cattle yard pada peternakan sapi potong

Cattle Yard Pada Peternakan Sapi Potong

Ayobudidaya.com – Artikel tentang cattle yard pada peternakan sapi potong ini adalah artikel sederhana yang saya buat sebagai salah satu bahan untuk mempersiapkan skripsi, karena saya akui mencari pustaka tentang cattle yard dengan bahasan Bahasa Indonesia sangatlah sulit. Berikut ini artikel sederhanaya.

Sistem Cattle Yard Pada Feedlot di Indonesia?

Permintaan atau kebutuhan masyarakat terhadap daging sapi di Indonesia meningkat. Peningkatan ini terjadi karena adanya kemajuan cara pandang masyarakat Indonesia tentang pemenuhan kebutuhan gizi (Muktiani, 2011). Dalam memenuhi kebutuhan gizi, peternak dituntut untuk mampu menghasilkan kualitas daging yang baik.

Dalam menghasilkan kualitas daging sapi yang baik, hingga dapat disebut sebagai daging yang bermutu dan berkualitas tinggi maka peternakan sapi potong harus memerlukan modal dasar manusia yang mampu menguasai ilmu dan teknologi terapan agar mampu diimplementasikan dengan baik pada perusahaan peternakan sapi potong yang dikelolanya.

Sementara para karyawan pun menginginkan pola kerja yang dapat menjamin kenyamanan dan kemanan dalam bekerja. Untuk itu perusahaan dan karyawan yang menjadi modal dasar kunci keberhasilan perusahaan peternakan harus mampu bersinergi antara menyiapkan teknologi terapan dan bagi para pekerja mampu menguasai ilmu dan menerapkan teknologi yang ada.

Hal ini juga memiliki peranan dalam melakukan manajemen pemeliharaan sapi pedaging atau biasa disebut sebagai cattle feedlot. Dengan demikian, input-output yang diharapkan adalah perusahaan peternakan sapi potong dan karyawan juga bisa memastikan kesejahteraan hewan ternak sapi sehingga dapat menghasilkan daging yang sehat dan berkualitas yang berasal dari hewan yang sehat dan sejahtera.

Dalam hal ini kehadiran cattle yard pada peternakan sapi potong dinilai penting bagi hewan tersebut. Cattle yard merupakan tempat atau kandang penampungan ternak sapi (Petherick, J. Carol., Dogan, Vivienne J., dkk, Tahun 2009). Bahan yang digunakan untuk kandang ini dari kayu atau besi. Bentuk bangunan cattle yard adalah lingkaran dan hindarkan yang bersudut. Ukuran bangunan tergantung jumlah sapi.

Kehadiran Cattle Yard diharapkan mampu memudahkan seluruh pekerjaan para pekerja di dunia peternakan, khususnya di perusahaan sapi potong. Misalkan, untuk memudahkan memindahkan ternak di antara lokasi yang berbeda, vaksinasi, pemberian obat-obatan, perawatan kuku, inseminasi buatan, penandaan telinga, pemerahan susu, dan pemuatan ke truk. Ada masalah khusus dengan sapi jantan, yang terus menyebabkan sejumlah besar korban luka dan korban tewas dalam produksi susu.

Untuk mengurangi jumlah korban luka saat menangani hewan di peternakan sapi perah, penting untuk memahami faktor kunci dalam interaksi manusia-hewan. Ini termasuk sikap dan perilaku pawang atau pekerja atau karyawan di peternakan sapi potong itu sendiri, perilaku hewan, dan ketakutan pada sapi.

Perhatian saat berada di dekat hewan adalah kunci untuk penanganan yang aman, termasuk pengetahuan tentang zona penerbangan, dan penggunaan jenis peralatan yang tepat dan perlengkapan pengaman yang sesuai. Dengan demikian, untuk menciptakan kondisi kerja yang aman selama penanganan ternak, penting untuk memberi pegangan pelatihan yang memadai dan untuk menetapkan prosedur manajemen keselamatan yang baik di pertanian.

Selain itu, adanya Cattle Yard juga digunakan sebagai penanganan ternak dalam produksi susu dan persoalan ternak sapi yang dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan dan keselamatan dalam pemeliharaan maupun penanganan. Maka dengan adanya Cattle Yard di perusahaan tersebut dapat memudahkan penanganan luka fatal dan tidak fatal yang masih terjadi saat menangani ternak.

Maka kehadiran Cattle Yard pada suatu peternakan sapi potong dinilai penting. Bahkan, diharapkan peternakan tradisional juga bisa menggunakan skema cattle yard dengan sederhana, untuk menjamin para pekerja dan ternaknya sama-sama merasakan keamanan dan kenyamanan kerja yang baik.

Baca:

Analisa Usaha Penggemukan Sapi Potong

Jenis-Jenis Sapi Lokal Asli Indonesia

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *