Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan Ini Dinilai Ampuh

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan ini dinilai ampuh oleh banyak kalangan. Sebab banyak juga pertanyaan tentang mengobati kambing tidak mau makan itu bagaimana?

Namun sebenarnya di pasar sendiri atau disekitar masyarakat sudah banyak jenis-jenis obat untuk mengatasi hal tersebut. Misal seperti kambing tidak mau makan karena nafsu makannya tidak bagus. Nah, artinya tinggal bagaimana obat nafsu makan kambing yang diberikan.

Tak hanya obat nafsu makan kambing saja, di sekitar kita sudah banyak juga petunjuk maupun cara atau obat kambing batuk, obat kambing lumpuh, obat herbal untuk kambing batuk pilek, obat kambing kembung, obat kambing masuk angin.

Sampai kepada obat kambing tidak bisa buang air besar dan cara mengobati kambing kurus. Nah mungkin di salah satu antaranya ini jugalah yang ayobudidaya.com akan bantu jelaskan:

Pertama, kenapa kambing ternak kurus dan susah makan? Lalu bagaimana cara mengobat kambing tidak mau makan dan bagaimana cara mengobati kambing kurus. Oke kita jawab:

Cara Mengobati Kambing Tidak Mau Makan

Kambing yang tidak mau makan biasanya disebabkan kurang nutrisi. Ini juga berkaitan dengan kambing kurus. Perlu diketahui, kambing adalah salah satu hewan ternak produksi.

Produksi kambing yang diambil sebagai hasil usaha adalah daging dan susu untuk jenis kambing etawa dan kambing peranakan etawa.

Kambing dikelompokan dalam hewan ruminansia atau hewan memamah biak. Namun, kambing masuk dalam kategori hewan ruminansia kecil. Jadi kambing ini memiliki lambung majemuk.

Kambing juga sangat dibutuhkan masyarakat, baik sebagai aqiqah maupun buruan saat hari raya Idul Adha sewaktu qurban. Harga hewan qurban di Indonesia pun beraneka ragam, begitu juga dengan hewan qurban kambing, tentu gemuk kurusnya juga sebagai salah satu syarat berqurban.

Namun persoalannya saat ini adalah kambing kurus dan kambing tidak mau makan, lalu bagaimana cara mengobati kambing tidak mau makan.

Pertama, yang bisa dilakukan adalah perbaiki kebutuhan makan si kambing terlebih dahulu. Harus diketahui, bahwa kebutuhan kambing sebagai hewan ruminan, makanan utamanya adalah berupa serat atau hijauan, baik sejenis rumput, dedaunan, kacan-kacangan yang kaya sumber protein.

Dan selanjutnya juga dibutuhkan makanan tambahan yang kaya sumber nitrogen atau protein bagi tumbuh kembang kambing. Karena kambing kurus dan tidak nafsu makan, biasanya akibat gangguan pertumbuhan kambing akibat kurangnya nutrisi dalam pakan.

Baik jumlah gizi dalam pakan yang rendah yang kerap selama ini diberikan kepada ternak kambing. Selain itu, bisa jadi akibat gangguan pertumbuhan, seperti gangguan penyerapan nutrisi oleh kambing yang dipacu beberapa hal, seperti infestasi cacing (kecacingan), infestasi kutu, dan lainnya.

Bahkan, kekurangan beberapa vitamin dan mineral esensial juga bisa menghambat pertumbuhan si ternak kambing. Maka, kebutuhan-kebutuhan nutrisi dan vitamin itu seharusnya bisa tercukupi dengan baik.

Contoh misalnya, saat kasus perkawinan sedarah atau incest atau inbreeding yang memungkinkan munculnya keturunan dengan kualitas yang tidak baik, sehingga terkadang hewan terlahir cacat, lambat tumbuh, kerdil, dan lain sebagainya.

Nah solusi–solusi di atas seharusnya bisa dilaksanakan, dari ketersediaan pakan yang bernutrisi baik, vitamin dan mineral yang tercukupi, serta terakhir rajin-rajin konsultasikan ke dokter hewan atau manti hewan yang dianggap dapat menangani persoalan ternak kambingnya.

Selain persoalan cara mengobati kambing tidak mau makan, selanjutnya kita juga akan informasikan tentang penyakit kambing lumpuh, obat kambing sakit mata, dan anak kambing lemas.

Baca: Penyakit Pada Kambing PE Dewasa

Baca: Pedoman Lengkap Cara Beternak Kambing

Sekian informasi dari ayo budidaya, semoga bermanfaat, ikuti dan baca artikel lainnya hanya di website ini. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *