Mempercepat Kambing Birahi

Cara Mempercepat Kambing Birahi

Mempercepat Kambing Birahi – Bagaimana cara mempercepat kambing birahi? Mungkin itu adalah pertanyaan kamu saat ini. Sebab, ketika kita mengetahui kambing sedang mengalami birahi, di saat itu kita mulai cepat-cepat ingin mengawinkan kambing tersebut, sebab dengan kawinya kambing maka akan reproduksi sedang berlangsung untuk menghasilkan ternak kambing yang lainnya.

Mempercepat Kambing Birahi

Dalam beternak kambing sebagai pemilik juga dituntut untuk jeli dalam hal perkawinan kambing. Bagaimana siklus kambing kawin dan seperti apa penanganan pada kambing yang barus kawin pertama kali. Maka itu kita perlu mengatur perkawinan kambing.

Hewan kambing mengalami dewasa kelamin umumnya pada umur 6-8 bulan. Setelah kambing mengalami dewasa kelamin, ransum pakannya harus diatur dan disiapkan untuk persiapan kawin. Saat kambing betina mencapai bobot hidup 28-35 kg atau pada umur sekitar 12-15 bula perkawinan dapat mulai dilakukan.

Sementara perkawinan pertama pada kambing jantan dapat dilakukan pada umur 1,5 tahun. Banyak tanda-tanda yang menunjukan timbulnya birahi pada seekor induk kambing. Beberapa tanda yang dapat diamati dengan langsung oleh peternak antara lain :

Baca : Perbedaan Kambing Etawa dan Kambing PE

Baca Juga : Ini Artikel Lengkap Kambing Peranakan Etawa (PE)

Berikut tanda-tanda kambing minta kawin (Birahi) berdasarkan rangkuman Ayobudidaya.com :

  • Tidak ada penolakan saat dinaiki oleh pejantan
  • Vulva terasa hangat serta mengalami pembengkakan, dan berwarna kemerahan
  • Sering mengeluarkan air seni untuk menarik perhatian pejantan
  • Gelisah dan mengeluarkan suara yang khas
  • Sering menggerak-gerakan ekor
  • Mengeluarkan cairan bening dari vulva.

Masa birahi ini berlangsung selama 12-48 jam dengan masa ovulasi terjadi dalam 12-36 jam setelah tanda birahi muncul. Saat kawin yang paling baik adalah 12-18 jam setelah tanda birahi muncul. apabila induk birahi pada pagi hari, maka sebaiknya dikawinkan pada sore hari. apabila induk birahi pada sore hari, maka sebaiknya dikawinkan pada keesokan paginya.

Untuk mengurangi kegagalan, cara mempercepat kambing birahi berikut ini sebaiknya dalam proses mengawinkan induk dan pejantan dikandangan dalam satu kandang, dengan harapan perkawinan dapat terjadi setiap saat. Apabila dalam masa birahi tidak terjadi perkawinan, siklus birahi akan berlangsung 18-21 hari sampai muncul birahi berikutnya.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *