Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok yang Ideal

Cara pembuatan kandang ayam bangkok (Ayobudidaya.com) – Dalam proses pembuatan kandang ayam bangkok yang ideal, peternak tidak bisa sembarang membuat kandang.

Karena ayam bangkok akan berkualitas rendah jika cara pembuatan kandang ayam bangkok tidak disesuaikan dengan kebutuhan ayam bangkok.

Hal ini menjelaskan bahwa, sebenarnya cara beternak ayam bangkok yang baik akan menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi.

Untuk itu, cara pembuatan kandang ayam bangkok juga sangat berpengaruh dalam tata cara beternak ayam bangkok aduan. (Baca juga : Pedoman cara beternak kambing).

Cara pembuatan kandang ayam bangkok yang ideal, terlebih bagi ayam petarung, kandang bukan saja sebagai tempat untuk makan dan tidur.

Tetapi juga sebagai tempat untuk menjaga kondisi fisik ayam itu sendiri. Maka dari itu dalam proses pembuatan kandang ayam tidak bisa asal–asalan dan sebisa mungkin buat ayam merasa nyaman berada di tempat tersebut.

Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok
Cara Ternak Ayam Bangkok Agar Menang Aduan

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara pembuatan kandang ayam petarung yang ideal yang harus kita ketahui dan pahami.

Terutama menjadikan kandang ini tempat yang aman dan juga tempat yang nyaman. Sehingga ayam bangkok terlindungi dan tetap menjadi terkuat.

Karena memang ayam bangkok baik buruknya kualitas, selain dipengaruhi pada pakan yang diberikan juga pada kandang yang digunakan.

Selain itu, ayam bangkok yang bagus dan berkualitas pun harus tetpa dijaga kondisinya agar tetap baik. Maka butuh kandang yang bagus dan ideal.

Apa saja yang bisa kita lakukan, misalnya saja seperti penjelasan berikut ini,

A. Bahan baku pembuatan kandang ayam bangkok

Kandang ayam bangkok memang tidak bisa sembarangan. Kandang ayam bangkok dapat dibuat menggunakan papan kayu, bambu, atau bisa juga dengan menggunakan kikisan rotan.

Buatlah kandang ayam yang sesuai dengan ukuran ayam. Pasalnya, pada akhirnya, ayam bangkok akan dipisah sesuai tingkatan umur untuk memudahkan dalam pemeliharaan, selain itu jenis ayam bangkok cenderung galak dan mudah untuk bertarung.

Kandang ayam bangkok dewasa sebaiknya dibuat rongga pada bagian bawah agar kotoran ayam bisa langsung jatuh dan memudahkan dalam pembersihan kandang.

Sedangkan untuk ayam yang masih berumur di bawah 3 bulan, sebaiknya tidak dibuat rongga karena akan membahayakan keselamatan ayam seperti terjepit.

B. Ukuran kandang ayam bangkok

Ukuran kandang yang memenuhi syarat sangat dibutuhkan agar ayam tidak stres dan menimbulkan beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan serta kualitas dari ayam itu sendiri.

Inilah ukuran ideal dalam cara pembuatan kandang ayam bangkok.

Selain itu, tingkatan umur dalam tata cara ternak ayam bangkok dan pemeliharaanya sangat penting untuk diketahui khususnya untuk pemisahan atau pengaturan kandang dan pemberian pakan ayam.

Misal, ayam anakan butuh 100 cm x 50 cm x 20 cm dengan jumlah 20 ayam. Lalu, anak ayam butuh luasan kandang 100 cm x 100 cm x 40 cm kapasitas 30 ekor.

Selanjutnya, ayam muda 100 cm x 100 cm x 60 cm dengan jumlah ayam 15 ekor. Terakhir, ayam bangkok dewasa dibuat khusus untuk 1 ekor ayam, yaitu dengan ukuran 30 cm x 30 cm x cm.

C. Perlengkapan kandang ayam bangkok

Perlengkapan kandang ayam bangkok harus diperhatikan. Karena ini termasuk sarana dan prasaran dalam pemeliharaan ayam bangkokm, seperti tempat makan, tempat minum, dan lampu untuk penerangan serta menghangatkan ruangan.

Sesuaikan dengan kebutuhan ayam bangkok yang akan diternakan.

Baca Juga: Kandang Ayam Petelur: Ukuran Besi, Kawat dan Bambu

Itulah beberapa hal yang bisa kita pelajari tentang cara pembuatan kandang ayam bangkok, baik dari ukuran kandang ayam bangkok hingga bagaimana membuat kandang bangkok yang ideal dan berkualitas.

Sehingga, harapannya tetap aman dan nyaman digunakan. Selain itu juga dapat memudahkan dalam beternak maupun dalam periode perawatan.

Namun ingat, kandang bukan saja menjadi salah satu faktor bagus tidaknya ayam bangkok. Ada pula tentang cara merawat anak ayam bangkok. Ini penting untuk mendapakan regenerasi yang baik dan berkualitas super juga.

Merawat anak ayam bangkok, caranya tak sekedar cara merawat anak ayam agar cepat besar saja. Tetapi juga mental keberaniannya. Biasanya pemilik ayam bangkok kualitas semakin bernilai tinggi, ketika menang kontes dan aduan.

Itulah yang bisa disampaikan. Semoga cerita singkat nan sederhana ini dapat bermanfaat. Terimakasih Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *