cara mendeteksi kuda bunting atau tidak

Cara Mendeteksi Kuda Bunting atau Tidak

Cara Mendeteksi Kuda Bunting atau Tidak – Ketika seseorang sudah memutuskan untuk memiliki kuda, baik digunakan untuk beternak, alat transportasi, atau apapun, tentunya siklus kehidupan si kuda harus dipikirkan. Baik dari pakan kuda, cara merawat kuda, kesehatan-kesehatan kuda, sampai pada proses kehamilan kuda.

Untuk itu, seseorang pemilik kuda setidaknya paham dasar-dasar pemeliharaan kuda, apalagi tentang cara mendeteksi kuda bunting atau tidak. Sehingga, di suatu saat kuda bunting, para pemilik kuda tidak terlalu repot dalam prosesi penanganannya. Namun, sebelum memahami dasar-dasar pemeliharaan kuda, lebih baik baca artikel tentang kuda lainnya : Ciri-ciri fisik kuda di Indonesia dan Asia Tenggara.

cara mendeteksi kuda bunting atau tidak
cara mendeteksi kuda bunting atau tidak

Bisa jadi, beda ciri fisik pada kuda akan berbeda pula penanganannya. (Selengkapnya: Jenis-jenis kuda di Indonesia dan ciri fisiknya). Berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk mendeteksi kuda bunting atau tidak yang harus dipahami oleh setiap pemilik kuda maupun pelatih dan perawat kuda. Cara sederhana deteksi kuda bunting atau tidak bisa dengan mendeteksi apakah kuda betina itu mengalami “beger” pada siklus waktu yang sudah diprediksi sebelumnya.

Selain itu, adanya pengamatan kuda. Pengamatan kuda betina bunting juga dilakukan lewat pengamatan fisik si kuda betina tersebut. Seekor kuda betina yang bunting muda (sebelum 5 bulan) akan sulit dibedakan apakah kuda itu memang sedang bunting atau “gemuk”.

Kuda betina bunting muda sebenarnya bisa dilihat dari perubahan bentuk tubuh dibagian perut, juga warna bulunya yang cenderung lebih “mengkilat”. Juga napsu makan yang lebih besar ketimbang saat sebelum bunting. Dia juga sangat tidak senang didekati oleh kuda jantan. Biasanya akan “menjerit” dan “menggigit” kuda jantan yang mendekati.

Perbedaan kuda bunting dan gemuk terdapat pada sisi bawah perut. Kuda bunting bagian bawah perutnya akan membesar. Sedangkan kuda gemuk cenderung pembesaran perut kearah samping. Juga kadang terjadi pembesaran pada punting susu bila kuda sedang hamil, sedangkan pada kuda gemuk tidak terjadi. Kalau anda ragu lebih baik minta bantuan seorang dokter ahli kuda yang anda kenal untuk memastikannya.

Bila kuda anda memang betul-betul bunting, maka perawatan kuda bunting yang baik akan mengurangi resiko kelahiran si anak nanti. Perawatan itu meliputi: rangsum makanan, vitamin, latihan dan kebersihan kandang.

Nah, untuk menghasilkan generasi kuda yang baik, maka harus dilakukan penanganan dan perawatan yang baik pula. Untuk itu, kita harus memahami hal-hal yang lebih detil tentang kuda.

Semoga bermanfaat.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *