harga kuda poni

Harga Kuda Poni, Dari 11 Juta Sampai Ratusan Juta

Berikut ini adalah daftar harga kuda poni yang bisa kamu ketahui. Seperti kita ketahui bersama kuda poni di antaranya termasuk kuda kecil ataupun kuda mini.

Jenis kuda poni ini juga memiliki nilai harga jual kuda yang tinggi dan bervariasi. Dan harga jual kuda poni ini rata-rata hampir sama dengan harga kuda kecil atau harga kuda mini unggul lainnya.

Perhatikan, kuda kualitas unggul ya. Kenapa? Karena harga seekor kuda poni saja, bisa mencapai harga jual Rp11 juta hingga ratusan juta rupiah. Kenapa harga kuda poni bisa mahal? Alasannya sebagai berikut:

Kuda Poni Asli Daerah Mana

Nah sebelum lebih spesifik membahas tentang harga seekor kuda poni, alangkah baiknya kita mengenal kuda poni asli dari daerah mana?

Hal ini juga yang akan menjelaskan informasi di atas, kenapa harga seekor kuda poni ini bisa mahal. Bahkan lebih mahal dari harga kuda tunggangan lainnya, dan bahkan lebih mahal dari harga kuda kecil lainnya.

Jadi, kuda poni ini merupakan kuda pacu asli Indonesia. Kuda poni juga dikenal dengan nama kuda sandalwood pony atauy kuda sandel. Kuda poni di Indonesia dikembangkan di Pulau Sumba.

Dan menurut sejarah dari cerita ke cerita, kuda poni ini memiliki moyang kuda arab. Dan kuda arab ini disilangkan dengan kuda poni lokal atau disebut dengan grading up. Cara ini dilakukan untuk memperbaiki sejumlah penampilan dari si kuda poni tersebut.

Karakteristik Kuda Poni

Sementara karakteristik dari kuda poni ini sendiri memiliki postru tubuh yang rendah dibandingkan jenis kuda dari Australia dan Amerika. Tinggi kuda poni di Indonesia rata-ratanya mencapai 130 sampai 142 cm.

Begitu jugalah ketika kita merincinya dan membahas tentang sistematika dan ras kuda asli dunia. Hanya saja kuda poni ini salah satu jenis kuda kuat di Indonesia. Makanya harga kuda poni bisa tinggi dan mahal.

Terlebih selain memiliki daya tarik sebagai kuda hias, kuga dipakai orang untuk menjadi kuda tarik, ataupun kuda tunggangan, bahkan kuda pacu.

Jadi, kenapa harga seekor kuda poni yang mahal masih diburu? Selain dari penjelasan di atas, kuda poni juga memiliki banyak keistimewaan, di antaranya terletak pada kaki dan kukunya yang kuat dan leher besar.

Daya tahan tubuhnya juga istimewa dan warna rambutnya bervariasi, ada kuda poni hitam, kuda poni putih, kuda poni merah, kuda poni dragem, kuda poni hitam maid atau brownish black, kuda poni krem atau bopong, kuda poni abu abu dan kuda poni belang.

Ternak Kuda Poni

Kuda poni sendiri di Indonesia sudah banyak yang menjadikan sebagai salah satu usaha peternakan. Jadi ada di beberapa daerah peternakan kuda poni. Jadi tidak hanya ditemukan di Pulau Sumba saja.

Melainkan juga bisa ditemui di Pulau Jawa, Pulau Madura, sampai Pulau Bali. Dan biasanya di ketiga pulau ini, kuda poni menjadi kuda tunggangan atau kuda tarik bahkan sampai menjadi kuda pacu.

Harga Kuda Poni

Lalu berapa harga seekor kuda poni? Kali ini kita akan berbagi dengan beberapa klasifikasi harga, dari harga kuda poni ini sendiri, harga kuda kecil sejenis kuda poni, harga kuda tunggangan jenis kuda poni, harga kuda mini serupa dengan kuda poni, sampai ketika kuda poni saat menjadi harga jual kuda import, dan termasuk dalam kategori harga kuda Sumbawa.

Seperti yang kita ketahui, dan sudah disebutkan di atas, terkai harga kuda poni di Indonesia bisa mencapai milyaran rupiah. Dan minimalnya ratusan juta rupiah.

Seperti kado yang didapatkan Rafathar anak dari Rafi Ahmad dan Nagita, harga kuda poni yang dimilikinya seharga ratusan juta rupiah. Harga tersebut tentu disesuaikan dengan jenis kuda yang unggul dan berkualitas dari kuda tersebut.

Harga Kuda Tunggangan (Delman)

Hanya saja, pada umumnya memang kuda poni menjadi kuda tunggangan, dan harga kuda poni ketika menjadi kuda tunggangan ini tentu berbeda, dari kuda hias yang dipakai untuk sendiri seperti kado yang didapat Rafathar.

Di Bekasi dan Jakarta sendiri, peternak kuda poni menawarkan kudanya untuk keperluan bisnis kuda tunggangan bahkan kuda delman itu harga kuda tunggangan nya senilai Rp11 juta sampai Rp40 juta.

Lagi-lagi harga tersebut akan disesuaikan dengan jenis kuda. Namun rata-rata memang yang digunakan adalah kuda poni asli lokal, atau yang disebut dengan kuda sandel di atas.

Namun rata-rata untuk harga kuda Sumbawa yang dijadikan kuda tunggangan ini memang cukup mura. Rata-rataya baik harga kuda tunggangan, harga kuda delman, sampai harga kuda kecil dan harga kuda mini seperti kuda poni ini mencapai Rp14 juta rupiah per ekornya.

Baca Juga: Penyakit yang Sering Menyerang Kuda

Nah itulah tentang harga kuda poni yang bisa kita ketahui. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya di ayobudidaya.com, selamat bertemu di artikel menarik lainnya. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *