Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Penting! Seperti Ini Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Syarat Tumbuh Tanaman MelonAyobudidaya.com kali ini akan mempelajari tentang budidaya buah melon. Dalam budidaya melon ini kita akan dihadapkan dengan beberapa hal, di antaranya, musim buahnya melon dari para petani, lalu ada juga teknik budidaya tanaman melon, tempat tumbuhnya buah melon. Pelajari terlebih dahulu bagian ini, (silakan klik) : Klasifikasi Tanaman Buah Melon dan Varietasnya.

Namun, kali ini kita akan membahas lebih spesifik, yakni tentang apa saja yang menunjang budidaya melon berhasil dan panen besar, seperti mengetahui lebih spesifik tentang syarat tumbuh tanaman melon. Hal ini menjadi penting, lantaran, musim berbuah melon akan sangat berpengaruh ketika kita bisa memahami syarat tumbuh tanaman buah melon dengan baik. Karena syarat tumbuh ini pun akan mempengaruhi proses pematangan buah melon.

Maka dari itu, syarat tumbuh dalam budidaya melon ini juga akan membahas seberapa besar curah hujan tanaman melon yang dibutuhkan. Untuk itu, berikut ini penjelasan lengkapnya :

Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Berikut ini syarat-syarat yang dibutuhkan dalam budidaya melon agar tanaman tumbuh dengan baik :

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Buah Melon

A. Syarat Iklim

Keadaan iklim, tanaman melon termasuk tanaman C-3, karena pada proses fotosintesisnya menghasilkan senyawa karbon berratom 3 sebagai produk utamanya. Sifat utama tanaman C-3 adlaah efisiensi fotosintesisnya rendah. Maka melon menghendaki periode penyinaran yang lama, antara 10-12 jam/hari. Intensitas matahari di dataran tinggi lebih tinggi dari dataran rendah. Hal ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman melon. Maka dari itu, pada awal pertumbuhan, tanaman melon membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Jika intensitas cahaya matahari kurang, tanaman melon akan tumbuh memanjang (etolasi), jangkung dan lemah sehingga tanaman mudah terserang penyakit. Jika ini terjadi pada tanaman melon memasuki masa buah, maka akan menyebabkan rasa buah tidak manis.

Curah hujan tanaman melon yang dibutuhkan berkisar antara 2.000-3.000 mm/th. Suhu udara yang dibutuhkan pada masa perkecambahan benih melon adalah sekitar 26 derajat celcius. Sedangkan periode pertumbuhan dibutuhkan suhu udara 20-30 derajat celcius.

Untuk kelembaban udara yang dibutuhkan tanaman melon untuk masa pertumbuhan sekitar 70-80%. Faktor lainnya yang perlu dipikirkan adalah persoalan angin. Angin berpengaruh besar pada penguapan air pada permukaan tanaman (daun). Semakin besar tiupan angin, maka semakin besar penguapan air pada permukaan daun.

Angin juga dapat mematahkan batang ataupun cabang-cabang sehingga roboh karena melon berbatang lunak. Angin juga dapat mempengaruhi proses penyerbukan bunga sehingga dapat menyebabkan produksi buah melon menurun.

Baca Juga : Hama dan Penyakit yang Menyerang Tanaman Jahe

B. Syarat Kesuburan Tanah Media Tanam Budidaya Melon

Faktor tanah memagang peranan yang sangat penting. Tanah berfungsi sebagai penyangga akar, tempat berdirinya tanaman, tempat reservoir, gudang air, zat hara, dan udara bagi pernapasan akar. Tanah yang cocok digunakan sebagai media tanam tanaman melon ialah tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik. Tanaman melon tumbuh baik pada kemasaman tanah (pH) 5,8-7,2.

Jangan lupa tambahkan pupuk kandang. Penambahan pupuk kandang dapat menambah kemasaman. Tapi ingat jangan terlalu banyak. Sehingga kita juga bisa menghindari buah jangan terlalu masam. Untuk mengatasinya jika dikhawatirkan buah masam perlu ditambahkan dolomit. Hal ini agar kemasaman tanah yang dikehendaki.

Selain itu, tanaman melon tidak suka tanah yang tergenang air. Untuk itu, tanah perlu dibentuk bedengan-bedengan agar pengaturan airnya baik. Pada keadaan tekstur tanah yang memiliki kandungan lempung tinggi, maka pemberian pupuk kandang harus lebih banyak agar struktur tanahnya menjadi lebih baik.

C. Syarat geografis tanah yang cocok untuk budidaya melon

Altitude (tinggi rendahnya tempat dari permukaan laut) erat hubungannya dengan iklim. Altitude juga mempengaruhi keadaan curah hujan, intensitas cahaya dan panjangnya penyinaran matahari. Tanaman melon dapat tumbuh dengan cukup baik pada ketinggian 300-1.000 meter di atas permukaan laut.

D. Syarat Topografi Tanah yang dibutuhkan Budidaya Melon

Keadaan topografi tanah berpengaruh cukup besar terhadap cara pembudidayaan tanaman melon. Daerah yang bertopogradi miring memerlukan penanganan teknis yang rumit dan biaya lebih tinggi dengan pemudidayaan di daerah yang bertopografi datar.

Keadaan lahan dengan derajat kemiringan lebih besar dari 30% tidak baik untuk budidaya tanaman. Tanaman melon pada dasarnya dapat dibudidayakan pada berbagai ragam keadaan topografi tanah, baik yang bergelombang maupun yang datar asalkan mendapat sinar matahari penuh pada areal pertanaman.

Itulah syarat tumbuh tanaman melon yang harus diperhatikan, selamat mencoba!

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *