cara penggemukan sapi limosin

Cara Penggemukan Sapi Limosin Agar Cepat Gemuk

Cara Penggemukan Sapi Limosin bisa dilakukan tanpa ngarit. Ada banyak cara ternak sapi limosin agar sapi cepat gemuk. Salah satunya adalah ternak sapi limosin tanpa ngarit.

Dan dalam ternak sapi limosin tanpa ngarit ini kerap digunakan industri ternak besar atau perusahaan perusahaan penggemukan sapi. Dan rata rata juga cara cepat penggemukan sapi jantan yang cepat adalah ternak sapi tanpa ngarit.

Ternak sapi tanpa ngarit ini bisa juga disebut dengan cara penggemukan sistem dry lot fattening. Meski tanpa ngarit. Tapi cara ini juga tetap membutuhkan hijauan, dan diperkuat dengan konsentrat.

Namun beberapa perusahaan biasanya penggemukan ternak sapi, termasuk ternak sapi limosin dipacu dengan obat penggemukan sapi atau stimulan seperti vitamin. (Baca juga: harga anak sapi limosin).

Namun, pada peternakan kecil cara ini tidak bisa digunakan, karena cara penggemukan sapi limosin dengan cara dry lot fattening memerlukan modal yang tinggi dari pada cara penggemukan lainnya.

Kendati demikian, jika cara penggemukan sapi limosin atauypun cara cepat penggemukan sapi jantan dengan cara ini ditaksir bisa panen selama 120 sampai 150 hari pemeliharaan dengan penggemukan sapi di umur 8 sampai 12 bulan.

Cara Penggemukan Sapi Limosin

Selain penjelasan di atas, berikut ini juga adalah cara penggemukan sapi limosin yang sudah umum dilakukan peternak, dan tidak asing didengar.

Di antaranya bahkan diklaim sebagai salah satu cara penggemukan sapi dalam waktu 40 hari dan pastinya cara mengggemukkan sapi secara alami.

1. Cara Menggemukan Sapi Kurus

Pertama, yang bisa dilakukan adalah seperti cara yang sudah dijelaskan pada artikel tertaut ini. Jadi jika ternak sapi limosin kurus, cara penggemukan sapi limosin yang bisa dilakukan ada beberapa tahapan, di antaranya adalah dengan memaksimalkan pemberian pakan ternak sapi.

Pertama adalah pakan hijauan. Pakan hijauan untuk ternak sapi ini dianjurkan 85-100% dari jumlah pakan yang diberikan pada masa pemeliharaan.

Pakan hijauan adalah pakan yang diberikan kepada sapi dari alam seperti rerumputan dan daun pepohonan, serta hijauan kacang kacangan. Pakan hijauan ini di antaranya adalah:

  • rumput gajah
  • rumput raja
  • rumput setaria
  • daun bede
  • daun lamtorogum
  • daun turi
  • rumput kaliandra
  • daun gamal
  • limbah produksi kacang panjang
  • limbah produksi kedelai
  • limbah padi
  • limbah jagung

Selain penggunaan hijaun, penyertaan pakan tambahan sebagai penguat juga dapat diberikan konsentrat. Pakan konsentrat pada ternak sapi seperti, dedak padi, onggok (ampas singkong), dan ampas tahu.

Dedak, onggok dan ampas tahu adalah salah satu pakan tambahan untuk ternak termasuk sapi. Dalam pemberian dedak, onggok, maupun ampas tahu sebagai salah satu bahan pakan dalam cara penggemukan sapi limosin sebaiknya gunakan yang berkualitas baik.

Selain itu juga, peternak harus dapat memperhatikan kontaminasi yang terjadi, dan masihkah bahan pakan tersebut layak diberikan pada sapi sebagai pakan tambahan.

Terakhir dengan pemberian ramuan penggemukan sapi. Dalam ramuan penggemuk sapi adalah salah satu cara penggemukan sapi limosin secara alami. Ramuan ini bukan obat penggemuk sapi yang terbuat dari kimia. Tapi dari alam.

Contoh ramuan penggemuk sapi atau obat penggemuk sapi organik (alami) adalah jamu. Adapun ramuan penggemuk sapi limosin adalah penggunaan empon-empon.

Empon empon merupakan bahan-bahan seperti jamu, kunyit yang berfungsi untuk antikembung, jahe untuk penghangat badan, kencur untuk mencegah radang.

2. Sistem Penggemukan Sapi Limosin

Selain cara di atas, bisa juga dipadukan atau dikombinasikan dengan sistem penggemukan suatu peternakan berikut. Seidkitnya ada 3-4 sistem yang bisa digunakan, dari sistem kereman, sistem dry lot fattening, sistyem gembala di padang rumput, bahkan dengan sistem kombinasi di antara sistem yang ada.

Sistem penggemukan sapi limosin dengan berbagai metode tersebut sebenarnya sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, yakni, cara penggemukan sapi potong dengan cepat. Cek selengkapnya pada tautan artikel tersebut.

Dalam berbagai cara tersebut intinya adalah ketekunan, modal, dan semangat beternak. Karena ada yang ternak sapi modal kecil tapi butuh tenaga besar. Ada juga tenaga kecil tapi ternak sapi modal besar.

Di antaranya cara cara ini juga tak hanya sebagai cara penggemukan sapi limosin saja, tapi cara menggemukan sapi kurus pada umumnya sebagai salah satu cara cepat penggemukan sapi jantan.

Analisa Usaha Ternak Sapi Limosin

Selain mengetahui cara penggemukan sapi limosin, penting juga yang harus dipelajari adalah tentang analisa usaha ternak sapi limosin.

Namun analisa usaha ternak sapi limosin pada cara penggemukan sapi limosin sebenarnya sama dengan analisa usaha ternak sapi (baca selengkapnya) pada umumnya seperti yang telah ditulis pada artikel sebelumnya.

Berikut ini juga rekomendasi artikel terkait tentang ternak sapi, di antaranya, Analisa Ternak Sapi dan Keuntungan Usaha Budidayanya

Itulah informasi tentang bagaimana cara penggemukan sapi limosin agar cepat panen dan sapi cepat gemuk. Pelajari juga: Cara Beternak Sapi Bagi Pemula Ternyata Mudah, Ini Caranya.

Semoga bermanfaat. Sampai bertemu di artikel ayobudidaya.com lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *