harga daging sapi 2019

Harga Daging Sapi 2020 di Pasar Tradisional dan Mall

Ayobudidaya.comHarga Daging Sapi 2020 sepertinya tak jauh berbeda dengan harga daging di setiap tahunnya. Memang harga daging ini tak luput dari perhatian masyarakat Indonesia, baik di kota maupun di desa.

Harga di pasar tradisional maupun supermarket atau mall, dari tahun 2019, 2020 maupun 2021 serta tahun tahun berikutnya. Demikian perputarannya.

Sebab daging, khususnya pada daging sapi kerap mengalami ketidakstabilan harga. Namun beberapa periode ini harga daging terpantau normal, dan mengalami kenaikan di waktu waktu yang juga normal.

Pemerintah juga terus berupaya melalui satuan kerjanya untuk menstabilkan harga daging 1 kg 2020 ini di setiap waktunya. Terlebih menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Harga 1 kg daging sapi di 2020 ini sebenarnya masih sama seperti harga daging 2018 dan 2019 lalu. Tak ada jauh perbedaan. Hanya saja di hari hari perayaan mengalami kenaikan, contoh lebaran, natal dan tahun baru.

Hari hari biasanya normal. Tapi lonjakan harga akan terjadi di hari raya. Nah biasanya harga sudah mengalami perbedaan. Tapi coba saja dicek di masing-masing wilayah.

Perkiraan Harga Daging Sapi 2020

Di Jawa Barat, menjelang Natal dan Tahun Baru justru harga daging terpantau normal. Salah satunya di Bekasi, Jawa Barat harga daging dikisaran Rp110 ribu sampai Rp120 ribu per kilogram (kg)-nya.

Tentu harga ini masih terhitung normal. Di Lampung harga 1 kg daging Rp115 ribu sampai Rp120 ribu. Namun ada juga di pasaran 1 kg-nya Rp95-105 ribu.

Harga daging 1 kg Rp120 ribu itu sudah harga normal dan standar di pasar-pasar. Artinya harga daging tidak ada lonjakan yang signifikan.

Jika mengalami kenaikan yang tinggi pun, konsumen akan beralih ke ayam potong atau daging lainnya. Maka dari kurun waktu ke waktu harga 1 kg daging akan terpantau stabil. Sebab harga sapi per ekornya di Indonesia juga terpantau stabil

Baca : Daftar Lengkap Harga Sapi 2019 di Indonesia

Baca : Harga Sapi di Indonesia: Biasa, Limosin, Pedet, Qurban Dll

Dari sapi lokal sampai sapi impor juga terpantau stabil. Terlebih sapi impor dengan dollar yang melemah dan rupiah menguat, harga sapi Impor dijual dibawah harga sapi lokal. Harga daging sapi impor bisa mencapai Rp90 ribu per kilogramnya.

Masing-masing bagian dari sapi memiliki harga yang berbeda-beda ya, dari daging, tulang, hingga ke buntut, kepala dan bagian jeroannya. Bahkan ada juga yang mengklafikasikan bagian daging. Dari daging has dalam, has luar juga dibedakan.

Misalnya lagi, harga daging sapi Januari 2019: harganya dipasaran tradisional dapat dibeli dengan harga

  • Daging Sapi Rp110 – 112 ribu per kg.
  • Harga daging sapi di Supermarket Rp120 – 130 ribu.
  • Harga daging sop Rp80 – 90 ribu.
  • Harga tulang iga Rp70 ribu.
  • Harga daging di Jakarta Rp129.150 ribu per kg

Selanjutnya rincian  – rincian tersebut bisa menjadi perkiraan kita tentang daging sapi dan harga-harganya di pasaran di hari hari besar di 2019, seperti hari raya Idul Fitri 2019 mencapai

  • Harga daging pada hari raya idul fitri 2019 Rp120-130 ribu.
  • Jika ada kelonjakan harga bisa mencapai Rp140 – 150 ribu per kilogram.

Baca : Harga Sapi Qurban Idul Adha 2019

Terkait harga daging, sebenarnya di hari raya idul adha harga daging di pasarang justru menurun, baik sapi maupun kambing. Hanya saja, untuk seekor sapi yang akan dijadikan qurban biasanya mengalami kenaikan. Namun memang tidak signifikan.

Maka dari itu, sebelum membeli daging maupun seekor sapi sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu dan perbandingan harganya. Namun memang harga di pasar tradisional biasanya lebih murah dari pada di supermarket atau mall.

Harga di warung warung sayur biasanya juga memiliki selisih. Berikut manajemen alur penjualan daging dan sapi di Indonesia:

Baca:

  1. Sistem Pemasaran Daging Sapi di Indonesia
  2. Sistem Distribusi Daging Sapi di Indonesia

Nah, beberapa hal di atas bisa kita pelajari. Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga mendapatkan harga per kilogram daging sapi di 2019 dan 2020 ini dengan harga terbaik dan terjangkau.

Tapi memang yang harus dipahami di setiap event hari raya pasti akan ada kenaikan harga. Hal ini tentunya dinilai wajar, sebab banyak permintaan namun stok yang juga terbatas.

Namun biasanya banyak daging yang keluar dan dijual di pasaran, baik dari peternak tradisional – peternak rakyat, maupun dari perusahaan besar. Sehingga terkait daging sebenarnya ada banyak pilihan.

Berbicara daging memang ini cukup mewah ya. Sekelas bakso saja kini semakin harga satu porsinya semakin mahal. Ini karena memang harga daging yang semakin hari terus mengalami kenaikan. Tapi tentunya biasanya sudah terkontrol, sehingga harga di pasaran tetap aman.

Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *