harga kambing etawa 2020

Harga Kambing Etawa 2020, Ini Daftar Terbarunya

Harga Kambing Etawa pada tahun 2020 ini semakin hari semakin menggiurkan. Namun, semakin hari semakin dicari. Meski harga di setiap tahunnya tentu mengalami kenaikan, sesuai dengan ketersediaan dan permintaan pasar.

Bahkan antar daerah berbeda-beda. Yang jual kambing etawa di Bogor pasti harganya berbeda dengan yang jual kambing etawa Jakarta. Begitu juga perbedaan diwilayah Sumatera, misalnya Riau, Lampung, dan wilayah lainnya.

Hal ini tentu karena dipengaruhi keberadaan lokasi pasar di masing-masing daerah. Ini juga berlaku baik untuk kambing etawa kaligesing maupun kambing etawa senduro. Baik etawa, maupun peranakan etawa.

Maka, tak bisa kita samakan antar satu daerah. Yang jelas, semakin mutu bagus, maka semakin mahal pula harganya. Baik dari harga anakan, sampai indukan, dan kambing yang sudah memproduksi susu.

Untuk itu usaha ternak kambing sangatlah menggiurkan. Terlebih kita bisa melakukan budidaya yang baik dan benar. Berikut yang bisa kita baca, cara ternak kambing yang menguntungkan.

Berbicara harga juga tentu akan berbicara tentang kualitas. Maka, jika harga yang diinginkan rendah dari harga pasaran tentunya kualitasnya juga akan dibawah kualitas pasaran. Demikian sebaliknya.

Maka dalam setiap pembelian hewan ternak, baik untuk diproduksi, pembibitan, ataupun untuk keperluan lainnya harus diperhatikan mutu dari ternak yang akan diambil.

Apalagi kambing etawa. Kambing yang kaya akan manfaat. Untuk pejantan bisa menjadi ternak pedaging, dan yang betina bisa menjadi ternak yang diambil susunya. Sehingga, produksi yang didapatkan optimal.

Karena ketika berbicara tentang usaha ternak termasuk kambing etawa, maka akan berbicara juga untung ruginya ternak kambing.

Harga Kambing Etawa Betina 2020

harga kambing etawa 2020
Daftar Harga Kambing Etawa 2020

Untuk itu, beberapa informasi berikut ini diharapkan mampu menjadi dasar, ataupun setidaknya menjadi daftar perkiraan harga-harga kambing yang berlaku di pasaran, terkhususnya, kambing etawa betina maupun kambing peranakan etawa.

  1. Cempe Kambing Etawa Umur 4-5 bulan, Tinggi 60 cm ke atas, harganya Rp1 – Rp1.2 juta.
  2. Cempe Kambing Etawa Umur kurang 7 bulan, Tinggi 65 cm ke atas, harganya Rp1.3 – Rp1.5 juta.
  3. Kambing Etawa Dara Umur 8-12 bulan, Tinggi 70 cm ke atas, harganya Rp1.8 – Rp2 juta.
  4. Kambing Etawa Bunting Umur 10-14 bulan, Tinggi 70 cm ke atas, harga Rp2.3 – Rp2.5 juta.
  5. Kambing Etawa Laktasi 1, 2 & 3 Umur di atas 12 bulan, Tinggi 75 cm ke atas, harga Rp2.3 – Rp2.5 juta.
  6. Kambing Etawa Bunting / Siap Perah Umur di atas 12 bulan, Tinggi 75 cm ke atas, harga Rp2.8 – Rp3 juta.
  7. Kambing Etawa Laktasi 1, 2 & 3 Umur di atas 12 bulan, Tinggi 80 cm ke atas, harga Rp2.8 – Rp3 juta.
  8. Kambing Etawa Bunting / Siap Perah Umur di atas 12 bulan, Tinggi 80 cm ke atas, harga Rp3.3 – Rp 3.5 juta.
  9. Kambing Laktasi 1, 2 & 3 Umur di atas 12 bulan, Tinggi 85 cm ke atas, harga Rp3.3 – Rp3.5 juta.

Panjang = Tinggi + (2 atau 3 cm).

Silakan diperhatikan terkait perkiraan harga kambing etawa, di atas hanya taksir perkiraan, harga ternak kambing etawa betina bisa saja lebih murah dan bisa lebih mahal. Tergantung di daerahnya masing-masing.

Harga Kambing Etawa Jantan 2020

Berikut ini daftar harga untuk kambing pejantan, baik dari kambing etawa maupun kambing peranakan etawa. Berikut ini daftar harganya:

  1. Kambing Etawa Cempe Jantan Umur 4-5 Bulan, Tinggi 60 cm ke atas, harga kisaran Rp1.5 – Rp1.7 juta.
  2. Kambing Etawa Calon Pejantan belum poel, Tinggi 65 cm ke atas Rp1.8 – 2 juta.
  3. Kambing Etawa Jantan 5 Bulan Siap Kawin, belum poel, Tinggi 70 cm ke atas Rp2.3 – 2.5 juta.
  4. Kambing Etawa Jantan Siap Kawin, Poel Tinggi 80 cm ke atas Rp3.3 – 3.5 juta.
  5. Kambing Etawa Jantan Siap Kawin, Poel Tinggi 90 cm ke atas Rp4.3 – 4.5 juta.
  6. Kambing Etawa Jantan Siap Kawin, Poel Tinggi 95 cm ke atas Rp5.3 – 5.5 juta.

Panjang = Tinggi + (2 atau 3 cm).

Harga – harga tersebut disesuaikan dengan kualitas dari kambing atau grade. Namun, disarankan tidak membeli anakan cempe kambing etawa di bawah umur 4-5 bulan.

Hal ini dikarenakan resiko kematian pada cempe kambing etawa tinggi. Tinggi normal kambing etawa pada saat usia 4 bulan minimal 60 cm.

Harga di atas juga harga taksiran, bukan harga pasti. Sehingga, bisa coba dicek kembali yang ada di setiap daerah atau peternakan kambing etawa untuk mengetahui harga pastinya.

Baca Juga: Ini Artikel Lengkap Kambing Peranakan Etawa (PE)

Itulah tentang daftar harga yang bisa kita ketahui untuk membeli kambing etawa. Namun yang jelas yang harus kita ketahui harga ini setiap daerah berbeda.

Jadi antara Jogja, Jakarta, Bekasi, Bogor, Solo, Medan, Lampung, dan wilayah lainnya akan dikenakan harga yang berbeda beda.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian. Sampai jumpa di artikel ayobudidaya.com lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *