Agar Kambing Mau Minum

Agar Kambing Mau Minum, Ini Jamu & Vitaminya

Ayobudidaya.com – Bagaimana cara agar kambing mau minum? Sama halnya informasi sebelumnya yang pernah penulis tulis tentang kambing tidak mau makan, bagaimana cara mengatasinya atau mengobatinya?

Air sama halnya dengan pakan, menjadi kebutuhan utama dalam beternak. Tersedianya air yang berkualitas dan kesediaan yang cukup menjadi amat penting sebagai faktor utama dalam mendirikan peternakan.

Sebab, air dapat membentuk 80% darah dan dapat mengatur suhu tubuh. Air juga penting sebagai fungsi organ pencernaan, penyerapan nutrisi hingga pembuangan limbah (kotoran).

Ada banyak minuman untuk kambing yang dapat diberikan. Pemberiannya juga harus diatur, sama halnya mengatur waktu memberi makan kambing yang baik.

Untuk itulah, dalam cara budidaya kambing, apapun jenis kambingnya, termasuk kambing peranakan etawa, memahami kebutuhan air adalah kunci produksi, itulah pentingnya memahami sistem pemberian minum ternak.

Karena kebutuhan minum kambin dan hewan lain, seperti sapi, ayam, bebek dan lainnya tentu akan berbeda. Tingkat konsumsi ini juga akan dipengaruhi faktor lingkunan dan manajemen budidaya.

Akan tetapi satu hal penting yang perlu diketahui agar kambing mau minum adalah kualitas air, dari suhu, salinitasi dan kotoran yang akan mempengaruhi rasa dan bau dari air yang akan diminum harus diperhatikan, karena ini akan berpengaruh.

Tak hanya itu saja, selanjutnya terkait kadar air yang sedang dibutuhkan hewan ternak juga akan mempengaruhi kebiasaan minum. Demikian untuk [akan dengan kadar air relatif tinggi yang akan mengurangi kuantitas air minum yang dibutuhkan.

Agar Kambing Mau Minum, Haruskah Dengan Jamu atau Vitamin?

Agar Kambing Mau Minum
Agar Kambing Mau Minum

Ini adalah pertanyaan yang sangat umum sekali. Ada yang menyebutkan dan menjelaskan bahwa, vitamin kambing biar cepat besar itu benar adanya. Kegunaan vitamin penting untuk ternak. Termasuk kambing.

Selain itu ada juga yang mengunakan jamu. Selain jamu kambing agar cepat gemuk, tetapi juga agar mau minum. Jamu ini beragam, bisa jadi ini juga jamu-jamuan ternak kambing digunakan sebagai vitamin tradisional.

Di antaranya yang sering kita dengar untuk digunakan adalah kunyit, nah silakan pelajari dulu saja manfaat kunyit untuk kambing apa saja.

Selain kunyit juga ada gula merah, nah ini penting kita memahami apa saja khasiat manfaat gula merah untuk kambing. Apakah jamu-jamuan di atas juga dapat menjadi pilihan sebagai alternatif cara menggemukan kambing yang kurus. Silakan dipelajari.

Adapun minuman untuk kambing agar mau minum pada umumnya, di musim dingin atau hujan kebutuhan air sangat sedikit. Namun air harus ada setiap saat. Air yang bersih dan berkualitas baik, dalam artian tidak bau dan tidak tercemar.

Kualitas air yang buruk bisa menyebabkan kematian hewan dan kerugian ekonomi pemiliknya. Bagaimana dengan penggunaan obat atau jamu untuk kambing.

Dalam aktifitas para peternak tradisional, penggunaan jamu masih dilakukan. Ini sudah berlangsung sejak lama. Baik dengan menggunakan cara ramuan maupun penggunaan tunggal.

Jamu digunakan tak hanya agar kambing mau minum, tetapi untuk pengobatan, ini adalah obat tradisional yang digunakan sebagai pencegahan tidak terserang penyakit.

Jadi jamu ini biasanya digunakan saat kambing dalam kondisi yang sehat, baik dalam menggunakan sebagai obat luar maupun dalam tubuh yang diminumkan.

Air yang dicampur jamu atau vitamin ini juga dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh dan mengurangi stres pada ternak kambing.

Nah misalnya, ada tanda tanda klinis seperti ini.

Mengobati Kambing Stress Dengan Jamu dan Air Untuk Diminumkan

Jadi jika kambing baru didatangkan dari tempat jauh, atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dan muncul gejala gejala berikut, seperti tanda klinis berikut ini:

  • Kambing lesu tidak bergairah.
  • Nafsu makan berkurang dan hilang.
  • Terlihat sering duduk-duduk.

Nah yang perlu dilakukan adalah

  • Tempatkan kambing di kandang/lokasi yang teduh.
  • Hindari bising/berisik/gaduh atau kegiatan yang membuat ternak kaget dan stres.
  • Berikan pakan sesuai daerah asal (ramban yang sudah layu ± 3 jam).

Dalam pengobatan dengan pemberian jamu dan air dapat dilakukan beberapa tahapan ini:

  • Ramuan : Dua buah kelapa diperas diambil santannya + 1/2kg gula jawa+ 1 liter air
  • Pemberian : 1 ekor 100 ml, berikan 1x per minggu
  • Larutkan gula merah ¼ kg dicampur asam jawa. Buat ramuan secukupnya. Jangan berlebihan, untuk mengurangis cost atau biaya pengobatan.
    • Jamu yang telah dibuat diberikan setelah kambing tiba di kandang dari perjalanan jauh (pra droping), atau kondisi cuaca di sekitar kandang memburuk (terik panas/hujan) dan pada saat satu bulan pertama droping/adaptasi.
    • Jamu diberikan 1 satu minggu satu kali dan dua hari berturut-turut sesaat setelah droping.
  • Madu ¼ gelas dicampur kuning telur itik 1 butir.
    • Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.

Tentunya masih banyak lainnya dalam kebutuhan air dan ramuan yang dibutuhkan untuk ternak kambing agar mau minum. Sekian yang bisa diketahui semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *