Vaksinasi Kucing

Cara Merawat Bulu dan Kulit Kucing

Cara Merawat Bulu dan Kulit Kucing – Kucing merupakan binatang jenis hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing paling banyak dipelihara manusia di berbagai negara. Hal ini menandakan bahwa kucing sebagai hewan peliharaan merupakan salah satu binatang menyenangkan, menggemaskan dan bisa menghibur pemiliknya.

Maka, banyak orang yang menggunakan banyak cara untuk merawat bulu kucing agar lebat. Sebab, bulu kucing yang lebat juga menjadi salah satu indikator bahwa si kucing merupakan kucing yang sehat dan menggemaskan.

Bahkan, di antaranya ada yang menggunakan vitamin bulu kucing agar si kucing tampil dengan bulu yang lebih menarik. Vitamin untuk bulu kucing bisa kita jumpai di setiap pet shop. Bahkan, tak sedikit vitamin-vitamin tersebut digunakan untuk merawat bulu kucing kampung agar lebat. Hal yang sama juga dilakukan untuk perawatan kulit kucing agar terus cerah dan terhindar dari penyakit seperti jamur dan penyakit lainnya. (Silakan klik lainya, Cara Merawat Kucing Agar Tidak Mudah Sakit).

Cara Merawat Bulu dan Kulit Kucing
Cara Merawat Bulu dan Kulit Kucing

Cara merawat bulu dan kulit kucing selama ini yang dilakukan tidak hanya terpaku pada ketersediaan vitamin dan obat penumbuh bulu kucing saja. Tetapi juga dengan pemberian makanan.

Cara merawat bulu kucing ini menjadi penting, karena jika perawatan bulu dan kulit kucing dilakukan dengan baik, maka akan mampu mencegah penyakit kulit atau parasit seperti kutu dan jamur yang akan menyerang kucing peliharaan kita. Terlebih, jika kita memelihara kucing persia yang memiliki bulu panjang, maka perawatan pada jenis kucing persia lebih ekstra dan perawatannya lebih detail.

Cara perawatan bulu dan kulit kucing harus dilakukan secara rutin, yakni:

  1. Menyisir bulu kucing

Tujuan menyisir bulu kucing yakni untuk merapihkan bulu dan mengangkat bulu-bulu mati. Bulu matipada kucing jarang atau tidak pernah disisir dapat menyebabkan bulu gimbal pada kucing. Bulu kucing yang gimbal dapat menjadi sarang kutu dan jamur pada kucing. Kutu dan jamur merupakan penyebab bulu kucing rontok.

  1. Memandikan kucing

Memandikan kucing juga salah satu cara merawat kucing peliharaan di rumah agar bulu dan kulit kucing tidak terlihat kotor. Karena jika kotoran yang menempel tidak segera dibersihkan akan menimbulkan peluang penyakit seperti kutu dan jamur. Maka dari itu, memandikan kucing adalah hal yang penting minimal 2 minggu sekali. Tapi jika kucing terlihat kotor maka segera dimandikan. Tidak lupa ketika kucing mandi, kucing butuh shampo. Kegunaan shampo untuk kucing agar tetap menjaga bulu untuk tetap tampil sehat. Shampo kucing yang digunakan shampo khusus tidak bisa sembarangan shampo digunakan.

Nah, gimana sudah pahamkan, kalau merawat bulu dan kulit kucing merupakan hal penting dalam memelihara kucing sebagai hewan peliharaan. Selamat beraktifitas dengan kucing kesayangannya guys.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *