cara menggemukan sapi kurus

Cara Menggemukan Sapi Kurus Secara Alami

Sapi anda kurus? Dan sedang mencari informasi tentang bagaimana cara menggemukan sapi kurus? Mungkin informasi ini bisa membantu.

Karena sapi kurus memang menjadi problema dalam usaha ternak sapi potong. Maka banyak cara yang ditawarkan, baik penggemukan sapi peranakan ongole (po), penggemukan sapi limosin, di antaranya, dari cara penggemukan sapi lokal, obat penggemukan sapi, maupun cara penggemukan sapi dalam waktu 40 hari.

Dari cara cara tersebut banyak peternak yang memilih cara menggemukan sapi secara alami tanpa penggunaan obat penggemukan sapi.

Cara menggemukan sapi secara alami dalam cara menggemukan sapi kurus ini dinilai lebih baik dari sisi ternak sapi modal kecil. Karena biasanya sapi di peternakan rakyat adalah untuk investasi.

Adapun secara komersil dan budidaya besar, namun permodalan tetap harus diminimalisir, namun tengan keuntungan penggemukan sapi per ekor besar.

Cara Menggemukan Sapi Secara Alami

Analisa Usaha Ternak Sapi
Analisa Usaha Ternak Sapi

Dalam cara menggemukan sapi kurus secara alami sebenarnya sudah dibahas di cara penggemukan sapi potong dalam artikel sebelumnya. Dalam artikel tersebut, tercatat sistem penggemukan sapi potong yang digunakan ada sistem kereman, sistem Dry Lot Fattening, sistem Gembala di Padang Rumput sampai sistem kombinasi.

Pada peternakan rakyat yang dikelola secara investasi cara menggemukan sapi secara alami biasanya lebih kepada penggemukan sapi potong dengan sistem gembala di padang rumput.

Di peternakan NTB (Nusa Tenggara Barat) cara menggemukan sapi secara alami ini sudah dilakukan sebagai upaya cara menggemukan sapi kurus.

Dan sebagian besar peternak rakyat yang menjadikan ternak sapi potong sebagai investasi akan terapkan cara penggemukan sapi potong sistem gembala ini.

Jadi cara beternaknya adalah dengan cara dilepas di padang rumput penggembalaan. Rumput yang ditanam adalah rumput kalanjana, rumput Australia, rumput pangola, dan rumput ruzi.

Beberapa tanaman lain yang dapat menyeimbangkan zat gizi sapi potong selain mengonsumsi rumput rumput yang ditanam adalah jenis lamtoro, petai cina, dan turi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Sapi Potong Unggul dan Tebesar

Nah, dengan metode yang digunakan ini, peternak tidak perlu memberikan makanan tambahan berupa konsentrat. Satu satunya makanan sapi potong yang diternakan dengan cara gembala di padang rumput ini adalah rumput dan jenis hijauan yang ada di sekitar.

Cara menggemukan sapi kurus berikut merupakan cara yang sederhana, tenaga kerja yang digunakan pun sedikit. Khususnya analisa usaha ternak sapi lebih kecil.

Sehingga biaya investasi juga lebih sedikit. Jadi modal bisa dialihkan ke bakalan sapi (Cek di sini, harga anak sapi lokal). Namun tentunya di sisi lain ada kekurangannya.

Karena dalam hal ini kita mengharap sapi kurus menjadi gemuk. Dan dalam sistem cara menggemukan sapi kurus ini pertumbuhan dan produktivitas sapi tidak bisa diprediksi, dan hasil penggemukan sapi potong dengan sapi potong yang lain tidak sama.

Atau bisa menggunakan sistem lain, yakni dengan sistem sapi potong dengan kereman. Cara menggemukan sapi kurus dengan sistem penggemukan sapi kereman ini membutuhkan waktu lama pemeliharaan sekitar 6 bulan kurang.

Baca Juga: Harga Sapi Qurban Idul Adha dan Harga Sapi Bakalan Terbaru

Pemberian pakan pada sistem ini dengan penyesuaian kondisi daerah budidaya ternak sapinya, misal pakan konsentrat yang diberikan hanya satu atau dua jenis seperti dedak padi dan ampas tahu.

Pada pemeliharaan sapi dengan sistem kereman ini, sapi dipelihara dalam kandang. Untuk pemenuhan kebutuhan makanan, rumput sudah disiapkan oleh pekerja untuk dikonsumsi sapi setiap hari.

Penggemukan sapi potong dengan sistem penggemukan kereman ini dinilai paling cocok dengan kondisi di negara Indonesia, khuasusnya di Pulau Jawa. Ini karena kondisi geografis dan cuaca.

Atau mau lebih cepatnya cara menggemukan sapi kurus dengan waktu penggemukan 120 sampai 150 hari adalah dengan sistem penggemukan sapi potong dry lot fattening.

Cara penggemukan sapi potong dengan sistem dry lot fattening ini memang memerlukan modal biaya ternak yang relatif lebih tinggi dari pada cara penggemukan lain. Dan sapi yang digemukan di umur 8 sampai 12 bulan.

Pakan yang digunakan, hijauan, dan konsentrat, serta obat penggemukan sapi untuk menstimulan agar sapi memiliki nafsu makan yang tinggi.

Cara Menggemukan Sapi Kurus

cara menggemukan sapi kurus
Cara Menggemukan Sapi Kurus

Setelah mempelajari cara di atas, dan memilah salah satu cara yang disebutkan dengan memastikan bahwa dapat membantu sebagai salah satu cara menggemukan sapi kurus, selanjutnya adalah memastikan pakan yang digunakan.

Karena cara menggemukan sapi kurus selain sistem yang disebutkan di atas juga pakan yang digunakan. Pakan ternak sapi potong dapat dikelompokan menjadi bebeerapa bagian. Misalkan seperti informasi berikut:

A. Pakan Hijauan Ternak Sapi

Hijauan sebagai pakan ternak sapi dianjurkan 85-100% dari jumlah pakan yang diberikan pada masa pemeliharaan. Hijauan merupakan pakan sapi yang berasal dari alam, seperti rumput-rumputan.

Namun hijauan yang berkualitas baik selain rumput unggul yang digunakan juga jenis hijauan kacang-kacangan. Misalnya jenis hijauan unggul adalah sebagai berikut:

  • Rumput setaria
  • Rumput gajah
  • Rumput raja
  • Bede
  • Lamtorogum
  • Daun Turi
  • Daun Gamal
  • Kaliandra

Untuk jenis hijauan hasil limbah pertanian juga bagus diberikan pada ternak sebagai salah satu cara menggemukan sapi kurus di antaranya adalah:

  • Kacang panjang
  • Kedelai
  • Padi
  • Jagung

Jika keberadaan hijauan berlebih dan tak pernah habis maka penggunaan konsentrat hanya untuk keadaan tertentu. Misal musim kemarau dan stok hijauan menipis. Nah untuk antisipasinya bisa menggunakan cara berikutnya.

2. Konsentrat Pakan Ternak Sapi

Konsentrak sebagai pakan ternak sapi adalah makanan tambahan untuk sapi selain makanan hijauan. Cara menggemukan sapi kurus dengan pakan konsentrat diberikan apda musim tertentu, atau memang hijauan sulit didapatkan.

Konsentrat yang mudah ditemui dan dibuat sendiri adalah seperti, dedak padi, onggok (ampas singkong), dan ampas tahu. Deda, onggok dan ampas tahu adalah salah satu pakan tambahan untuk ternak termasuk sapi.

Dalam pemberian dedak, onggok, maupun ampas tahu sebagai salah satu bahan pakan dalam cara menggemukan sapi kurus sebaiknya gunakan yang berkualitas baik. Perhatikan kontaminasi yang terjadi, dan masihkah bahan pakan tersebut layak diberikan pada sapi sebagai pakan tambahan.

Ramuan Penggemuk Sapi

Setelah dua informasi di atas menjadi satu, sistem dan pakan yang digunakan untuk melengkapi cara menggemukan sapi kurus, salah satu cara lain untuk menggemukan sapi secara alami adalah ramuan penggemuk sapi.

Ramuan penggemuk sapi organik dan alami juga menjadi salah satu cara cepat penggemukan sapi jantan dan sebagai obat sapi kurus.

Ramuan tersebut adalah salah satu cara mengatasi sapi susah makan dan sapi susah minum. Ini juga yang digunakan peternak rakyat sebagai cara agar sapi banyak minum dan makan.

Ramuan tersebut bisa dibuat sendiri dengan bahan bahan organik, cara membuat obat penggemuk sapi pun mudah. Sudah banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Namun pada intinya fungsi air pada sapi sangat penting.

Dan sebagian besar peternak rakyat ramuan penggemuk sapi yang diberikan adalah jamu. Atau yang tidak mau repot membuat jamu membeli di toko peternakan, karena sudah banyak probiotik maupun jamu ternak untuk sapi.

Adapun ramuan penggemuk sapi sebagai cara menggemukan sapi kurus adalah dengan penggunaan empon-empon sebagai bahan jamu seperti kunyit yang berfungsi untuk antikembung, jahe untuk penghangat badan, kencur untuk mencegah radang.

Itulah sekilas tentang cara menggemukan sapi kurus. Semoga informasi ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel ayobudidaya.com selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *