harga daging kambing 2019

Daftar Harga Daging Kambing Terbaru

Harga Daging Kambing di Indonesia sebenarnya masih serupa dengan harga daging sapi, di 2019 harga harga daging tak mengalami perubahan ataupun kenaikan yang signifikan, masih stabil. Bisa jadi di 2020 sama demikian.

Di hari hari besar, seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru harga harga daging ini, termasuk daging kambing juga tak begitu tinggi kenaikannya.

Apalagi di hari raya Qurban. Sebab, harga hewan qurban sudah tinggi, dan masyarakat muslim umumnya telah mendapatkan dari masjid-mushola terdekat.

Baca:

  1. Harga Hewan Qurban Idul Adha 2019

  2. Harga Daging Sapi 2019 di Pasar Tradisional dan Mall

 

Nah harga harga inilah yang kerap dipertimbangkan para pembeli, baik di kota maupun di desa, baik di pasar tradisional maupun di mall supermarket.

Setiap wilayah juga berbeda-beda harga untuk per 1 kg daging kambing. Contohnya saja, harga daging kambing Jogja akan berbeda dengan di Bandung. Sejak 2018, 2019 dan 2020 mungkin perbedaanya juga tidak terlalu signifikan.

Begitu juga wilayah wilayah lain seperti harga 1 kg daging kambing Semarang dan di Medan. Hal ini disebabkan kondisi per wilayah dan ketersediaan dari daging kambing itu sendiri.

Harga Daging Kambing Muda dan Super

Untuk menikmati daging kambing, banyak yang menyarankan memilih daging kambing muda. Karena lebih enak. Bahkan sudah banyak penjual daging kambing baik muda ataupun tua yang bisa kita temui di pasar pasar.

Untuk harga sebenarnya tidak jauh berbeda antara kambing tua dan muda. Namun, sebagian beranggapan kambing muda lebih mahal.

Berikut ini daftar harga daging per 1 kilogram baik pada kambing tua maupun kambing muda pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Daging Kambing Muda – Fresh Lambs Meat Rp110.000,00 – Rp198.000,00
  2. Harga tetelan daging kambing Rp30.000 – 45.000
  3. Harga daging, tetelan, tulang, di pasar pasar tradisional di kota kota besar Rp35.000, Rp35.000 – Rp80.000, sampai Rp80.000 – Rp150.000.
  4. Harga promo daging kambing muda domba muda 250gr – import Rp55.000.
  5. Harga daging murni kambing muda Rp168.000,00
  6. Daging kambing muda, domba import, paha kambing utuh Rp148.000,00.
  7. Harga Daging Paha Kambing Muda / Domba Impor / AUS Lamb Leg Bone / Daging Kambing Slice import / Kambing Muda Slice @500gr – Tidak Bau, Rp80.000,00
  8. Daging Kambing Slice Import / Kambing Muda Slice @500gr – 1pack = 500gr – Frozen – Tidak Vaccum Pack – Wraping pack Rp177.000,00
  9. Harga daging kambing lokal baru, daging tanpa tulang, cocok untuk sate, gulai, semur, dll, untuk pemesanan s/d jam 12 siang, Rp550.000,00

Baca: Daftar Lengkap Harga Sapi 2019 di Indonesia

Beberapa harga tersebut sebenarnya masih jangkauan normal. Tidak terlalu signifikan. Harganya pun sama dengan harga daging sapi. Bahkan harga seekor kambing juga masih diangka kisaran normal Rp2 jutaan. Bahkan ada yang dibawah itu.

Harga ini juga tak berubah seperti harga sapi per ekornya. Namun memang setiap daerah akan berbeda-beda. Hal ini sebenarnya lebih pada ketersediaan dan faktor kondisi daerah masing-masing wilayah.

Tips Memilih Daging Kambing Berkualitas

Selain persoalan harga, tak kalah penting adalah cara memilih daging kambing yang benar, sehingga daging kambing yang dibeli dengan harga yang lumayan tinggi adalah daging super dan berkualitas,

Caranya adalah dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Mencari daging berwarna pink kecokelatan, ada lapisan lemak putih krem.
  2. Daging berwarna abu abu sebaiknya dihindari, bahkan daging yang terlalu berdarah pun demikian. Selain itu daging memiliki lemak berminyak kuning dan sangat banyak.
  3. Untuk usia dan jenis hewan biasanya membuat warna daging berbeda-beda. Untuk kambing tua biasanya daging cenderung gelap,

Baca Juga: Daftar Harga Kambing Etawa 2019 Terbaru

Nah itulah daftar harga yang bisa kita menjadi analisa dan patokan. Semoga selisihnya tak terlalu jauh. Tetapi biasanya ada harga ketetapan juga dari pemerintah.

Sebenarnya secara singkat gini, kalau pasokan banyak harga akan murah dan turun. Jika sedikit dan permintaan banyak, harga akan tinggi.

Itulah yang bisa ayobudidaya.com sampaikan, semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Mery Kusyeni Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *