harga kuda tunggang

Harga Kuda Tunggang: Impor, Sumba & Pulau Jawa

Berikut ini adalah harga kuda tunggang yang harus kamu ketahui. Rata rata seekor kuda tunggang dijual Rp12 juta sampai Rp23 jura. Dan rata rata harganya Rp16 juta.

Itu kisaran untuk harga yang siap pakai, misal menjadi delman, atau kuda tunggangan untuk wisata dan lain halnya. Beda lagi harga induk kuda dan harga anak kuda yang dijadikan bakalan kuda tunggangan.

Harga kuda tunggangan ini juga berbeda dengan harga kuda lainnya seperti kuda pacu, kuda Sumba atau kuda Sumbawa, kuda delman, kuda poni, kuda sandel, kuda kecil dan lainnya.

Dan bahkan harga kuda untuk kuda lokal yang ditunggang dengan kuda tunggang impor. Jadi harga kuda impor ini akan berbeda harga dengan harga kuda Sumba, maupun kuda Malang – Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat dan wilayah lainnya.

Jadi, ketika penulis coba cek aktifitas jual beli kuda Jawa Barat, jual beli kuda Jawa Tengah, jual beli kuda malang dengan harga kuda Australia dan bahkan harga kuda Arab terdapat selisih perbedaan harga.

Berikut daftar harga kuda di Indonesia yang bisa menjadi tunggangan pada umumnya, silakan bandingkan dengan Daftar Harga Kuda: Pacu, Sumbawa, Poni, Delman, Dll.

Harga Kuda Tunggang Jawa Tengah

Kisaran harga kuda mini jinak di Jawa Tengah yang bisa untuk menjadi kuda tunggang rata-rata Rp9.5 juta. Namun ada juga yang menjual dengan harga Rp9 juta. Ini berada di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Sementara untuk kuda tunggang besar di angka kisaran Rp18 juta. Tapi harga tersebut masih dapat dinego. Untuk itu setiap ingin beli pastikan dulu kudanya termasuk kuda muda, kuat dan gagah serta energik. Dan ajukan penawaran.

Sementara untuk kuda betina di wilayah Blora rata-rata peternak kuda menjual Rp8 jutaan. Bisa menjadi indukan untuk menghasilkan anakan kuda tunggangan.

Harga Kuda Tunggang di Depok

Selanjutnya di Depok untuk seekor kuda tunggang harganya dapat mencapai Rp23 juta. Kuda ini biasanya kuda jantan untuk jumping dan tunggangan.

Harga Rp23 juta itu umumnya memiliki ciri ciri sudah bisa digunakan sebagai kuda tunggang, kudanya jinak dan sehat, kuda jantan dan warnanya dauk, sementara untuk umur kisaran 4 tahun dan tinggi 118 cm. Jenis kudanya jenis kuda sandel. Bahkan sudah pernah mengikuti kontes bahkan juara.

Sementara untuk Harga Induk Kuda Betina Tunggangan di Depok bisa mencapai Rp25 juta. Ini ciri ciri umumnya biasanya kudanya kuda belang, dengan postur tubuh sehat, jinak dan gemuk.

Dengan harga kuda Rp25 juta usia rata-rata umur 6 tahun dengan tinggi 118 cm. Dan bahkan bisa menjadi alternatif kuda tunggang. Namun lebih baik menjadi indukan untuk budidaya ternak kuda.

Harga Kuda Tunggang di Bandung

Harga kuda di Bandung yang biasa menjadi kuda tunggangan dibandrol di angka kisaran Rp16 juta. Ini masih dapat dinego. Biasanya dengan harga Rp16 juta ini kudanya berukuran 117 cm, dan kudanya jenis kuda jinak tunggangan.

Rata-rata juga adalah kuda tunggang anak kecil. Rata-rata umur kudanya 3 tahun. Namun memang bisa dibandingkan dengan jenis kuda yang lebih tua atau lebih muda. Tentunya adalah teliti sebelum membeli.

Ini harga kisaran. Bahkan masih bisa didapatkan harga termahal dan termurah dari harga di atas. Tergantung kualitas kuda yang akan dibeli.

Harga Kuda Jantan Tunggangan di Medan

Kisaran harga kuda Jantan di Medan untuk menjadi kuda tunggang rata-rata dibandrol harga Rp30 juta. Biasanya dengan harga tersebut kuda memiliki ciri ciri jantan dan jinak dengan tinggi 150 cm dan umur 4 tahun.

Dengan harga Rp30 juta, tentunya kuda sudah siap menjadi kuda tunggangan. Bahkan kuda yang tangguh dan sehat bisa menjadi pejantan untuk menghasilkan anak kuda tunggang yang berkualitas super.

Harga Kuda Sumbawa

Selanjutnya untuk kuda tunggangan yang tak kalah bagus juga kuda Sumbawa atau kuda sumba. Harga kuda Sumbawa dikisaran Rp25 juta. Jika bukan untuk pacuan, sekedar menjadi kuda tunggangan ada yang dikisaran Rp20 juta.

Jika untuk kualitas super kuda tunggang, kuda kontes, dan kuda pacu bisa mencapai Rp30an juta. Harga tentu berbeda-beda tergantung kualitas yang dimiliki kuda. Beda lagi dengan harga kuda poni dan jenis kuda kuda lainnya.

Harga Kuda Impor Tunggangan

Untuk harga kuda impor sebagai salah satu kuda tunggang tentu harganya mahal. Biasanya ini untuk penghobi kuda. Bukan untuk pariwisata atau untuyk delman dan bahkan untuk jasa berkuda.

Contohnya saja harga kuda Prabowo salah satu tokoh nasional Republik Indonesia. Ia memiliki jenis kuda impor, yakni jenis kuda Lusitano.

Kuda Lusitano adalah salah satu kuda yang didatangkan dari Portugal. Harga kuda Impor milik Pak Prabowo tersebut mencapai Rp3 miliar.

Namun ini jenis kuda yang bukan hanya menjadi kuda tunggang biasa, tetapi juga kuda pacu. Karena karakter kudanya lincah, dan cocok untuk akrobatik. Maka dari itu, Kuda Impor Lusitano ini termasuk ke dalam salah satu kuda termahal di dunia.

Meski kuda Lusitano tergolong termahal di dunia. Masih ada lagi harga kuda tunggang impor termahal di dunia lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Harga Kuda Impor Jenis Fusaichi Pegasus Rp1,02 triliun.
  2. Harga Kuda Termahal Impor Jenis Shareef Dancer Rp586 miliar.
  3. Harga Kuda Totilas Rp308 miliar.
  4. Harga Kuda The Green Monkey Rp234 miliar.

Sementara untuk harga kuda Australia dan harga kuda Arab ditaksir kisaran harganya adalah Rp70 jutaan hingga mencapai harga Rp26 milliar. Sementara untuk harga kuda Arab bisa mencapai Rp1.3 miliar.

Baca Juga: Ciri Ciri Khusus Kuda dan Fungsinya yang Tidak Banyak Orang Tahu

Harga kuda tunggang di setiap daerah di Indonesia dan Impor di luar negeri tentu berbeda-beda. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh ciri fisik kuda itu sendiri.

Dan bahkan juga perbedaan dipengaruhi sistematika dan ras kuda yang berbeda-beda. Jadi harga satu kuda dengan jenis kuda lainnya berbeda, bahkan tajam perbedaannya.

Selanjutnya dari pola peternakan dan cara budidaya atau cara beternak kuda yang dilakukan oleh masing masing pemilik. Ini juga biasanya dipengaruhi makanan kuda yang diberikan.

Untuk itu kita harus benar-benar dapat memahami tentang tata cara beternaknya. Satu hal adalah tetap menjaga kuda tetap prima dan berstamina, dalam hal ini kuda tetap sehat dan energik.

Untuk itu perlu sekali kita menghindari dengan melakukan pencegahan terhadap segala jenis penyakit kuda yang menyerang atau yang sering berpotensi membuat kualitas kuda jelek.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui selain dari harga kuda tunggan di Indonesia, juga terkait manajemen kuda yang dilakukan.

Semoga artikel ayobudidaya.com ini bermanfaat. Ikuti terus dan sampai jumpa di artikel penting lainnya. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *