Ciri-Ciri Kambing Etawa Super

Perhatikan! Ini Adalah Ciri-Ciri Kambing Etawa Super

Ciri-Ciri Kambing Etawa Super – Ada banyak yang bisa dijadikan kriteria dalam menentukan kambing super dan tidak, mana kambing yang bagus dan tidak, serta mana kambing yang sehat dan tidak. Ciri-ciri kambing etawa super tentunya juga akan beriring dengan ciri-ciri kambing etawa yang bagus. Apakah dia kambing etawa super besar, kambing etawa betina super, dan apakah kambing etawa jantan super?

Sementara, di Indonesia ada beberapa kesamaan antara kambing etawa dan kambing peranakan etawa (PE), lalu di mana letak perbedaan kambing etawa dan kambing pe. Namun secara fisik tidaklah jauh berbeda. Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang ciri fisik kambing etawa. Karena banyak yang mengaku dipasaran jual kambing etawa super, untuk itu agar tidak dikelabuhi, kita harus memahami seperti apa ciri-ciri kambing etawa super dan yang tidak.

Ciri-Ciri Kambing Etawa Super

Ciri fisik kambing etawa yang super adalah sebagai berikut :

A. Bentuk Kepala

Berdasarkan faktanya, kambing etawa memiliki kriteria nilai terbanyak dikatakan sebagai kambing etawa super adalah dari bagian kepala. Dan dalam kontes kambing etawa, nilai terbanyak didapatkan dari kepala kambing etawa, dan bentuk fisik kepala Kambing Etawa Super sebagai berikut :

  • Bentuk dahi cunong, melengkung seperti separuh bola, orang jawa engatakan (njeruk seseung)
  • Bentuk mata sipit, bola mata lebih masuk dari tulang atau pipi kambing, umumnya mata kecil.
  • Gomba lebih lebar dan tebal seperti halnya gomba sapi.
  • Telinga panjang melipat rapi dan terkulai ke bawah.
  • Tanduk mengarah kebelakang, bulat dan mengikuti bentuk kepala bagian belakang.
  • Bibir kambing etawa yang masih memilik sifat keaslian cenderung cadil, bibir bawah lebih panjang dibandingkan bibir bagian atas.
  • Hidung pesek, bentuk hidung masuk kedalam, kalau dilihat dari samping tidak kelihatan hidungnya.

B. Warna bulu

Pada umumnya warna bulu kambing etawa adalah kepala hitam badan putih atau kepala merah badan putih. Dan memang, dalam warna bulu, kambing etawa antara lain hitam putih dan cokelat putih.

C. Rewos

Kambing etawa memiliki bulu rewos lebih panjang dibandingkan dengan kambing jenis lainnya. Ukuran standar panjang rewos kambing minimalnya adalah 24 cm.

Baca : Ternyata Ini, Ciri Kambing Peranakan Etawa Mandul

D. Ekor

Ekor kambing etawa yang bagus dan menarik berbentuk tegak dan berbulu lebat (mompyor).

E. Bentuk Kaki

Bentuk kaki kambing etawa super adalah memiliki kaki yang kekar dan besar, dan dari segi tulangan kambing etawa juga harus lebih besar dan kokoh.

F. Bentuk Tubuh

  • Bentuk badan proporsional, untuk kambing etawa betina tinggi maksimal bisa mencapai 75-80 centimeter, sedangkan untuk kambing etawa jantan rata rata tinggi di antara 90-100 centimeter bahkan lebih.
  • Untuk kambing etawa betina bentuk puting hanya memiliki 2 buah, sementara bentuk ambing besar.
  • Untuk kambing etawa jantan, warna testis berwarna hitam mulus, mengapa? hal ini dikarenakan dari segi keturunan genetiknya lebih baik.

Itulah ciri ciri kambing etawa super yang bisa kita pelajari. Dan ciri-ciri ini juga yang bisa kita lihat di kambing etawa kaligesing dan kambing etawa ras senduro. Hanya saja kambing etawa ras senduro lebih dominan putih dan jarang memiliki tanduk. Dan beberapa peternak yang kerap berdiskusi dengan ayobudidaya.com juga lebih mengarahkan kambing etawa super adalah serupa dengan kambing etawa kaligesing. Semoga dengan artikel ini kita bisa membedakan kambing etawa super dan tidak.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *