cara ternak sapi betina

Cara Ternak Sapi Betina Yang Menguntungkan

Berikut ini adalah cara ternak sapi betina yang tepat sehingga ternak sapi yang dilakukan menguntungkan peternaknya dan memiliki perputaran budidaya yang cepat.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia peternakan sapi tumbuh subur, baik peternakan rakyat maupun peternakan besar. Selain ituy, diketahui angka kelahiran bayi sapi juga mencapai sekitar 5 juta per tahunnya.

Belum lagi adanya potensi sumber daya alam yang bisa digunakan sebagai pakan ternak yang melimpah di Indonesia. Maka masih bisa meningkatkan produktivitas sapi dan jumlah angka kelahiran ternak sapi.

Untuk itu diperlukan cara ternak sapi betina yang baik dan benar serta menggambarkan budidaya yang menguntungkan. Sehingga bisa mengetahui untung rugi ternak sapi itu seperti apa dan seberapa besar.

Cara Ternak Sapi Betina

Sebenarnya dalam cara ternak sapi betina masih sama saja dengan cara beternak sapi bagi pemula yang pernah saya tulis sebelumnya. Dan berikut ini tips cara ternak sapi betina yang akan membantu budidaya sapi betina.

Pertama, yang bisa dilakukan adalah modal. Biasanya, peternak akan memikirkan ternak sapi modal kecil. Namun sekecil kecilnya modal dalam ternak sapi cukup lumayan besar. Karena modal yang dikeluarkan bisa 15 juta sampai ratusan juta.

Kedua adalah bibit yang digunakan. Sebaiknya gunakan indukan sapi betina yang unggul dan berkualitas. Karena dalam cara beternak sapi indukan juga harus bisa menghasilkan jenis bibit yang baik, sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Bibit ternak sapi yang berkualitas unggul juga mempengerahui sukses tidaknya ternak sapi. Berikut jenis sapi sapi yang bisa dijadikan bibit. Baca juga: Jenis-jenis sapi lokal.

Dari sapi ongole, sapi peranakan ongole (PO) sampai sapi Bali dan sapi Madura. Jenis-jenis sapi lainnya, silakan dibaca selanjutnya.

Dan berikut ini masing masing harga sapi dan harga anakan sapi yang bisa digemukan maupun untuk menjadi indukan sapi, baca selanjutnya:

Itulah informasi yang diperoleh terkait bibit maupun indukan sapi yang bisa digunakan dalam cara ternak sapi betina ini. Selanjutnya, pada tahapan ketiga kita bisa membuat kandang yang nyaman bagi sapi.

Baca Juga: Cara Penggemukan Sapi Limosin Agar Cepat Gemuk

Dalam beternak sapi, baik cara penggemukan sapi potong maupun cara ternak sapi betina dibutuhkan kandang yang luas. Ukuran kandangnya setidaknya sebagai berikut:

  • Ukuran tempat sapi minimum 1,5x 2,5 meter per ekor, atau 2,5 x 2 meter.
  • Jauh dari pemukiman warga.
  • Ukuran kandang sapi betina dewasa yang nyaman per ekornya adalah 1,8 x 2 meter.
  • Ukuran kandang sapi betina anakan yang nyaman per ekor adalah 1,5 x 1 meter.

Keempat, untuk pakan sapi yang digunakan harus benar-benar diperhatikan. Nanti kita akan bahas apa saja pakan yang dibutuhkan dalam ternak sapi, di sub judul di bawah ini. Namun yang jelas kebutuhan pakan ternak sapi adalah hijauan dan system pakan fermentasi.

Kelimat, cara ternak sapi betina yang baik adalah dengan tidak lupa memandikan dan membersihkan tempat sapi. Hal ini untuk menghambat kuman dan perkembangan penyakit ternak sapi lainnya. Setidaknya 2 kali sehari.

Jenis Pakan Sapi betina

Berikut ini pakan ternak sapi yang bisa diberikan dalam cara ternak sapi betina. Ada yang menggunakan hijauan ada yang menggunakan konsentrat dan ada juga pakan fermentasi (Baca: cara membuat fermentasi jerami). Adapun pakan yang diberikan pada sapi betina adalah sebagai berikut:

A. Pakan Hijauan

Dalam cara ternak sapi betina, pakan hijauan tidak boleh terlewat dan setidaknya tersedia. Karena kebutuhan pakan hijauan bisa mencapai 80 persen dari 100 persen kebutuhan pakan ternak sapi.

Pakan hijauan ini dalam budidaya sangat baik untuk pertumbuhan, produktivitas dan masa penggemukan. Jenis jenis pakan hijauan di antaranya adalah jenis rumput-rumputan, siratro, lamtoro, gamal, centro.  Selain itu, ada juga daun lamtoro, limbah pertanian seperti jerami.

B. Pakan Konsentrat

Cara ternak sapi, baik cara ternak sapi betina maupun sapi apapun, pakan konsentrat juga perlu diberikan selain pakan hijauan. Pakan konsentrat adalah pakan penguat. Konsentrat ini umumnya terdiri dari dedak padi dicampurkan bungkil kelapa, tepung tulang dan garam dapur.

Pakan konsentrat penggunaan komposisinya adalah 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur, komposisi olahan tersebut harus sesuai jangan terlalu banyak salah satunya agar gizi seimbang untuk kebutuhan sapi.

Cara dan Waktu Pemberian Pakan Ternak Sapi betina

Dalam cara ternak sapi betina, adapu cara dan waktu untuk pemberian pakan ternak sapi betina ini baik pemberian pakan hijauan maupun olahan konsentrat diberikan tiga kali.

Waktu yang baik dan cocok untuk memberikan pakan ternak sapi ini adalah jam 8 pagi, 12 siang, dan 5 sore. Jadi tiga kali dalam sehari merupakan standar pemberiaan pakan untuk ternak.

Cara Agar Sapi Beranak Jantan

Selain itu dalam cara ternak sapi betina yang akan dinikmati hasilnya adalah hasil budidayanya, atau anakannya. Ini juga adalah salah satu cara menghasilkan bibit sapi yang berkualitas baik.

Dan rata rata peternak menginginkan sapi beranak jantan. Cara mendapatkan anak sapi jantan adalah dengan melakukan usaha breeding yang tepat dan sesuai dengan jenis kelamin sapi anakan yang sesuai diinginkan.

Adapun keinginan dan cara mendapatkan anak sapi jantan ini bisa diwujudkan dengan menggunakan inovasi teknologi. Diketahui ada 5 mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang membuat inovasi teknologi cara agar sapi beranak jantan.

Nah cara ini siapa tahu bisa dilakukan dan digunakan dalam cara ternak sapi betina ini. Kelimanya melakukan penelitian untuk menyortir spermatozoa X dan Y untuk menentukan jenis kelamin hewan ternak. Alat yang dihasilkan adalah SWIMP UP-SORTER.

Cara Membuat Obat Perangsang Sapi Agar Sapi Cepa Birahi

Atau agar memastikan sapi cepat birahi dan bisa hamil adalah dengan cara membuat obat perangsang sapi. Cara ini juga bisa menjadi salah satu alternatif yang dilakukan dalam cara ternak sapi betina.

Hal ini juga dilakukan sebagai upaya pemenuhan target kelahiran anak sapi. Namun dalam hal ini tentu seperti yang sudah disampaikan di atas butuh sapi indukan yang produktif. Maka penting juga mempelajari cara beternak sapi indukan dalam cara ternak sapi beina ini.

Dalam hal kesuburan dan birahi hingga akhirnya sapi siap kawin, sapi betina dipengaruhi banyak faktor. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan cara peningkatan kualitas pakan dan kesehatan sapi serta pengelolaan reproduksi sapi.

Cara yang bisa dilakukan secara alami adalah dengan memberikan kecambah atau toge kacang hijau dalam beberapa hari secara teratur. Jika secara alami ini berhasil, maka dari alat kelaminnya akan keluar lendir atau disebut sruweh. Saat itulah sapi siap kawin.

Cara yang dilakukan ini dinilai sebagai salah satu cara yang aman dan mudah dilakukan. Jika belum berhasil maka lakukan pemeriksaan terhadap kesehatan sapi.

Selain metode cara ini kita juga sebenarnya bisa menggunakan cara menggemukan sapi kurus. Setidaknya memperbaiki tumbuh kembang sapi yang akan dibudidayakan.

Itulah yang bisa dibagikan oleh ayobudidaya.com tentang cara ternak sapi betina, semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *