cara penggemukan sapi potong dengan cepat

Cara Penggemukan Sapi Potong Dengan Cepat

Penggemukan Sapi Potong merupakan bisnis ternak sapi yang diharapkan mampu menyediakan ketersediaan daging dan mampu menjaga ketahanan pangan baik lokal, nasional maupun internasional.

Sebab produk utama sapi adalah daging. Maka metode dan cara penggemukan sapi potong terus diupgrade. Hal ini selaras untuk menghasilkan ternak sapi dan hasil produksinya, seperti daging, serta hasil ikutan yang berkualitas.

Untuk itu, dalam beternak sapi potong diperlukan metode yang tepat agar masa produksi dalam ternak sapi potong bisa lebih cepat. Apalagi analisa ternak sapi saat ini adalah modal kecil untung besar dengan periode ternak yang cepat.

Dan seperti yang kita ketahui bersama peternakan sapi potong kini terus tumbuh dan berkembang, dari peternakan sapi potong rakyat dan peternakan sapi potong modern sekala industri besar.

Dan tahukah? Bahwa masing masing peternakan tersebut memiliki cara penggemukan sapi, baik dengan cara penggemukan sapi lokal, cara menggemukan sapi secara alami, maupun dengan metode usaha penggemukan sapi potong terbaru.

Penggemukan Sapi Potong

Dalam penggemukan sapi potong juga kita harus mengetahui jenis jenis sapi potong yang digunakan untuk usaha budidaya maupun usaha peternakan.

Karena jenis jenis sapi ada banyak tipe yang bisa digunakan, termasuk dengan jenis sapi lokal maupun jenis sapi perah yang ada di Indonesia.

Pada penggemukan sapi potong ada juga cara penggemukan sapi dalam waktu 40 hari, ada juga yang menggunakan obat penggemukan sapi agar sapi cepat gemuk dan cepat panen.

Misalnya saja penggemukan sapi limosin di peternakan besar, ada stimulan yang diberikan agar sapi nafsu makan, dan cepat gemuk. Begitu juga peternak bisa dalam mensiasati cara menggemukan sapi kurus.

Namun dalam hal ini cara penggemukan sapi potong yang akan kita jabarkan ada 4 cara. Di antaranya penggemukan sapi dengan kereman. Selanjutnya penggemukan sapi sistem Dry Lot Fattening. Ketiga, penggemukan sapi sistem gembala di padang rumput, dan terakhir penggemukan sapi dengan cara kombinasi.

Cara penggemukan sapi potong tersebut, merupakan cara cepat penggemukan sapi jantan maupun sapi betina yang dilakukan peternak agar ternak sapi potong dapat digemukan dengan cepat.

A. Cara Penggemukan Sapi Potong Dengan Kereman

Analisa Usaha Penggemukan Sapi Potong
Analisa Usaha Penggemukan Sapi Potong

Metode ini adalah metode hasil modifikasi dry lot fattening. Penyesuaian beberapa kondisi lokal pun dilakukan, misalnya pakan konsentrat yang diberikan hanya satu atau dua jenis seperti dedak padi dan ampas tahu.

Pada pemeliharaan sapi dengan sistem kereman ini, sapi dipelihara dalam kandang. Untuk pemenuhan kebutuhan makanan, rumput sudah disiapkan oleh pekerja untuk dikonsumsi sapi setiap hari.

Lama pemeliharaan sapi biasanya tidak lebih dari 6 bulan. Jadi pada sistem ini sapi tidak pernah digembalakan. Setelah masa pemeliharaan, sapi siap dijual di pasaran. Baik dengan sistem pemasaran ternak sapi maupun sistem pemasaran daging sapi di Indonesia.

Setelah itu, kandang dibersihkan dan kotoran digunakan sebagai pupuk kandang. Kemudian, kandang diisi kembali dengan bakalan sapi potong yang baru. Cek di sini, harga bakalan sapi potong.

Penggemukan sapi potong dengan sistem penggemukan kereman ini dinilai paling cocok dengan kondisi di negara Indonesia, khuasusnya di Pulau Jawa. Ini karena kondisi geografis dan cuaca.

B. Penggemukan Sapi Potong Sistem Dry Lot Fattening

Cara Menentukan Umur Sapi Potong
Sapi Potong

Selanjutnya, cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan cara penggemukan sistem dry lot fattening. Cara penggemukan sapi potong dengan sistem dry lot fattening ini memang memerlukan modal biaya ternak yang relatif lebih tinggi dari pada cara penggemukan lain.

Sementara, sebagian besar peternak rakyat menginginkan ternak sapi modal kecil namun memiliki hasil panen yang besar. Kenapa sistem ini mahal, dikarenakan sapi dikandangkan secara khusus dan tidak pernah digembalakan.

Dengan metode ini, sapi dipelihara dan digemukan di umur 8 sampai 12 bulan. Pemeliharaan cara ini dinilai lebih cepat karena hanya dilakukan selama 120 sampai 150 hari. Selain itu kita juga bisa dengan mudah menghitung keuntungan penggemukan sapi per ekor.

Maka sangat wajar, meski mahal namun ada yang menerapkan cara ini, karena ini menjadi salah satu cara cepat penggemukan sapi jantan, bahkan sebagian mengklaim cara ini merupakan cara penggemukan sapi dalam waktu 40 hari.

Dengan menggunakan metode inilah penambahan berat badan lebih cepat, karena sapi hanya dibiarkan tidur dan makan. Dengan demikian penambahan lemak menjadi tinggi. Namun cara ini menjadikan kualitas daging kurang maksimal karena banyak lemak yang terdapat di tubuh sapi.

Pakan yang digunakan, hijauan, dan konsentrat, serta obat penggemukan sapi untuk menstimulan agar sapi memiliki nafsu makan yang tinggi. Biasaya sapi yang digemukan dengan metode ini, sapi simental, sapi braman, sapi BX, sapi limosin, jenis sapi sapi dari luar Indonesia.

C. Penggemukan Sapi Potong Sistem Gembala di Padang Rumput

Cara Beternak Sapi Bagi Pemula
Cara Beternak Sapi Bagi Pemula

Sebagian besar peternak rakyat yang menjadikan ternak sapi potong sebagai investasi akan terapkan cara penggemukan sapi potong sistem gembala ini.

Bahkan, di beberapa peternakan besar dan di luar Indonesia juga masih terapkan sistem ini, dilepas di padang rumput penggembalaan. Rumput yang ditanam adalah rumput kalanjana, rumput Australia, rumput pangola, dan rumput ruzi.

Beberapa tanaman lain yang dapat menyeimbangkan zat gizi sapi potong selain mengonsumsi rumput rumput di atas adalah jenis lamtoro, petai cina, dan turi.

Dengan metode ini tidak perlu diberikan makanan tambahan berupa konsentrat. Satu satunya makanan sapi potong yang diternakan dengan cara ini adalah rumput.

Daerah di Indonesia yang menerapkan metode ini adalah Nusa Tenggara Barat (NTB). Keuntungan menggemukkan sapi dengan sistem penggembalan sebagai berikut:

  1. Tengaga kerja yang dibutuhkan hanya sedikit karena tidak perlu mengeluarkan upah untuk pencari rumput dan pegawai pemberi makanan.
  2. Modal yang dikeluarkan peternak relatif lebih sedikit, khususnya untuk pembelian pakan dan pembuatan kandang.
  3. Biaya dapat diinvestasikan pada pembebasan lahan dan membeli bakalan sapi. Cek di sini, harga anak sapi.

Cara ini juga merupakan ternak sapi modal kecil yang digunakan sebagai cara beternak sapi pemula yang paling mudah. Namun memang dari sekian banyak keuntungan ada kekurangan yang dimiliki sistem ini.

Kekurangan penggemukan sapi potong dengan sistem gembala di padang rumput adalah:

  1. Tingkat produktivitas sapi tidak bisa diprediksi.
  2. Tingkat kemanaan lebih beresiko, karena tanpa kandang.
  3. Sarana transportasi kurang.
  4. Hasil penggemukan sapi potong tidak sama antar sapi.
  5. Lahan harus subur, karena penyedia pakan tunggal.

D. Cara Penggemukan Sapi Potong Dengan Cara Kombinasi

cara penggemukan sapi potong dengan cepat
cara penggemukan sapi potong dengan cepat

Terakhir ini penggemukan sapi potong yang bisa kita lakukan adalah dengan cara kombinasi. Dimaksudkan cara kombinasi yakni dengan penggembalaan dan dengan cara kereman.

Metode ini memang jarang digunakan sebagai cara cepat penggemukan sapi jantan. Karena memakan biaya yang sangat tinggi dibandingkan dengan metode yang sudah disebutkan di atas.

Modal ternak sapi potong tertinggi dengan cara ini besar di biaya pembuatan kandang dan pembebasan lahan serta gaji kaaryawan yang tinggi.

Metode ini melakukan pemeliharaan sapi di kandang pada waktu pakan hijauan menipis. Pada saat musim kemarau pun sapi diberikan konsentrat. Sebaliknya pada musim penghujan, rerumputan di padang rumput yang mulai menghijau, sapi baru mulai digembalakan.

Baca Juga Artikel Berikut:

1. Analisa Usaha Penggemukan Sapi Potong

2. Cara Menentukan Umur Sapi Potong

Itulah informasi tentang cara penggemukan sapi potong dengan cepat yang bisa disampaikan ayobudidaya.com, semoga bermanfaat, dan sampai bertemu di artikel lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *