Ciri Ciri Khusus Kuda dan Fungsinya

Ciri Ciri Khusus Kuda dan Fungsinya yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ciri ciri khusus kuda dan fungsinya yang sedang kamu cari tahu ini sebenarnya sudah sangat lengkap saya tulis di Ayobudidaya.com. Saat itu saya menuliskan tentang berbagai macam artikel tentang kuda, termasuk ciri-ciri fisiknya.

Namun, untuk menspesifikasikan, mana yang menjadi ciri-ciri khusus kuda dan fungsinya yang banyak juga dari kita belum mengetahuinya.

Ciri ciri khusus pada kuda ini bisa disebut juga sebagai ciri khas kuda. Karena memang tampila kuda yang khas yang akhirnya orang akan paham, ketika melihat beberapa bagian tersebut akan menegaskan bahwa yang dilihatnya adalah kuda. Ciri ciri khusus kuda itu ada 5, fungsi yang ada pun beraneka macam.

Misal kita di Indonesia, kuda-kuda di Indonesia juga memiliki jenis dan ciri fisik kuda yang berbeda dengan kuda lainnya di luar Indonesia.

Namun, secara khusus, ciri-ciri kuda dan fungsinya sama. Atau kamu bisa cek ciri fisik kuda di Indonesia dan Asia Tenggara. Terlebih budidaya kuda di Indonesia pun sudah dilakukan, mengikuti jejak budidaya kuda di dunia.

Dan untuk melengkapi informasi tentang kuda, sebeleum mempelajari ciri ciri khusus kuda dan fungsinya, cek artikel di bawah ini juga :

Baca : Penyakit yang Sering Menyerang Kuda

Baca : Cara Merawat Anak Kuda, Kuat Dalam Pacu

Ciri Ciri Khusus Kuda dan Fungsinya yang Harus Diketahui

Ciri Ciri Khusus Kuda dan Fungsinya

Adapun ciri-ciri kuda yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki sepatu di keempat kakinya berfungsi untuk melindungi kaki kuda agar tidak sakit saat berjalan atau berlari.
  2. Berekor panjang fungsi nya untuk menjaga keseimbangan kuda saat berdiri/berjalan/berlari.
  3. Memiliki bulu berfungsi untuk melindungi tubuh kuda agar tidak kedinginan dan tidak terkena sinar matahari langsung .
  4. Memiliki 4 kaki berfungsi untuk berjalan/berdiri/berlari dan juga untuk menopang tubuhnya.
  5. Menyusui(mamalia) funsinya untuk menyusui anak nya yg baru lahir.

Fakta Menarik Dari Ciri Ciri Kuda

harga kuda poni
Harga Kuda Poni

Selain ciri-ciri khusus tentang kuda di atas, ada juga fakta menarik dari ciri ciri kuda yang harus kita ketahui, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kuda yang berlari cepat, tenaga yang dikeluarkan semakin menurun.
  2. Ternyata kuda bisa tidur berdiri. Kenapa? Alasannya karena kuda memiliki tulang yang mengunci tubuhnya agar tidak terjatuh.
  3. Kuda memiliki pandangan mata yang luas, meski hanya ada dua mata. Alasannya karena kuda memiliki dua titik buta pada matanya, yakni tepat berada dihadapannya. Alasan itulah yang menjadikan kuda dapat dengan luas melihat objek yang berada di depannya.
  4. Fakta menarik kuda dari hewan yang pekerja keras dan kekar ini hanya memerlukan waktu istirahat selama empat jam dalam sehari. Kebayangkan bagaimana kuda menjadi kendaraan perang dan saat ini sebagai alat transportasi wisata.
  5. Punggung kuda diakui sangat hebat. Sebab bisa mengangkut beban
  6. Tahukah kamu? Ada fakta menarik kuda bisa hidup sangat tua. Seperti Old  Billy yang hidup sampai usia 62 tahun. Dan Old Billy memegang rekor kuda tertua di dunia. Jadi, bukan hanya kuda tertua di Indonesia nih. Mantap ya.
  7. Ssstt. Jangan ngomong sembarang dekat kuda. Pasalnya, fakta menarik kuda dengan ciri-ciri telinga kuda yang biasa aja, ternyata si kuda memiliki pendengaran yang sangat sensitif loh.
  8. Nah ini, jangan beri arahan berlebih pada kuda yang ditunggangi. KArena, kuda hanya mampu memahami arahan dalam satu kata saja.
  9. Fakta menariknya lagi, ternyata kuda bisa mengenali bau kita loh saat lagi bersamanya. Makanya tak heran, kuda menjadi penurut dengan orang yang kerap bersamanya.
  10. Kuda juga kerap dijadikan hewan pedaging, dan dimanfaatkan dagingnya. Hal ini terlebih lagi, kuda adalah hewan pedaging yang memiliki sedikit lemak.

Kesimpulan Tentang Kuda

Saat ini, komoditi kuda sebagai binatang peliharaan sudah masuk sebagai komoditi mewah. Kuda pacu terutama memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Karna itula, olah raga berkuda merupakan olah raga mewah

Nah, secara khusus itulah ciri ciri kuda yang bisa kita pelajari, ada 5 ciri khusus yang saya perhatikan dan menyamakan persepsi dengan beberapa artikel lainnya yang terkait. Gimana, sudah paham kan dengan 5 ciri khusus kuda dan fungsi yang dimilikinya.

Selain itu, hal ini juga menandakan Cara Beternak Kuda Dengan Mudah itu bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk peternak kuda di Indonesia. Terimakasih. Sampai bertemu dilain kesempatan di lain artikel. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *