Harga Sapi Qurban Lampung 2020

Harga Sapi Qurban Lampung 2020

Ayobudidaya.com – Berapa Harga Sapi Qurban Lampung 2020? Mungkin ini yang tengah masyarakat cari tahu informasinya? Demikian juga di beberapa wilayah lainnya.

Ada banyak pertanyaan tentang harga sapi qurban di tahun 2020 ini, baik Lampung, Bandung, Jakarta, Surabaya, Makassar, Palembang, Jogja, Cirebon, Tangerang dan wilayah lainnya.

Di Lampung sendiri kini telah banyak jual hewan kurban, dari sapi dan kambing, baik langsung di peternak maupun di pinggiran jalan. Apalagi Idul Adha atau lebaran haji (Lebaran Kurban) sebentar lagi tanggal 31 Juli 2020.

Sebelumnya juga penulis pernah update tentang harga sapi qurban idul adha 2020. Demikian juga dengan harga hewan qurban 2020 lainnya.

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang bisa menjadi pilihan untuk berkurban, selain kambing, domba, unta, dan atau kerbau.

Nah sebelum membahas tentang harga sapi qurban 2020 di Lampung, kita bahas dulu, sapi sapi apa yang bagus untuk dijadikan hewan kurban, sehingga kita bisa memilih sapi sebagai hewan kurban terbaik.

Jenis Sapi Terbaik Untuk Dijadikan Hewan Qurban

Jenis jenis sapi potong unggul dan terbaik untuk dijadikan hewan ternak kurban tentunya akan mempengaruhi harga sapi yang akan dijadikan hewan ternak kurban. Namun mengurbankan ternak sapi terbaik artinya nilai ibadahnya lebih tinggi.

Ternak sapi terbaik memiliki jenis yang berbeda-beda di setiap spesies sapinya, antaranya:

  1. Sapi Limousin: Jenis sapi ini memiliki daging yang empuk dan rendah lemak. Ciri-ciri sapi limousin adalah memiliki warna krem, hitam, dan merah bata.
    • Sementara tinggi sapi limosin bisa mencapai 160 cm dengan berat badan atau bobot 1,1 ton. Sapi ini adalah salah satu jenis sapi termahal yang ada di Indonesia.
  2. Sapi Ongole: Ini adalah jenis sapi yang sudah sangat umum untuk dijadikan ternak kurban. Jenis sapi lokal Indonesia yang memiliki ciri warna putih atau merah dengan kehasan rambut hitam di sekitar mata dan pangkal ekor.
    • Tinggi sapi ongole jantan mencapai 140-160 cm dan sapi ongole betina 130-140 cm. Bobotnya mencapai 400-600 kg.
  3. Sapi Simmental: Ini juga jenis sapi yang umum dijadikan hewan qurban di Indonesia. Bentuk tubuhnya kekar dan penuh otot. Tinggi sapi simmental mencapai 170 km dan bobot tubuh mencapai 1,2 ton. Rata rata bobot mencapai 700-800 kg.

Itu 3 jenis sapi terbaik yang bisa dijadikan hewan kurban? Lalu berapa besaran harga tiketnya?

Harga Sapi Qurban 2020 di Lampung

Menelisik keunggulan hewan qurban, sapi, tentunya masing-masing memiliki nilai harga jual dan harga beli. Apalagi di momen Idul Adha ini.

Diketahui untuk masing-masing harga kurban ternak sapi di Lampung kurang lebihnya ada yang 13,6 Juta untuk harga sapi standa, dan 18.500.000 untuk medium.

Tentunya harga ini akan berbeda dari tingkat besarannya. Bahkan ada yang mencapai harga sapi qurban mencapai 29 – 35 Juta.

Nah dari besaran ternak kurban ini kita bisa memilih.

Jadi rata-rata sapi kurban secara berjamaah bisa dikenakan Rp2.650.000 sampai 3.000.000 per orangnya. Bahkan 3.500.000 dan 4.500.000.

Harga ini tentu berbeda dengan ternak kambing yang akan dijadikan kurban. Harga kambing qurban kurang lebihnya ada yang dari Rp1.5 Juta sampai Rp4.500.000. Tentunya tergantung budget yang kita miliki.

Namun untuk rata-rata harga kambing qurban yang bisa kamu pilih adalah di harga Rp2.500.000 per ekor.

Baca Juga: Harga Kambing Etawa 2020, Ini Daftar Terbarunya

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang harga sapi kurban di tahun 2020 ini yang ada di Provinsi Lampung. Kisaran harga tersebut bisa dicek langsung dilapak-lapak ternak kambing.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *