Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong – Budidaya ayam broiler atau ternak ayam potong saat ini masih menjadi pilihan utama dalam mengembangkan bisnis peternakan.

Hal ini dikarenakan kebutuhan akan daging ayam potong sangat tinggi di masyarakat. Terlebih ayam pedaging kini yang marak dipasaran adalah broiler.

Hal ini relevan dari cara beternak ayam potong yang singkat, cepat besar dan hasil panen tinggi. Namun tentu dalam praktik budidayanya butuh hal ekstra. Karena ayam jenis ini sangat rentan terserang penyakit.

Maka proses pencegahan kerap dilakukan oleh peternak lebih detil. Karena proses ini dinilai baik dari pada mengobati. Namun kali ini ayobudidaya tidak membahas tentang bagaimana cara beternak ayam broiler dengan baik dan benar.

Namun kali ini lebih kepada rincian perhitungan berapa besar biaya pembuatan kandang ayam potong. Karena kandang juga menjadi faktor penting tumbuh kembangnya ayam broiler ini.

Kenapa karena jika jumlah ayam besar namun ukuran kandang ayam tak sesuai, maka hasil produksi tidak baik. Begitu juga dengan, jika ukuran kandang besar tapi jumlah ayam broiler yang dipelihara sedikit juga tidak baik karena akan menguras energi ayam lebih besar sehingga pertumbuhan untuk besar lama.

Untuk itu, kita bahas tentang berapa besar biaya dan ukuran yang harus dikeluarkan dalam melakukan usaha budidaya ayam broiler berikut ini:

Tipe Kandang Ayam Potong

Tentu sebelum membahas lebih lanjut tentang biaya pembuatan kandang ayam potong kita akan membahas terlebih dahulu tentang ukuran kandang ayam potong. Namun sebelum pada ukuran, kita akan bahas dulu soal tipe kandang ayam potong.

Adapun tipe-tipe kandang ayam potong adalah sebagai berikut:

A. Kandang Ayam Potong Tipe Kandang Terbuka/Open House Sistem Liter

Tipe kandang terbuka untuk ayam potong merupakan tipe kandang yang paling banyak digunakan peternak yang ada di Indonesia.

Apalagi, tipe kandang terbuka dengan sistem liter. Tipe kandang ini merupakan tipe kandang yang sangat cocok digunakan dengan iklim tropis, seperti Indonesia.

Kandang ini banyak digunakan karena memang relatif murah biaya pembuatannya. Terlepas dari murahnya biaya pembuatan kandang ayam potong tipe kandang open house, tentu ada sisi kelemahan yang harus diperhitungkan.

Kelemahan dari tipe kandang ayam broiler yang satu ini adalah sistem suhu dan udara kandang sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dari luar seperti panas, kelembapan udara, dan angin.

Apalagi di Indonesia ini, iklim topis yang perubahan cuacanya sangat ekstrem. Selain itu, di daerah dataran rendah Indonesia, suhu sangat tinggi dan angin cukup kencang.

Sementara, di dataran tinggi Indonesia, suhu udara sangat dingin dan disertai kelembapan udara yang tinggi. Maka, hal ini, jika tidak dikelola secara baik tentunya dapat menimbulkan masalah, dari maslah kesehatan ayam sampai masalah pertumbuhan. Tentu ini akan berdampak pada hasil produksi.

B. Kandang Ayam Potong Tipe Kandang close house

Selanjutnya, ada juga kandang close house. Kandang close house ini kerap digunakan dibeberapa negara maju untuk peternakan ayam potong.

Yang dimaksud dengan tipe kandang close house pada peternakan ayam broiler atau peternakan ayam potong ini adalah kondisi lingkungan di dalam kandang ayam diatur secara otomastis.

Jadi, suhu ataupun kondisi lingkungannya telah sesuai dengan kondisi ideal ayam broiler untuk bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Namun, untuk kandang ini tentunya ada kelemahan. Kelemahan dari kandang ayam tipe close house adalah membutuhkan investasi dan beban operasional yang sangat tinggi. Karena memang membangunnya syarat akan teknologi.

Ukuran Kandang Ayam Potong

Tentu sebelum membahas tentang biaya pembuatan kandang ayam potong kita lebih dulu membahas tentang ukuran kandang ayam potong yang ideal.

Karena dalam cara membuat kandang ayam broiler ukuran memegang peranan penting. Jadi jangan sampai ukuran kandang ayam potong yang dibuat tidak seusai dengan kebutuhan dan peruntukannya.

Untuk itu, penting sekali hal ini kita pahami bersama sebelum memulai usaha ayam potong. Untuk ukuran ideal kandang ayam broiler atau kandang ayam potong ini di antaranya dikategorikan iklimnya. Di Indonesia sendiri iklimnya adalah daerah tropis.

Sehingga kandang di Indonesia tiap meter per segi diisi biasanya 8-12 ekor ayam broiler. Sementara untuk tinggi kandang di antara 2,25 – 2,5 meter, dan untuk ukuran lebar kandang ayam potong ini sekitar 4 – 8 meter.

Ukuran ini untuk tiap meter persegi yang diisi dari 8 ekor ayam potong sampai 12 ekor ayam potong. Karena jika melebihi ukuran tersebut, biasanya suhu kandang akan cepat meningkat secara otomatis dan akan mempengaruhi pertumbuhan ayam.

Selain itu yang harus diketahui adalah tentang tingkat kepadatan populasi ayam potong berdasarkan umur ayam. Dan dalam hal ini tingkat kepadatan populasi ayam broiler, umur menentukan jumlah kepadatan suatu kandang.

Umur Populasi/Kepadatan ayam (m2)

  • 1 hari – 1 minggu 40 -50 ekor

  • 2 minggu 20 -25 ekor

  • > 2 minggu 8-12 ekor

Ukuran Ideal Kandang Ayam Potong Kapasitas 500, 1000, 2000, 3000, 5000, 10000 bahkan lebih

Mari kita mulai menghitung ukuran kandang ayam potong sesuai dengan kapasitasnya sebelum memasuki berapa besar biaya pembuatan kandang ayam potong yang dibutuhkan.

Namun dalam hal ini contohnya adalah ukuran kandang ayam potong untuk ternak ayam sebanyak 500 sampai 1000 ekor. Selebihnya menyesuaikan.

Berikut standar dan tabel populasi yang ideal yang dibutuhkan berdasarkan perhitungannya :

Cara Menghitung Ukuran Kandang Ayam Broiler

Untuk cara menghitung ukuran kandang ayam broiler ini sebenarnya sudah secara lengkap kami tim ayobudidaya jabarkan di Ukuran Kandang Ayam Potong. Silakan disimak lebih lanjut.

Di dalam informasi tersebut juga, tim sudah menjabarkan bagaimana cara menentukan ukuran kandang postal ayam potong, cara menentukan ukuran kandang ayam panggung ayam potong, sampai kepada hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang ayam potong.

Secara lengkap sebenarnya sudah dibahas terkait ukuran dan hal-hal perkandangan. Dan mari kita mulai melakukan hitung-hitung berapa biaya pembuatan kandang ayam potong.

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong

Adapun hal-hal yang akan kita pelajari tentang berapa besar biaya pembuatan kandang ayam potong adalah sebagai berikut, terbagi dari berbagai ukuran:

Biaya Pembuatan Kandang Broiler Kapasitas 500 Ekor

Rincian biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 500 ekor

  • Pembelian bambu sebanyak 20 batang harga Rp200.000
  • Pembelian kayu batangan dan papan harga Rp1.000.000
  • Belanja paku dan kawat harga Rp90.000
  • Upah karyawan sebanyak 2 orang sebesar Rp2 juta
  • Biaya lain-lain Rp1 juta

Maka biaya pembuatan kandang ayam potong kapasitas 500 ekor adalah Rp4.290.000

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong Kapasitas 1000 Ekor

Estimasi biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 1.000 ekor bisa diasumsikan, biaya Rp4.290.000 untuk 500 ekor dikalikan 2 sehingga hasilnya Rp8.580.000.

Begitu pula dengan biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 2000 ekor dan biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 3000 ekor. Disesuaikan dengan kebutuhan bahan. Biasanya tidak berlipat, dan bisa lebih bersahabat harganya, karena disesuaikan.

Biaya Pembuatan Kandang Broiler Kapasitas 5000 Ekor

Untuk pembuatan biaya kandang ayam potong, dalam hal ini adalah biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 5000 ekor maka jumlah biaya estimasi atau perkiraan yang harus dikeluarkan adalah

  • Pembelian bambu sebanyak 200 batang harga Rp2 juta
  • Pembelian kayu batangan dan papan harga Rp 10 juta
  • Belanja paku dan kawat harga Rp 900 ribu
  • Upah karyawan sebanyak 3 orang sebesar Rp 6 juta
  • Biaya lain-lain Rp 2 juta

Perkiraan total biaya pembuatan kandang broiler kapasitas 5000 ekor sebesar Rp20.900.000. Ini bukan harga real. Harga disesuaikan kembali ke setiap daerah, dari tanah sewa atau tanah yang dimiliki pribadi, serta harga bahan-bahan dasar dan harga tenaga kerja yang berbeda di setiap wilayah.

Dari biaya yang dikeluarkan tersebut kandang akan terbangung dengan lebar minimal 7 meter atau 8 ekor ayam untuk ukuran kandang satu meter perseginya.

Jadi untuk ukuran kandang ayam potong kapasitas 5000 ekor sebesar 625 meter persegi. Hasil perhitungan 5000 ekor ayam : 8 ekor.

Atau biaya pembuatan kandang ayam potong berkapasitas 5000 ekor tadi akan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Panjang kandang sekitar 90 meter dengan lebar 7 meter
  2. Posisi kandang ayam broiler bersifat memanjang ke arah timur atau barat sesuai pancaran sinar matahari
  3. Mempunyai ventilasi dan sirkulasi udara yang baik

Keuntungan Ternak Ayam Broiler dan Analisa Usahanya

Nah itulah kurang lebihnya tentang biaya pembuatan kandang ayam potong modern, ukuran kandang ayam potong, dan biaya pembuatan kandang ayam potong. Semoga artikel ini bermanfaat.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *