Sistematika kuda menurut Blakely dan Bade (1992)

Cara Merawat Kuda Bunting dengan Mudah

Cara Merawat Kuda Bunting – Salah satu tujuan beternak adalah produksi, atau bisa menghasilkan keturunan. Sama halnya kuda. Kuda pada dasarnya juga bisa hamil atau bunting, sampai pada akhirnya melahirkan anak kuda. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui dan memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam merawat kuda bunting atau hamil, menangani kelahiran kuda maupun merawat bayi kuda.

Padahal, cara merawat kuda bunting adalah hal yang harus kita ketahui. Sehingga saat dihadapkan pada persoalan sekitar perawatan kuda bunting, kelahiran, dan anak kuda, maka banyak hal yang tidak dimengerti sehingga mengakibatkan hal-hal yang tidak diharapkan misalnya: keguguran, anak kuda sakit bahkan mati, dan lain halnya.

Tulisan berikut berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dari berbagai sumber dan juga dari cara-cara tradisional bagaimana cara melakukan perawatan kuda bunting, salah satunya dengan mengetahui bagaimana cara mendeteksi kuda bunting atau tidak.

cara merawat kuda bunting
cara merawat kuda bunting

Selanjutnya, cara merawat kuda bunting lainnya dengan mengetahui kebutuhan ransum makanan untuk kuda. Ternyata dengan memberikan jumlah makanan ektra justru akan menaikkan resiko kuda mengalami kegemukan dan keguguran. Pemberian makanan lebih baik “pas” tidak “lebih” tidak “kurang.”

Pemberian kalsium secara rutin dengan takaran yang benar juga sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak dan memberikan ketahan tubuh yang lebih baik buat induk. Makanan pokok kuda seperti rumput yang alami ditambah biji-bijian seperti jagung dan kacang hijau akan lebih baik. Pemberian vitamin sesuai dengan rekomendasi dokter hewan anda akan juga bisa dilakukan.

Selain itu, lakukan perawatan bagi kuda bunting, kuda bunting perlu gerak dan jalan yang cukup untuk memelihara otot dan stamina tubuhnya. Kuda dibebaskan bergerak di “lahan pelepasan” yang cukup. Bila pad dock pelepasan tidak ada, maka kuda dibawa berjalan-jalan atau “stap” dengan jarak yang cukup setiap pagi dan sore. Perawatan kebersihan kuda juga perlu dilakukan, terutama sekitar puting susu. Bagi kuda yang belum berpengalaman melahirkan ada kalanya perlu dilakukan pelatihan menyusui dengan menyentuh-nyentuhkan jari kita ke puting susu si kuda agar kelak saat anak kuda sudah lahir kuda tidak merasakan aneh bila puting susunya tersentuh.

Selanjutnya, dengan lakukan hal yang tepat dalam memprediksi hari kelahiran. Memprediksi hari kelahiran kuda adalah pekerjaan yang sulit namun sebagai peternak kuda harus mampu melakukannya untuk memprediksi kapan si anak kuda akan lahir.

Masa kebuntingan kuda biasanya 11 bulan sejak hari perkawinannya. Untuk memprediksi waktu kelahiran anaknya kita bisa mempergunakan hitungan 11 bulan -5 hari sampai dengan +5 hari. Jadi anda harus menunggunya selama 10 hari berturutan tanpa absen.

Kuda melahirkan anak pada malam hari setelah matahari terbenam, Sangat jarang kuda lahir siang hari alasanya mengapa belum bisa diterangkan. Biasanya membutuhkan situasi tenang dan sunyi tidak banyak gangguan. Oleh karena itu kita harus menunggunya namun tidak mengganggu konsentrasinya.

Pada bulan ke 10 masa kebuntingannya, anak kuda makin besar dan berat menyebabkan ambing (perut atas bagian belakang) induknya turun atau “terlepas”. Juga bagian pantat kuda dekat ekor akan terlihat menurun. Kalau anda amati terus, ada gerakan sianak kuda yang mendorong dan hilang dibagian belakang dekat ekor induknya. Itu pertanda baik karena anak kuda anda dalam kondisi hidup. Juga amati gerakan-gerakan kaki anak di bagian perut induknya.

Amati pembesaran kantong susu induknya. Pada usia kebuntingan 11 bulan, susu induk harus sudah keluar meskipun belum banyak. Apabila anda tekan dengan tangan, maka air susu akan keluar. Bila air susu sudah keluar dengan sendirinya secara deras, maka waktu kelahiran anak kuda tinggal beberapa jam lagi. Mungkin sore hari atau tengah malam si anak kuda akan keluar.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *