah bersih dan berwarna merah muda.

Baca : Harga Anak Sapi Lokal dan Harga Sapi Biasa Dewasa

Nah, jadi kesimpulannya bukan hanya soal harga sapi qurban atau sapi biasa pada umumnya. Begitu juga sapi untuk jadi bakalan. Perlu kita pelajari ada banyak hal tentang harga sapi ini. Di antaranya adalah kesehatannya. Jadi tak sekedar tergoda dengan harga yang murah.

Dan terakhir, artikel harga sapi qurban dan sapi anakan maupun sapi bakalan ini setidaknya yang bisa kita ketahui, harga ini bisa diperuntukan harga ternak sapi 2018, harga ternak sapi 2019, dan semoga tetap konsisten untuk harga sapi 2020.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *