Tanaman Sayur Yang Cepat Panen

Tanaman Sayur Yang Cepat Panen dan Mudah Ditanam

Ayobudidaya.com – Halo sahabat Ayo Budidaya, tiba tiba saya lagi ingin mencari refrensi tentang Tanaman Sayur Yang Cepat Panen dan tentunya yang paling mudah untuk ditanam dilahan perumahan, lahan sempit yang saya miliki.

Semenjak punya rumah sendiri, dan ada lahan taman 1,5 meter, saya jadi suka berkebun. Padahal kalau di rumah orang tua atau mertua lahan kebun luas, bisa menanam apa saja.

Tapi keinginan bertanam baru muncul ketika ada lahan nganggur di rumah sendiri. Sayang toh kalau tak saya manfaatkan lahan sempit atau perkarangan kecil yang kosong yang saya miliki itu.

Nah saya mencoba  mencari banyak refrensi, termasuk artikel-artikel saya sebelumnya yang pernah saya tulis. Saya jadi tertarik untuk menanamnya kembali dalam tahapan kecil, apalagi saya masiha ada bibit sayuran sedikit.

Selain sayuran, tanaman hias yang mudah ditanam di perkarangan rumah pun tak luput dari aktifitas saya. Ya, sedikit tapi kalau pas panen bisa dinikmati itu adalah kepuasan tersendiri.

Menanam memang bukan hanya dilakukan Pak Tani saja, kita juga bisa, sebagai pemula saya belajar dengan ala kadarnya, alih-alih semua yang saya dapatkan berharap sebagai tanaman sayur organik.

Karena pupuk yang digunakan hanyak pupuk organik kompos dari pupuk kandang saja. Jadi tak ada campuran lainnya kecuali menyiram tanaman tersebut.

Hmm, terlalu asik ber intro ria, saya jadi lupa kalau saya ingin menjelaskan tentang jenis jenis tanaman yang bisa ditanam di perkarang rumah yang kecil, seperti lahan depan perumahan.

Tentunya yang harus dipikirkan, jika ingin tanaman sayur apakah tanaman sayur cepat panen yang juga kalau ditanam tidak merepotkan.

Nah berdasarkan pengalaman, berikut refrensi yang bisa kamu juga tanaman para pembaca ayobudidaya.com, baca sampai selesai ya:

Jenis Jenis Tanaman Sayur Yang Cepat Panen

Tanaman Sayur Yang Cepat Panen
Tanaman Sayur Yang Cepat Panen

Yang perlu kita ingat ketika tanaman sayur kita ingin cepat panen adalah bagaimana cara menanamnya. Jangan sampai proses menanam pun merepotkan, karena lahan yang digunakan sempit dan kecil.

Misalnya saja tak mungkin kita menanam pohon pisang diperkarangan perumahan yang kecil, meski cara menanam pohon pisang tergolong mudah.

Demikian karena kita tertarik dengan Bonsai Durian, kita menanam di lahan yang kecil yang kita miliki pohon durian pendek. Meski ada bibitnya, apakah iklim yang kita tanam di wilayah kita bisa membuat pohon durian itu hidup?

Nah berarti ada banyak hal yang juga harus dipikirkan ya. Berikut ini juga sekedar refrensi, terkait mudah dan tidaknya, itu tergantung dari diri kita, termasuk dari lahan dan kesediaan pendukung lainnya agar tanaman tetap tumbuh berkembang baik.

Satu hal dalam menanam tanaman sayur yang cepat panen adalah memasak tak langsung membuang sayuran yang tak digunakan.

Sederhananya seperti ini, tak semua bagian dari yang ada di sayuran yang kita beli itu dapat dimasak. Nah janganlah terlebih dahulu untuk kita buang.

Kita bisa olah bagian tersebut, atau sisa sayuran tersebut untuk ditanamn. Ini cara yang baik dari membuangnya ke tempat sampah. Nah ini yang saya lakukan.

Karena ada bagian dari sayuran, seperti akar, batang, dan bahkan tubuh dari sayuran yang bisa kita manfaatkan untuk bisa melanjutkan proses mendapatkan sayuran di kemudian hari ketika kita tanam dengan baik.

Apa saja sih sayuran-sayuran tersebut, berikut penjelasannya:

1. Kemangi

Mungkin saya salah. Tapi bagi saya kemangi adalah salah satu jenis sayuran lalap dan aromatic. Tanaman ini dimanfaatkan daunnya. Daun kemangi memiliki aroma yang khas, kuat dan lembut.

Daun kemangi kerap digunakan untuk pepes, pindang atau menjadi lalapan ketika memakan pecel lele, ayam goreng dengan aneka sambalnya.

Cara menanam kemangi ini sangatlah mudah, dan cepat sekali panennya, dan bahkan bisa berulang kali dipetik dan diperbanyak lewat biji atau kembangnya maupun lewat batangnya.

Cara menanam yang saya lakukan adalah dengan menyiapkan pot atau polybag, lalu batang yang tak saya gunakan, karena saya hanya memakan daunnya saja, saya tanam langsung saya tancapkan seperti cara menanam singkong.

2. Tomat

Cara Menanam Tomat Hidroponik
Tanaman Buah Tomat || Foto : Pixabay

Sebagian besar ada yang menyebut tomat adalah tanaman buah, ada yang sebut tanaman sayur. Saya sebut tanaman sayur dan buah, karena keduanya saya suka sesuai selera, untuk jadi sayur maupun jadi buah.

Tomat dan rempai kegunaanya hampir sama, untuk sambal dan masak lainnya sebagai penambah citra rasa. Nah dibalik merah merona tomat dan rempai cara menanamnya cukup mudah.

Jika kamu beli banyak tomat dan rempai dan ada yang busuk atau kelamaan tidak dimasak akhirnya busuk, jangan dibuang. Tabur saja yang busuk ke tempat yang kamu sudah disediakan, pastikan nutrisi tanah yang digunakan baik dan ada air.

Alhamdulillah, saya tabur di polybag dan berhasil panen beberapa kali dari apa yang saya sebar. Tidak sulit. Saya cukup meletakan di satu tempat, ketika sudah tumbuh saya pindahkan ke media lain untuk menjaga jumlah tanaman tumbuh di satu tempat.

Cara menanam tomat ini juga mudah baik dilakukan dalam lahan yang luas maupun lahan yang kecil di pot bunga yang dimiliki. Jika ingin pelajari lebih lanjut terkait pemupukannya bisa baca artikel berikut, cara pemupukan tomat.

3. Tanaman Sayur Daun Katuk (Katu)

Tanaman yang paling mudah ditanam dan tanaman sayur yang cepat dipanen selanjutnya adalah katu. Tau daun katu? Daun katu atau daun katuk, tergantung pelapfasan neh, tapi di Wikipedia mengenalnya Daun Katuk.

Daun ini adalah sayuran minor yang khasiatnya dikenal sebagai memperlancar aliran air susu ibu, Istri sewaktu hamil sering konsumsi daun katuk di bening, ini juga yang dikonsumsi anak saya ketika MPASI.

Cara menanamnya cukup mudah. Saya beli itu saya manfaatkan daunnya. Batangnya saya tanam, sama seperti cara menanam daun kemangi di atas. Proses panennya pun cepat dan bisa berulang kali.

4. Tanaman Sayur Kangkung

Kangkung
Tanaman Kangkung

Cara menanam kangkung ini juga dikenal mudah. Pupuk kangkung terbaik bagi saya agar cepat panen nudah didapatkan, antaranya ya pupuk organik. Mau itu pupuk organik cair ataupun pupuk kandang dari ternak sapi, kambing, ayam atau apapun.

Kita juga bisa gunakan media tanam seperti polybag, hidroponik dan lainnya, jadi bisa ditanam di taman rumah yang kecil dan sempit. Periode panennya juga cepat, serta bibit yang dijual juga mudah didapatkan.

5. Tanaman Sayur Bayam

Sama halnya kangkung, menanam bayam juga mudah. Panennya cepat. Lahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan yang kita miliki. Apalagi bayam memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan untuk beragam sayur yang akan kita masak.

Budidaya bayam ini juga banyak dilakukan banyak orang, baik petani maupun rumahan yang tinggal diperumahan tapi ingin memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk bercocok tanam sayuran. Silakan mengenal lebih dekat klasifikasi bayam.

6. Daun Bawang

Daun bawang atau yang dikenal dengan daun luncang ini juga cukup mudah kita tanam dan jenis sayuran yang cepat panen. Caranya mudah. Kita manfaatkan tidak sampai batang dan akar.

Nah batang yang masih ada akarnya bisa kita tanam. Nantinya akan bertunas dan berdaun bawang atau luncang yang baru. Sehingga, kita tak perlu lagi beli bibit, dan jangan membuang batang dan akarnya. Karena kita masih bisa memanfaatkannya lagi.

7. Jahe, Kunyit, Kunir & Serai

Yang satu ini bukan hanya dikenal sebagai tanaman sayur, tapi tanaman obat keluarga atau TOGA. Dikenal juga sebagai penyedap rasa, tentunya tanaman yang kaya manfaat.

Nah cara menanamnya mudah. Ketika kita beli, jangan lupa untuk memilah yang tidak akan bertahan lama untuk disimpan, tanam di tanah atau di polybag yang telah disiapkan, nantinya akan tumbuh.

Namun jangan lupa perawatannya, disiram, dan tanah diperhatikan untuk menanamnya. Tapi jenis tanaman ini mudah dikembangkan di rumah sendiri. Karena perawatannya sangat mudah.

8. Sawi atau Caisin

jenis tanaman ini juga bisa kamu tanam di perkarang rumah yang kamu miliki, meski kecil, ini bisa ditanam di media tanam yang kamu miliki, meski hanya polybag dan tanah yang subur.

Selain cara menanam yang mudah, tanaman sayuran yang satu ini juga cepat panen, karena termasuk golongan tanaman semusim atau berumur pendek. Berikut cara yang bisa diikuti, cara menanam sawi hijau dengan mudah.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang jenis tanaman apa saja yang cepat panen dan mudah ditanam meski ditanam di lahan sempit, di lahan perumahan yang kita miliki.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih. Salam.

Ayo Budidaya Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *