Harga Sapi

Harga Sapi di Indonesia: Biasa, Limosin, Pedet, Qurban Dll

Berikut ini adalah daftar harga Sapi di Indonesia yang harus diketahui. Namun sebenarnya baik dari harga seekor sapi jantan dan betina dewasa, dengan harga anakan sapi tidaklah mengalami perubahan harga yang signifikan.

Jika sapi mengalami kenaikan harga maka biasanya tidak lebih dari Rp5 ribu sampai Rp10 ribu rupiah per kilogramnya. Dan itu, terjadi dari kurun waktu tahun 2018 ini, sehingga di tahun 2019 dan 2020, maupun 2021 dan 2022 mendatang, harga tersebut tetap sama tidak ada kenaikan yang signifikan.

Dan berikut ini ayobudidaya.com lansir dan kumpulkan daftar harga rata-rata pada jual dan beli sapi yang bisa diketahui dan bisa dibeli dari suatu peternakan yang ada di Indonesia pada umumnya:

Harga Sapi
Daftar Harga Sapi di Indonesia

Namun tentunya ketentuan terkait harga, baik sapi dewasa dari jantan dan betina, sapi limosin, sapi brahman, sapi perah, sapi peranakan ongole, sapi bali sapi simental, maupun harga anak sapi, tentu disetiap daerah berbeda.

Misal, harga-harga tersebut, antara Lampung dengan Aceh, Maluku, Bali, Medan, NTB, NTT, Jawa Tengah, Malang, Yogyakarta, dan wilayah lainnya.

Bahkan harga setiap jenis sapi pun berbeda, misal, dari harga sapu limosin, sapi brahman, sapi simental, sapi Bali, sapi peranakan ongole atau sapi po, sapi madura, dan jenis sapi biasa dewasa lainnya tentu berbeda.

Adapun rincian di antaranya adalah sebagai berikut:

Harga Sapi Limosin

Harga sapi Limosin anakan adalah:

  • Harga pedet (anakan) sapi Limosin jantan per ekor Rp8,5 juta – Rp12,5 juta.
  • Sapi betina anakan per ekor Rp3,5 juta – Rp5,5 juta.

Harga sapi Limosin dewasa

  • Harga sapi Limosin Bakalan Rp9 juta – Rp10,5 juta per ekor.
  • Sapi Limosin Dewasa umur 1-2 tahun Rp20-22 juta per ekor.

Harga sapi biasa

Harga Sapi Bali

  • Harga anakan sapi Bali jantan Rp6,5 juta.
  • Sapi Bali Dewasa Harganya Rp12,5 juta – Rp16,5 juta.

Harga Sapi Peranakan Ongole (PO)

  • Harga pedet sapi PO dan harga bakalan sapi PO Rp6,5 juta – Rp7,5 juta.
  • Sapi PO dewasa Rp12,5 juta – Rp16,5 juta.

Harga Sapi Perah

  • Harga bakalan sapi perah per ekor Rp27,5 juta – Rp31,5 juta,-
  • Sapi perah dewasa Rp50,5 – 60,5 juta per ekor.

Harga Sapi Brahman

  • Harga anakan sapi Brahman Rp7 juta – Rp9 juta,- /ekor
  • Sapi Brahman dewasa harganya Rp20-22 juta per ekor.

Harga Sapi Simental

  • Harga bakalan sapi simental Rp11,5 jtua – Rp15 juta,- per ekor.
  • Harga dewasa sapi simental Rp18,5 juta – Rp22 juta per ekor.

Harga Sapi Qurban 2019/2020

Untuk sapi qurban, harga rata-rata di tahun 2019 maupun di tahun 2020 berada di kisaran, Rp15 – Rp 25 juta. Bahkan, ada yang lebih dari itu, tergantung ukuran sapi yang akan dijadikan hewan kurban.

Nah itulah harga-harga yang berkaitan dengan sapi, baik dari anakan sapi, sapi dewasa, dari sapi jantan dan sapi betina, maupun sapi yang akan menjadi bakalan.

Harga tersebut, merupakan harga pada umumnya, namun disetiap daerah tentunya terdapat harga yang berbeda. Jadi tidak bisa menjadi patokan harga sama di setiap daerah.

Selain itu juga, berbicara harga pada sapi, biasanya juga diukur dengan timbangan. Jadi nantinya akan ada biaya atau tarif beli per kg berat hidup sapi maupun berat karkas.

Untuk anakan sapi pun begitu, baik lokal maupun dari sapi bangsa lainnya, seperti sapi brahman, sapi simental, dan sapi limosin pada umumnya.

Harga tersebut adalah harga kisaran, dan bisa saja menjadi harga anakan sapi lokal umur 5 bulan, harga anak sapi lokal umur 1 tahun, harga sapi hidup terbaru, harga anak sapi brahman umur 6 bulan, harga anak sapi limosin umur 2 tahun maupun harga anakan sapi bali umur 2 tahun.

Sekian tentang harga pada sapi, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya. Terimakasih.

Baca Juga:

Cara Memperbanyak Air Susu Sapi

Ternak Sapi Modal Kecil Tapi Untung Besar, Ini Rinciannya

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *